Beginilah Arti Tepat Waktu di Berbagai Negara, Mana Ya yang Paling Sering Telat?

10 Juni 2017
|Olphi Disya
Life
0SHARES

Jam karet atau sulitnya seseorang tepat waktu mungkin udah mendarah daging ya di budaya kita. Tapi ternyata kita nggak sendiri, guys. Ada beberapa negara juga yang lebih parah, tapi hebatnya ada juga yang tepat waktu banget! Nah, inilah arti tepat waktu di berbagai negara. Harus pintar-pintar mengatur waktu nih kalau ke sini.

1. Malaysia

Kalau di Malaysia, mengatakan bahwa ia akan hadir dalam 5 menit biasanya berarti 1 jam. Di sana keterlambatan dinilai hal yang wajar dan nggak perlu sampai meminta maaf.

2. Jepang

Di Jepang, kereta yang datang 1 menit lebih dari jadwal pun akan dianggap terlambat. Bahkan pihak kereta api mengajukan permohonan maaf melalui para masinis dan petugasnya.

3. Meksiko

Udah bukan hal yang aneh kalau di Meksiko orang-orang pada datang 30 menit di atas waktu janjian. Nggak heran kalau ini juga berlaku untuk meeting yang udah terjadwal.

5. Brasil

Sebenarnya kalau di Brasil nggak ada patokan tepat waktu itu kayak gimana. Tapi kalau udah pakai istilah “English time”, berarti harus hadir tepat waktu.

6. Arab Saudi

Tepat waktu bukanlah hal yang penting, sehingga nggak heran kalau biasanya orang-orang datang 30 menit di atas waktu perjanjian. Dan melihat jam tangan ketika acara berlangsung pun dianggap kurang sopan.

7. Ghana

Kayaknya Ghana menjadi negara paling fleksibel dalam urusan waktu. Meski udah ditentukan janjian jam berapa tapi mulainya nggak tentu dan terserah di jam berapa pun pada hari itu. Janjian jam 1 bisa datang jam 6!

8. Maroko

‘Moroccan time’ atau waktunya orang Maroko benar-benar nggak pasti. Keterlambatan bisa dari sejam hingga sehari dari waktu yang telah dijanjikan.

9. Kazakhstan

Di negara ini, tepat waktu itu bukanlah sebuah budaya sehingga emang biasanya pada nggak on-time. Bahkan untuk datang sebagai mempelai di pernikahan pun dianggap wajar kalau telat.

10. Rusia

Rusia membudayakan sabar tapi nggak membudayakan tepat waktu. Bagi para pendatang harus tepat waktu, tapi bagi penduduk asli nggak harus tepat waktu tuh.

Bagaimanapun, tepat waktu artinya kita menghargai orang lain yang telah kita janjikan. Mungkin telat sekali atau dua kali masih dimaklumi ya. Tapi kalau sering-sering? Mendingan jadi orang yang pintar memanajemen waktu biar segalanya nggak terburu-buru ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES