Baru Lulus Kuliah dan Mau Cari Kerja? 7 Hal Ini Penting Kamu Tau!

cdn1.listovative.com

Kata siapa setelah lulus kuliah hidup kamu akan lebih mudah? Gak juga tauuu! Hahaha. Lho, kok gitu? Ya iyalah, kamu udah harus mulai mikirin masa depan kamu. Soal pekerjaan terutama. Gak mau dong abis jadi sarjana yang udah ngabisin banyak uang orang tua kamu, akhir-akhirnya cuma jadi pengangguran? Cukup cintamu aja yang dianggurin, jangan pekerjaan kamu juga.. Hahaha. Sebelum kamu masuk ke dalam dunia kerja, ada baiknya kamu mulai belajar dan cari tau gimana sih kehidupan di sana. Manfaatnya sih biar gak kaget aja kalo nanti tiba-tiba udah masuk ke dunia kerja yang 360 derajat berbeda dari kehidupan di kampus. Tapi tenang, kamu bisa survive kok di dunia kerja nanti. Asalkan kamu bisa ngikutin hal-hal di bawah ini ya...

1. Cari tau terus tentang perusahaan yang kamu ingin tuju

s3.amazonaws.com

Kamu harus tau, perusahaan yang kamu ingin tuju itu perusahaan yang kayak apa dan cocok gak buat kamu? Kan kalo gak cocok jadi percuma. Kayak pacaran aja, maksain cocok tapi pada akhirnya putus juga karena emang dari awal itu udah gak cocok. Guys, maaf jadi bikin pada baper. Hehehe.. Oh iya, kalo misalkan kamu dipanggil interview juga, kamu harus tau riwayat perusahaan itu minimal. Jangan ditanya, jawabnya cuma plenga-plengo kayak neneng peak. Pokoknya harus tekun browsing riwayat perusahaan ya, sampe pake dua gadget juga ga pa-pa kok ga pa-pa..

2. Kamu bisa minta informasi atau ilmu dari para senior terdahulu

accentco.files.wordpress.com

Kamu juga bisa tanya-tanya senior atau alumni-alumni yang kamu kenal dan udah lebih dulu terjun di dunia kerja. Tanya enak dan gak enaknya masuk di dunia kerja. Bisa kamu tanya juga sekalian,"Kak, ada lowongan pekerjaan gak di kantor kakak...?" Hahaha sambil nyelem minum air. Tapi mungkin dari pertanyaan itu juga bisa tumbuh benih-benih asmara. Cie!

3. Harus disiplin dan berpenampilan baik, jangan ngerusak mata ya

www.cincinnatispraytan.com

Di dunia kantor itu beda sama di kuliah. Kamu bisa santai-santai di kuliah tapi gak di kantor. Soalnya, di kantor itu kamu akan kerja dan ngelibatin banyak orang. Jadi gak bisa seenaknya gitu. Kurang-kurangin deh jadi manusia ngaret apalagi pas dipanggil interview! Jangan jadi manusia jorok atau yang paling gak enakin itu jadi orang yang ngeselin! Berusaha juga berpenampilan baik yah, jangan jadi perusak pemandangan orang-orang! Hahaha. 

4. Manfaatin kesempatan yang ada, jangan malu-malu kucing

i.huffpost.com

Manfaatin dan keluarin segala kemampuan kamu waktu interview. Kalo misalnya udah interview dan besoknya dapet panggilan lagi, ya dateng aja. Nothing to lose gitulah. Mungkin interview pertama hasilnya gak memuaskan? Atau bisa juga kamu bandingin semuanya dan nanti pilih yang terbaik!

5. Pilih perusahaan yang punya jenjang karir yang bagus

cdn.business2community.com

Kamu bisa mulai milih mau perusahaan yang seperti apa. Pilih perusahaan yang punya potensi bikin karir dan kemampuan kamu berkembang dengan baik. Liat juga apakah gaji kamu sesuai dengan apa yang kamu kerjain di sana. Track record dari perusahaan itu baik apa gak? Jangan-jangan perusahaan fiktif lagi... Hahaha.

6. Pikirin resiko kerja yang bisa kamu dapet di perusahaan itu

66.media.tumblr.com

Kamu juga harus mulai mikir apa aja resiko yang mungkin kamu dapet kalo udah masuk dunia kerja di suatu perusahaan. Ada perusahaan yang gak ngebolehin karyawannya menikah, ada juga yang nahan ijazah, ditugasin ke sana ke mari... Hadeuh! Pasti banyak sih resiko-resiko yang kamu bakal dapet nanti. Harus mulai dipikirin dan harus siap, ya! 

7. Mulai semuanya dari nol, termasuk karir kamu nanti

i.vimeocdn.com

Buat kamu yang emang belom punya pengalaman kerja, jangan khawatir atau putus cinta. Eh, putus asa maksudnya. Ga pa-pa kalo emang misalnya belom punya pengalaman dan dapet perusahaan yang kayaknya bukan passion kamu. Kamu bisa jadiin hal itu sebagai pengalaman dan bantu loncatan untuk dapetin pekerjaan yang lebih baik nantinya. Lumayan, selain dapet pengalaman juga dapet duit jajan... pasti yang udah lulus udah gak dapet duit jajan dari orang tua, toh?  

Setiap mulai di fase baru dan keluar dari comfort zone kamu, kamu harus siap! Hidup ini akan terus maju ke depan. Ya iyalah, masa maju ke belakang... hahaha. Kalo kamu gak mulai dari sekarang ya kapan lagi? Dunia pekerjaan itu gak seserem kayak apa yang kamu pikirin kok. Asalkan dari awalnya kamu punya perencanaan yang matang. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Manfaat Kolang Kaling Ini Mampu Enyahkan Banyak Penyakit, Tubuh Jadi Makin Fit! | Keepo.me

Manfaat Kolang Kaling Ini Mampu Enyahkan Banyak Penyakit, Tubuh Jadi Makin Fit! | Keepo.me

Yuk Mengenang Sejarah Dari Ibu Djuhariah, Pencipta Gudeg Jogja Yu Djum!

Yuk Mengenang Sejarah Dari Ibu Djuhariah, Pencipta Gudeg Jogja Yu Djum!

Mudah dan Simpel, Cara Menggunakan Teamviewer | Keepo.me

Mudah dan Simpel, Cara Menggunakan Teamviewer | Keepo.me

7 Foto Anak-Anak yang Sedang Main Petak Umpet Ini Kelewat Kocak!

7 Foto Anak-Anak yang Sedang Main Petak Umpet Ini Kelewat Kocak!

Aplikasi Stok Barang untuk Melancarkan Urusan Bisnis Kecil, Menengah, dan Besar | Keepo.me

Aplikasi Stok Barang untuk Melancarkan Urusan Bisnis Kecil, Menengah, dan Besar | Keepo.me

Mengerikan! Inilah Foto-foto Mencekam Pasca Gempa Bumi di Selandia Baru

Mengerikan! Inilah Foto-foto Mencekam Pasca Gempa Bumi di Selandia Baru

loading