Begini Jadinya Kalau Kamu Cuma "Diam" Saat Bertengkar dengan Pasangan. Bisa Bahaya, lho!

19 Februari 2018
|Robertus Ari
0SHARES

Dalam menjalani hubungan, perselisihan tak bisa kamu hindari. Karena ini bak ‘bumbu manis’ untuk membuat kamu dan pasangan memiliki hubungan yang makin kuat. Jika pondasi hubungan makin kokoh, tentu untuk bisa langgeng dengan dia bukanlah hal mustahil. Namun faktanya, tak sedikit pasangan yang suka “diam” saat bertengkar.

Padahal kebiasaan ini bisa memperburuk keadaan dan mengancam hubungan itu sendiri. Untuk itu, inilah efek bahaya jika kamu cuma diam saat berselisih dengan pasangan. Jangan lakukan ini lagi!

1. Komunikasi kamu dengan pasangan menjadi rusak

Muncul masalah kecil dalam hubungan sebaiknya langsung kamu komunikasikan. Jangan suka mengulur waktu karena ini membuat masalah itu makin ‘berkarat’ dan hubungan menjadi rusak. Jadi kamu dan pasangan bisa mengambil sedikit waktu untuk berpikir dan membicarakan bersama. Terpenting, butuh ketenangan dan pikiran jernih saat membahas ini.

2. Kebencian akan lebih kuat daripada rasa sayang

Jika kamu terus-menerus diam saat ada masalah dengan hubunganmu, secara nggak langsung sama saja kamu mengatakan bahwa kamu tidak butuh komunikasi dengan dia. Jika sikap ini berlangsung lama, hanya akan membuat pasangan kamu kebingungan dan rasa benci pun akan tumbuh.

3. Kemesraan yang sudah dimiliki menjadi hilang

Kamu harus sadar dan tahu betul bahwa permasalahan tak bisa lepas dalam hubungan. Ini memang sudah menjadi bagiannya. Jadi, ketika ada masalah kamu jangan suka berdiam diri dan menolak membicarakan masalah itu dengan pasangan. Sebab, semakin lama ini bisa berefek kemesraan kamu dalam hubungan. Jika berlarut terlalu lama, rasa cinta pun bisa makin luntur.

4. Emosional akan lebih terasa daripada bersikap yang dewasa

Bersikap diam bisa memunculkan emosikan dan saling menyalahkan. Jadi kamu jangan menghukum pasangan kamu dengan mendiamkannya, itu adalah sikap yang buruk dan tidak dewasa. Jadi kamu harus bisa mengolah perasaan dengan komunikasi yang positif. Dengan begitu, keharmonisan hubungan kamu akan terjaga.

5. Aksi diam bisa berdampak terhadap psikologis

Ketika kamu terlarut terlalu lama dengan masalah dan hanya diam saja, ini semakin lama bisa merusak mental kamu. Biasanya kamu akan merasakan sedikit stres dan berat saat menjalani hubungan dengan pasangan. Padahal kamu masih ingin mempertahankan hubungan dengan dia. Jadi, kamu dan pasangan harus memperbaiki komunikasi dan jangan ada diam saat menyelesaikan masalah.

6. Dengan diam kamu tidak akan menemukan solusi atau jalan keluar

Diam tidak akan bisa mencari solusi di setiap masalah kamu. Jika kamu terus-terusan melakukan kebiasaan ini, hubunganmu bisa saja runtuh dan berpisah menjadi ancaman terberat. Jadi, kalau kamu nggak mau ini terjadi dan memiliki hubungan yang bahagia, jangan suka diam saat bertengkar. Tapi kamu perlu tenangkan diri untuk membahas jalan keluarnya bersama dia.

Nah, itulah tadi bahayanya jika kamu hanya diam saat bertengkar dengan pasangan. Ini benar-benar menjadi sikap yang buruk dan tidak dewasa. Jadi kalau kamu memang ingin hubungan yang langgeng dan harmonis, hilangkan kebiasaan ini!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
0SHARES