Baru Lulus dan Menganggur? Nggak Selamanya Itu Buruk Kok

05 Juni 2018
|Mega Fitriyani
17SHARES
Masa-masa begadang untuk mengerjakan tugas atau belajar saat ujian sudah terlewati. Kamu pun sudah mendapatkan buket bunga dan ucapan selamat karena telah melangsungkan wisuda. Doa yang tak sedikit teriring untuk dirimu, agar kelar ilmumu berguna bagi masyarakat. Namun, jangankan untuk berguna bagi masyarakat, ilmumu bahkan belum bisa digunakan untuk menghidupi dirimu sendiri. Kecewa, malu? Mungkin perasaan-perasaan itu berkecamuk di dalam benakmu.
Pernyataan, "Sudah dapat kerja di mana?" berkali-kali terdengar, dan seluruh harga dirimu rasanya rebah ke tanah setiap kali kata-kata itu dilontarkan padamu. Tapi, menganggur seusai lulus nggak semenyedihkan itu, kok. Ada banyak hal positif yang bisa kamu lakukan saat itu.

1. Setiap hal ada masanya, termasuk waktu istirahatmu

Sejak pendidikan pra sekolah, sekolah dasar, hingga pendidikan lanjutan saat ini, aktivitasmu mungkin dihabiskan untuk belajar di sekolah maupun perguruan tinggi. Tak banyak waktu jeda yang kamu miliki, bahkan untuk berkumpul dengan keluarga dan saudara-saudaramu. Ujian, tugas, aktivitas hang out bersama teman, kadang menyita waktumu terlalu banyak sampai ngobrol santai bersama dengan orangtua ditemani teh hangat tak pernah lagi kamu lakukan entah sejak kapan. Barangkali, ini kesempatan yang diberikan Tuhan untukmu lebih dekat dengan keluarga, seperti saat kamu masih kanak-kanak dan rumah adalah tempat paling nyaman di dunia bagimu. 

2. Saatnya melakukan evaluasi diri untuk menjadi sosok lebih baik

Kamu memiliki banyak waktu untuk kontemplasi, mengevaluasi diri, mengoreksi kesalahan-kesalahan yang mungkin pernah kamu lakukan. Meskipun kamu tidak bekerja saat ini, belum tentu itu karena kesalahanmu, kok. Kamu mungkin terlambat bekerja dibandingkan teman-teman seangkatan, namun mungkin akan menjadi yang paling mapan pada kemudian hari. Siapa yang tahu? Wajar saja. Kamu diberi banyak waktu untuk memperbaiki diri, sementara temanmu mungkin saat ini hanya sibuk memikirkan rutinitas kerja yang mungkin tidak semuanya berguna bagi perkembangan pribadinya.

3. Tuhan sedang kangen dengan kamu maka mendekatlah sedekat-dekatnya

Kamu percaya nggak, jika Tuhan itu adalah Dzat yang Maha Pencemburu? Boleh ditengok ke belakang, berapa kali kamu beribadah hingga terasa haru? Atau, kapan terakhir kamu merasa rindu, dan ingin mencurahkan perasaanmu pada Tuhan, Sang Pencipta Alam Semesta? Jangan-jangan, selama ini kamu terlalu mencintai dunia hingga kamu lupa pada Sang Pencipta.
Saat ini, barangkali adalah kesempatan bagimu untuk membangun ladang ibadah. Kamu mungkin tak punya harta banyak yang bisa kamu sedekahkan, namun, doamu di atas sajadah, dalam sepertiga malam terakhir, barangkali dapat membuat Tuhan merasa dekat dan makin sayang kepadamu.

4. Cintai dirimu, lakukan aktivitas yang kamu sukai

Kamu pasti memiliki hobi yang membuatmu merasa senang ketika melakukannya, namun mungkin kesibukan menghalangimu untuk melakukan kegiatan-kegiatan itu. Jika kamu suka menulis, mungkin ini saat yang tepat buat mengembangkan outline dan mulai menulis novel atau buku. Siapa yang tahu, bukumu mungkin akan laku di pasaran dan kamu bahkan sudah nggak perlu mencari kerja lagi ketika bukumu meledak di pasaran. Kamu yang suka menjahit, barangkali kamu bisa belajar untuk membuat pola dan membuat desain sendiri. Untung-untung, hasilnya bisa dijual. Apa pun aktivitasmu, intinya, jangan biarkan kamu bengong di rumah dan meratapi kondisi.

5. Saatnya ikut organisasi, magang, atau kursus

Meksipun kamu belum bekerja saat ini, saatnya kamu untuk mempersenjatai dirimu sendiri sebelum masuk dunia kerja. Magang, kursus, atau organisai masyarakat akan memberikan nilai plus bagimu di mata pewawancara. Jangan sia-siakan waktumu, lakukan aktivitas yang mendukung perkembangan dirimu.

6. Kamu punya waktu jalan-jalan ke mana pun yang kamu mau, asal budgetnya cukup, sih

Tidak bisa dipungkiri, traveling adalah sesuatu yang mewah karena kamu butuh waktu yang tidak sebentar, dan dana yang mungkin tak sedikit. Kamu saat ini punya banyak waktu untuk mengeksplor lingkungan sekitar, bahkan dunia. Bagaimana dengan uang? Saat ini, ada banyak promo yang bisa membantu kamu menghemat pengeluaran. Uang jajan juga bisa kamu peroleh dari hasil freelance atau menyediakan jasa titip yang sekarang lagi booming.

Terakhir, rasa syukur yang besar adalah obat dari kegalauanmu yang sampai saat ini belum mendapatkan pekerjaan. Tak perlu merendahkan diri dan merasa tak mampu, kamu orang yang hebat dan berprestasi, kok. Jika saat ini kamu belum bekerja, barangkali bukan kamu yang salah, waktunya saja yang kurang tepat. Perekonomian mungkin sedang sulit sehingga banyak perusahaan mengencangkan ikat pinggang untuk bertahan hidup.
Jangankan untuk menambah karyawan baru, memastikan kondisi keuangan tak gonjang ganjing saat krisis pun masih jadi PR. Teruslah berusaha dan berdoa, percaya saja, hal yang indah akan datang tepat pada waktunya, tidak lebih cepat, dan tidak lebih lambat.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mega Fitriyani
"Why worry?"
17SHARES