Bahan Murah Meriah yang Mampu Usir Bau Tak Sedap di Rumah

unsplash.com

Menyapu dan membersihkan rumah secara rutin nggak menjamin akan membuat hunian jadi lebih bersih dan punya aroma segar. Bau tak sedap masih mungkin muncul dari barang yang tak terduga. Entah dari funiture, interior rumah, barang elektronik, bahkan bisa saja dari tempat tidur.

Untuk menghilangkan itu semua, kamu nggak harus rajin menyemprotkan pewangi buatan. Kamu bisa menghilangkan bau tak sedap tersebut dengan bahan alami yang lebih aman tapi tetap efektif.

1. Kulit jeruk untuk menghilangkan bau tak sedap di dapur

www.woodmasterkitchens.com

Tempat yang mungkin cukup sering memunculkan bau tak sedap adalah dapur. Ada bau tertentu yang nggak enak setelah mengolah sesuatu. Misalnya saja bau amis. Untuk segera mengusir bau tersebut, ada cara yang sederhana tapi efektif. Kamu bisa bisa mengeringkan kulit jeruk.

Nggak usah dijemur, cukup diamkan semalaman setelah itu dibakar di dapur. Aromanya akan mengusir bau tak sedap yang menempel. Yang nggak kalah penting, aroma dari kulit jeruk yang dibakar ini bakal bertahan lama dan memberi efek baik untuk membuat mood jadi lebih baik dan mengurangi stres. 

2. Menggunakan baking soda

www.smithsonianmag.com

Kamu mungkin sudah pernah tahu kalau baking soda bisa dipakai buat menghilang bau tak sedap pada sepatu. Selain sepatu, baking soda juga bisa digunakan untuk mengatasi bau nggak enak di kulkas. Dengan meletakkan baking soda di sana, aroma yang bercampur dari berbagai makanan akan terserap dan bisa jadi lebih netral. Kamu cukup membuka box baking soda dan mendiamkannya di dalam kulkas. Ganti paling tidak setahun sekali.

3. Lemon untuk menghilangkan bau membandel di microwave

www.happystartsathome.com

Selain kulkas, microwave juga punya kecenderungan memunculkan aroma yang nggak enak. Nggak usah bingung, kamu bisa mempercayakan masalah ini kepada lemon. Siapkan perasan lemon sebanyak setengah mangkuk dan setengah potongan jeruk lemon. Masukkan ke dalam microwave dan hidupkan dalam temperatur tinggi selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu jangan langsung dibuka. Biarkan selama beberapa menit dan ambil lemon beserta airnya. Dijamin bau tak sedap langsung hilang. 

4. Mengatasi bau di saluran pembuangan pada tempat cuci piring dengan lemon
www.dream.co.id

Kesal dapur jadi bau dan bikin nggak nyaman karena ada bau yang muncul dari saluran pembuangan di tempat cuci piring? Mulai sekarang, coba rajin-rajin memberikan perasan lemon pada saluran tersebut agar aroma tak sedap segera hilang. 

5. Baking soda untuk mengusir bau tak sedap dari kasur
pinterest.com

Agar tempat tidur lebih nyaman dan terhindar dari bau yang nggak enak, kamu bisa menaburkan baking soda di bagian atasnya. Biarkan selama kurang lebih 30 menit supaya baking soda menyerap aroma yang nggak enak. Setelah itu, tinggal bersihkan dengan penyedot debu.

Kalau mau memberikan aroma yang lebih sedap, coba tambahkan essential oil pada baking soda sebelum menaburkannya. Ini akan membuat aroma kasur jadi lebih sedap dan membuat momen istirahat jadi lebih nyaman serta berkualitas. Cara yang sama bisa dilakukan untuk menghilangkan bau apek dan tak sedap dari sofa, lho.

Tak perlu menggunakan pengharum yang mahal, kamu justru bisa memanfaatkan bahan sederhana untuk mengusir bau tak sedap dari barang yang ada di dalam rumah. Kamu bisa rutin melakukannya tanpa harus menunggu sampai bau tak sedap sudah muncul. Mudah, 'kan?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Poin Esensial Soal Witch Hazel yang Terkandung di Banyak Produk Skincare

Poin Esensial Soal Witch Hazel yang Terkandung di Banyak Produk Skincare

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Selain Kemeja, Jenis Atasan Ini Cocok Dipadukan dengan Rok Pensil

Selain Kemeja, Jenis Atasan Ini Cocok Dipadukan dengan Rok Pensil

Gaya Santai Shalom Razade yang Bisa Disontek Saat Malas Dandan

Gaya Santai Shalom Razade yang Bisa Disontek Saat Malas Dandan

Tips Ciamik untuk Styling OOTD Hitam Putih Agar Tak Terkesan Terlalu Biasa

Tips Ciamik untuk Styling OOTD Hitam Putih Agar Tak Terkesan Terlalu Biasa

Pose Menenteng Tas untuk OOTD yang Tak Terkesan Awkward dan Kaku

Pose Menenteng Tas untuk OOTD yang Tak Terkesan Awkward dan Kaku

loading