Belajar Psikologi dan Ilmu Pengetahuan Lainnya Bisa Didapat di Channel YouTube Ini

www.pexels.com

Situs YouTube kini telah menjadi bagian dari hampir di seluruh belahan dunia. Sejak kehadirannya pada 2005 silam, dalam sehari tayangan yang diunggah telah ditayangkan sebanyak miliaran kali. Platform berbagi video ini memuat banyak konten menarik. Mulai dari daily vlog, tutorial, review produk, video musik, film pendek, bahkan edukasi. 

Banyaknya tayangan yang ada di YouTube membuat para kreator membuat akun dengan keunikan tersendiri. Apalagi di dunia edukasi, channel untuk belajar mandiri tersedia. Mulai dari belajar bahasa hingga psikologi pun ada. Psikologi sendiri merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia dengan prosedur ilmiah.

Untuk yang tertarik memahami bidang ini, kamu bisa belajar dengan menyaksikan beberapa channel di bawah ini. Insight-nya akan membantu bagi siapa saja yang ingin memahami diri sendiri.

1. Satu Persen

www.youtube.com

Akun YouTube ini membahas banyak hal. Mulai dari relationship, kesehatan mental, self-awareness, sekolah dan belajar, critical thinking dan logical reasoning, aliran filsafat, sampai dengan personal finance. Dalam channelnya, Satu Persen memberikan video untuk membangun self esteem atau kepercayaan diri dan memberitahukan banyak pengetahuan baru seputar psikologi. 

Sebagai salah satu startup dalam bidang pendidikan, akun ini juga aktif di akun Instagram dan Twitter untuk belajar psikologi dasar. Ada juga mentoring dan konsultasi dengan psikolog bagi yang membutuhkan.

2. KOK BISA?

www.youtube.com

Kok Bisa adalah Salah satu akun edukasi yang memberikan informasi baru terkait hal yang ada di sekitar. Terkesan remeh dan nggak penting, pertanyaan sederhana ini bisa dibahas dengan lebih ilmiah. Informasi yang diberikan biasanya yang sedang trending dengan situasi yang ada di Indonesia.

Mulai dari Rupiah melemah sampai membahas apa itu psikologi dengan animasi yang menarik sebagai medium penyampaian informasinya bisa disaksikan. Hadir sejak 2015, dan memiliki akun ini sudah memiliki 2 jutaan subscribers karena selalu memberikan insight tentang hal remeh dengan penjelasan ilmiah.

3. Crash Course

www.youtube.com

Channel yang punya 10 jutaan subscibers ini memang layak untuk dijadikan tontonan di Youtube. Kontennya yang beragam dari sejarah, biologi, sastra, ekologi, kimia, psikologi, sampai game juga ada. Meskipun hadir dalam Bahasa Inggris, kamu bisa menyimak cara penyampaian yang mudah dicerna.

4. AsapSCIENCE
www.youtube.com

Channel yang didirikan oleh dua pria asal Toronto ini membuat hal ilmiah jadi lebih menyenangkan. Video yang dibuat dengan stop motion membuat kamu lebih mudah mengerti walaupun channel-nya menggunakan Bahasa inggris.

Dengan tagline "Making science make sense", Mitchell Moffit dan Gregory Brown membentuk Asap SCIENCE agar orang-orang yang belajar pengetahuan alam tidak jenuh. Sudah ada sejak 2012, akun ini tumbuh dan berkembang. Sekarang, subscribers nya sudah mencapai 9.3 jutaan.

5. Vsauce
www.youtube.com

Akun yang membahas tentang manusia dan alam sekitar ini sudah ada sejak 2007. Nama akunnya sendiri diambil dari nama belakang kreatornya. Channel dengan lebih dari 15 juta subscibers ini menyajikan informasi mengenai hal yang berkaitan dengan bumi dan makhluk di dalamnya. Meskipun pembahasannya menggunakan Bahasa Inggris, kamu bisa menikmati kontennya dengan mengaktifkan subtitle. 

6. FightMediocrity

www.youtube.com

Untuk yang ingin membangun diri, bisa meluncur ke channel Fight Mediocrity. Meski hadir dalam Bahasa Inggis dan tidak ada subtitle, penyajian video dan ilustrasinya membantumu untuk memahami konsepnya. Fokus dari channel ini ada pada konten edukasi, self-improvement, dan self-help. Tidak hanya membahas psikologi, tetapi juga menambah pengetahuan dan skill sesuai dengan fight mediocrity. 

7. Psyc2Go

www.youtube.com

Belajar memahami teman dan pasangan melalui video dari Psych2Go juga bisa membantu. Selain penyampaiannya dengan animasi orang berbadan putih yang menarik, pembahasannya yang ringan juga bisa membuat kita memahami diri sendiri dan orang lain.

Channel yang hadir sejak 2014 ini memiliki lebih dari 3 juta subscribers. Seperti namanya, Psych2Go, akun ini memperkenalkan psikologi agar lebih mudah dimengerti dan dapat diterapkan kepada para penontonnya. Meskipun menggunakan Bahasa Inggris, tetap ada subtitelnya, kok. 

Belajar psikologi untuk memahami diri sendiri dan orang terdekat sekarang ini bisa didapat dengan mudah kontennya. Banyaknya buku psikologi populer sebagai pengantar sampai channel di atas bisa dijadikan referensi untuk menambah pengetahuan.

Tetapi, hal ini bukan berarti kamu bisa mengklaim sebagai ahli dan bahkan mendiagnosa diri sendiri memiliki masalah kesehatan mental. Psikologi bukan tebak-tebakan kepribadian seperti zodiak dan golongan darah. Kalau mau jadi psikolog, tetap harus belajar di jurusan psikologi secara bertahap. Kalau sok tahu dan mendiagnosa secara asal, yang ada malah berbahaya untuk ke depannya.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
5 Seleb Muslim Ini Hamil Di Luar Nikah, Ada yang Baru Melahirkan | Keepo.me

5 Seleb Muslim Ini Hamil Di Luar Nikah, Ada yang Baru Melahirkan | Keepo.me

Cara Mengontrol Rasa Cemburu Berlebihan dalam Menjalin Hubungan

Cara Mengontrol Rasa Cemburu Berlebihan dalam Menjalin Hubungan

Deretan Simbol di Area Publik Ini yang Wajib Banget Kamu Ketahui Selama Masa New Normal | Keepo.me

Deretan Simbol di Area Publik Ini yang Wajib Banget Kamu Ketahui Selama Masa New Normal | Keepo.me

Tontonan Serial Netflix Wajib untuk Penggemar Genre Romance

Tontonan Serial Netflix Wajib untuk Penggemar Genre Romance

10 Seleb Tanah Air Ini Nikmati Kesendirian Usai Ditinggal Nikah Mantan | Keepo.me

10 Seleb Tanah Air Ini Nikmati Kesendirian Usai Ditinggal Nikah Mantan | Keepo.me

Hal Esensial yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Kuliah di Jerman

Hal Esensial yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Kuliah di Jerman

loading