Bahaya Membiarkan Rambut yang Terurai Ketika Tidur

unsplash.com

Bukan hanya kulit wajah yang membutuhkan perawatan ekstra sebelum tidur. Sebenarnya, rambut juga membutuhkan perhatian yang sama agar tak mengalami kerusakan. Akan menyebalkan bukan ketika bangun dengan wajah sehat namun rambut kusam, kering, rontok parah, dan susah diatur.

Kalau malas melakukan banyak langkah demi merawat rambut, setidaknya jangan biarkan rambut teruarai berantakan ketika tidur. Tak banyak yang menydarai, hal itu ternyata berbahaya. Berikut adalah beberapa dampak negatif yang akan timbul ketika rambut tidak ditata saat tidur. 

1. Memicu munculnya jerawat

www.skinsecret.no

Sudah melakukan skincare routine yang panjang, ternyata paginya malah muncul jerawat. Bisa jadi itu terjadi karena membiarkan rambut berantakan saat tidur. Hal ini sangat mungkin terjadi terlebih lagi jika kamu memiliki kulit yang tergolong sensitif dan memang sedang berjerawat.

Usahakan untuk menjauhkan rambut agar tak menyentuh wajah sedikit pun, termasuk ketika tertidur. Produk yang dipakai pada rambut dapat mengenai kulit kemudian menempel dan menyumbat pori-pori. Membiarkan rambut ke mana-mana dan bebas menyentuh wajah juga dapat memicu iritasi kulit. 

2. Lebih kering

skinkraft.com

Rambut kering padahal tak menggunakan produk pewarna rambut atau semacamnya? Penyebabnya bisa saja karena selalu membiarkan rambut panjang terurai tak beraturan ketika tidur. Kebiasaan ini ternyata dapat menyebabkan rambut kehilangan kadar air sehingga lebih kering. Jenis sarung bantal yang dipakai juga dapat menjadi penyebabnya. Gesekan yang terjadi antara kain dan rambut sepanjang malam akan membuat kelembapannya semakin hilang. 

3. Menghambat pertumbuhan

unsplash.com

Meski tak begitu panjang, membiarkan rambut berantakan ketika tidur tetap bukan pilihan terbaik. Terlebih lagi jika kondisinya sudah kusam. Ini akan menyebabkan terhambatnya pertumbuhan rambut. Kalau mau segera mendapatkan rambut panjang, usahakan untuk melindunginya meski ketika tertidur. 

4. Mengakibatkan bercabang
www.bebeautiful.in

Rambut bercabang adalah salah satu masalah yang cukup dibenci kaum Hawa. Mahkota kepala jadi terlihat tidak sehat dan seperti kurang terawat. Jika tidak mengikat dan memakai pelindung rambut, besar kemungkinan rambut akan patah. Apalagi buat yang banyak gerak saat tidur. Tak berhenti di situ, seiring bejalannya waktu ujung rambut akan mulai bercabang dan rapuh. 

5. Menyebabkan kusut di pagi hari
unsplash.com

Ketika tidur, kamu tentu akan berganti posisi sepanjang malam. Ketika bergerak, rambut yang tak tertata rapi akan ikut berganti posisi jadi semakin tak beraturan. Selain menyebabkan rambut bergesekan langsung dengan sarung bantal, kamu pasti akan bangun dengan rambut yang berantakan. Parahnya, rambut akan jadi sangat kusut dan sulit disisir. Jika dipaksakan disisir, kemungkinan besar justru malah rontok. 

6. Mempengaruhi kualitas tidur

unsplash.com

Entah disadari atau tidak, ternyata rambut yang terurai berantakan ketika tidur dapat memengaruhi kualitas istirahat. Jika rambut sudah sangat panjang, bukan tidak mungkin kamu akan mengalami pusing atau sakit kepala ketika bangun. Selain itu, ketika rambut menyentuh wajah, kamu pasti merasa kurang nyaman sehingga tidur jadi terganggu. 

Itulah beberapa dampak negatif dari membiarkan rambut tidak tertata saat tidur. Lalu, apa yang harus dilakukan agar dampak tersebut dapat diminimalisir? Ada beberapa cara. Pertama, kamu dapat melindungi rambut dengan headscarf berbahan silk atau satin. Kedua jenis kain itu akan membuat rambut tetap rapi dan tidak akan kehilangan kelembaban maupun kadar air.

Kalau tidak mempunyai headscarf, cukup gunakan scrunchie untuk mengikat rambut. Jangan menggunakan karet. Bagi pemilik rambut super panjang dan tak ingin membiarkan wajah tersentuh rambut selama tidur, loose braids adalah solusinya. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Tampil Artistik, Ini 6 Film Modern Hitam Putih Terbaik | Keepo.me

Tampil Artistik, Ini 6 Film Modern Hitam Putih Terbaik | Keepo.me

Tips Dekorasi Kamar Elegan Meski Bermodal Kontainer Plastik

Tips Dekorasi Kamar Elegan Meski Bermodal Kontainer Plastik

Heboh Luna Maya Jadi Ketua RT di Kemang, Ternyata Begini Faktanya | Keepo.me

Heboh Luna Maya Jadi Ketua RT di Kemang, Ternyata Begini Faktanya | Keepo.me

Alasan yang Jadi Penyebab Kamu Tak Kunjung Mencapai Impian dalam Hidup

Alasan yang Jadi Penyebab Kamu Tak Kunjung Mencapai Impian dalam Hidup

Punya Kualitas Tinggi, Ini 5 Film Martin Scorsese Terbaik | Keepo.me

Punya Kualitas Tinggi, Ini 5 Film Martin Scorsese Terbaik | Keepo.me

Penting! Ini Hal yang Wajib Dipersiapkan oleh Wanita Sebelum Menikah

Penting! Ini Hal yang Wajib Dipersiapkan oleh Wanita Sebelum Menikah

loading