Bawa Koper Saat Mudik, Packing Barang Lebih Praktis dengan 6 Cara Ini

12 Juni 2018
|Chandra W.
330SHARES

Mudik lebaran semestinya menjadi momen yang menyenangkan. Tapi, nggak jadi senang kalau bawaannya banyak dan bikin repot. Apalagi jika mudik naik transportasi umum, entah bus, kereta maupun pesawat. Nggak semua orang punya kemampuan untuk mengemas barang bawaan dengan ringkas. Jika kamu salah satunya, coba deh ikuti tips berikut ini agar mudikmu tidak direpotkan dengan terlalu banyak tas padahal yang dibawa sebenarnya hanya sedikit. 

1. Buatlah daftar barang yang harus dibawa

Setelah selesai membuat daftar, sortir lagi. Pastikan kamu hanya membawa barang yang benar-benar perlu dibawa. Setelah itu, bagi ke dalam kategori-kategori tertentu. Tambahkan sepasang kaus kaki dan pakaian dalam untuk berjaga-jaga. 

2. Bawa baju dengan warna senada

Kalau bisa yang warna netral agar mudah dipadupadankan dan tak perlu membawa banyak-banyak. Gelang keroncong dan jam tangan lebih dari satu sepertinya tak penting-penting amat. Batasi saja seperlunya. 

3. Daripada dilipat, lebih baik digulung

Alih-alih packing pakaian dalam posisi dilipat, coba digulung sekecil-kecilnya. Lihat seberapa besar pengaruhnya untuk space di kopermu. Letakkan baju berbahan berat di bagian paling bawah setelah sepatu dan benda berat seperti hair dryer, misalnya. Lalu letakan baju berbahan ringan di bagian paling atas. Maksimalkan space di bagian bawah untuk gulungan kaus kaki dan pakaian dalam juga. 

4. Bawa satu pasang sandal dan sepatu

Satu saja cukup. Ngapain bawa banyak-banyak? Jangan lupa bungkus dengan tempat khusus atau plastik agar tidak bersentuhan langsung dengan baju. 

5. Peralatan mandi dijadikan satu

Gunakan zip lock untuk mencegah tumpahnya benda-benda cair di dalam koper/tas. Bawa peralatan mandi dalam ukuran kecil untuk menghemat tempat. Jika perjalananmu tak memakan waktu berhari-hari, kamu juga bisa memilih untuk membeli alat mandi di tempat tujuan saja. 

6. Pisahkan gawai dalam satu organizer

Jangan ditinggal di koper. Lebih baik pakai tas yang berbeda yang selalu bisa dibawa ke mana saja untuk menaruh dompet, gawai dan benda penting lainnya. 

Selamat berlebaran di kampung halaman. Nggak usah pusing lagi sama bawaan yang banyak, ya. Jaga seminimalis mungkin agar mudik lebih lancar!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
330SHARES