Begini Nih Trik Memasak Nasi Biar Nggak Cepat Basi, Mubazir Itu Nggak Baik!

www.fun-japan.jp

Dengan adanya penanak nasi (rice cooker), proses memasak nasi memang menjadi terasa sangat mudah. Berbeda dengan cara memasak tradisional yang masih menggunakan panci dan kompor, memasak dengan penanak nasi menghabiskan waktu yang relatif singkat. Selain itu, kematangan nasi pun jadi lebih merata dan tidak menyisakan kerak-kerak yang membandel selama kita menuangkan air dengan takaran yang sesuai.

Meski terkesan lebih praktis, namun memasak dengan rice cooker tidak menyelesaikan persoalan nasi yang cepat basi. Bahkan, nasi yang dimasak di rice cooker relatif lebih cepat basi dibanding jika kita memasaknya dengan cara tradisional, lho. Akibatnya, terkadang nasi yang sudah kita masak pun menjadi mubazir karena sudah tidak layak makan. Buat kamu-kamu yang ingin mencari solusi dari permasalahan tersebut, di bawah ini kamu bisa membaca beberapa trik untuk menjaga agar nasi buatan kamu tidak cepat basi. Langsung aja kepoin!

 

1. Cuci beras sampai bersih

panduanhidupsehat.com

Agar tidak cepat basi, cucilah beras terlebih dahulu sampai warnanya putih dan tampak bersih. Dengan begitu, nasi yang kamu buat di penanak nasi akan lebih tahan lama dari biasanya. Tapi ingat, jangan sampai airnya terlalu bening juga ya. Soalnya, kalau terlalu bersih, kandungan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh bisa banyak yang hilang.

2. Gunakan air secukupnya

jualberassolokasli.blogspot.com

Untuk memperoleh takaran yang pas, kamu tinggal menyentuh permukaan beras di dalam panci dengan ujung telunjuk kamu. Pastikan tinggi air yang sudah dituangkan berada di ketinggian yang sama dengan satu ruas buku-buku jari kamu. Air yang terlalu banyak atau terlalu sedikit bisa membuat nasi yang kamu buat menjadi cepat basi.

3. Masak nasi untuk sekali makan

www.epicurious.com

Agar lebih menghemat waktu, tidak sedikit orang memasak nasi untuk tiga kali makan alias untuk seharian penuh. Kebiasaan seperti ini justru bisa membuat kamu sering menghambur-hamburkan nasi yang kamu buat, lho. Kalau kamu ingin menghemat listrik, setidaknya di pagi hari kamu bisa memasak nasi untuk sarapan dan makan siang, dan memasak satu kali lagi untuk makan malam. Lagipula, belum tentu kamu akan selalu makan di rumah, kan?

4. Sesekali aduk nasi saat sedang dimasak
www.foodfaithfitness.com

Saat sedang dimasak, kamu bisa mengaduk nasi agar kematangannya merata. Selain itu, trik ini juga bisa membuat tekstur nasi menjadi lebih lembut sehingga terasa enak saat dimakan.

5. Hilangkan uap nasi saat sudah matang
www.cerpen.co.id

Saat penanak sudah memberi isyarat bahwa nasi sudah matang, bukalah penutupnya dan biarkan uapnya menguar ke udara, lalu aduk-aduklah sampai uapnya benar-benar hilang. Selain bisa membuat nasi menjadi tidak lembap dan awet, tekstur nasi yang kamu makan akan terasa lebih pulen. Jangan lupa untuk mengelap embun air yang menempel pada bagian bawah penutup juga.

6. Menggunakan jeruk lemon

www.rd.com

Setelah kamu menuangkan beras dan air ke dalam penanak, kamu bisa menambahkan beberapa tetes jeruk lemon untuk membuat nasi menjadi lebih awet. Nasi yang kamu masak pun akan menjadi lebih harum sehingga bisa menambah selera makan.

7. Pilihlah penanak nasi yang bagus

www.everydaymaven.com

Kalau kamu ingin nasi lebih awet, bisa jadi kamu juga harus rela mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan penanak nasi yang lebih berkualitas meskipun terkadang harga bisa berbohong. Jangan lupa untuk melihat-lihat ulasan produk yang bisa kamu akses dengan mudah di internet sebelum membeli.

Mungkin kalimat ini terkesan klise, tapi kita tidak bisa memungkiri bahwa ada banyak sekali orang yang kelaparan di luar sana, sedangkan kita sendiri malah sering menghambur-hamburkan nasi. Jadi, usahakan untuk jangan sampai membuang nasi karena basi ya. Pakai trik di atas agar nasi tetap awet dan masaklah sesuai kebutuhan.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Invasi Serangga di Rumah Emang Bikin Kzl, Begini Cara Alami Mengusirnya Tanpa Pestisida!

Invasi Serangga di Rumah Emang Bikin Kzl, Begini Cara Alami Mengusirnya Tanpa Pestisida!

Ingin Nyalon di Tanggal Tua? Bisa Kok, Begini Cara Menghemat Biayanya!

Ingin Nyalon di Tanggal Tua? Bisa Kok, Begini Cara Menghemat Biayanya!

Meski Sederhana dan Terdengar Sepele, Mengucapkan Selamat Pagi Pada Kekasih itu Penting!

Meski Sederhana dan Terdengar Sepele, Mengucapkan Selamat Pagi Pada Kekasih itu Penting!

Modif Case Handphone-mu Yuk dengan 10 Cara Ini. Lucu dan Nggak Pasaran!

Modif Case Handphone-mu Yuk dengan 10 Cara Ini. Lucu dan Nggak Pasaran!

Selain Untuk Bikin Rumah-Rumahan, 5 Barang Berfaedah Ini Bisa Dibuat dari Lego Lho!

Selain Untuk Bikin Rumah-Rumahan, 5 Barang Berfaedah Ini Bisa Dibuat dari Lego Lho!

Bukan Game, Hal Ini yang Bikin Cowok Deg-Degan dan Terjaga Semalam Suntuk!

Bukan Game, Hal Ini yang Bikin Cowok Deg-Degan dan Terjaga Semalam Suntuk!

loading