Bahan Alami Pengganti Gula, Tetap Manis Tanpa Bikin Diabetes

pixabay.com

Bubble tea sekarang ini menjadi minuman yang kekinian dan semakin mudah ditemui di setiap sudut tempat. Berbahan dasar tepung tapioka dan banyaknya gula pada minuman juga menjadi riskan untuk kesehatan.

Jenis minuman manis seperti ini memang enak dan harganya cukup pas dikantong. Tapi asupan gula harian juga perlu diperhitungkan. Gula dapat menyediakan kalori yang nantinya akan dibakar tubuh sebagai energi.

Memakan dan meminum sesuatu tanpa rasa manis memang kurang sedap. Tetapi terlalu banyak meminum gula tidak baik untuk kesehatan. Mungkin ini saatnya beralih menggunakan pemanis alami selain gula tebu yang lebih sehat.

1. Madu

pixabay.com

Setiap hari tubuh menyerap kandungan gula. Apalagi bagi para pekerja yang setiap pulang kantor memilih membeli kopi dan boba. Lewat makanan dan minuman yang dikonsumsi, peningkatan kadar gula dalam tubuh bisa jadi over control dan menyebabkan diabetes.

Madu bisa menjadi alternatif pemanis untuk ditambahkan pada makanan dan minuman. Madu asli didapat dari lebah yang mengambil sari pada bunga. Madu mengandung 132 mg zat potasium yang berfungsi membantu mengurangi sakit tenggorokan. 

2. Stevia

pixabay.com

Punya nama ilmiah Stevia Rebaudiana, daun ini bisa jadi alternatif pemanis alami. Meskipun bukan tanaman asli Indonesia, biasanya stevia sudah mulai dijual dalam bentuk olahan di supermarket.

Daun stevia yang sudah dikeringkan dan diambil ekstraknya ini memiliki kalori 0%. Bahan ini mengandung senyawa stevioside yang dapat menurunkan kadar gula darah.

3. Xylitol

www.flickr.com

Sering dengar Xylitol di pasta gigi? Xylitol kini sudah banyak digunakan sebagai penggangti gula tebu. Gula alkohol yang didapat dari ekstraksi jagung, Xylitol  ini mengandung 2,4 kalori per gram. Xylitol sendiri tidak meningkatkan kadar gula darah jadi cocok untuk penderita diabetes.

4. Gula kelapa
pixabay.com

Gula kepala sendiri saat ini sudah banyak dijadikan penambah rasa pengganti gula tebu. Selain warnanya yang kecoklatan bisa dijadikan pengganti warna makanan, rasanya yang tidak terlalu manis cocok untuk yang sedang diet. Kaya akan zat besi, kalsium, antioksidan dan lain sebagainya pula.

Tapi, kadar kalori pada gula kelapa hampir sama dengan gula biasa. Maka dari itu biasanya pengidap diabetes tetap harus mengurangi kadar gula dalam tubuh.

5. Sirup maple
pixabay.com

Bukan dari Indonesia, sirup ini cukup asing didengar. Sirup maple merupakan cairan kental seperti madu yang terbuat dari getah pohon maple yang telah dimasak sebelumnya.

Sirup ini mengandung antioksidan, mineral, kalsium, dan kalium. Meskipun sulit didapat, sirup maple ini bisa dipesan secara online dan menjadi pilihan selain gula tebu. 

6. Sirup yakon

commons.wikimedia.org

Sirup ini belum banyak dijual di Indonesia. Yacon sendiri adalah sejenis umbi-umbian dari pegunungan Andes, Amerika Serikat.

Sirup hasil ekstrasi tanaman ini bisa digunakan sebagai pengganti gula karena hanya memiliki 1,3 kalori per gramnya. Bagi penderita diabetes, kini mulai ada kapsul dari tanaman ini untuk dijadikan obat herbal.

7. Sirup agave

pixabay.com

Biasa dikenal sebagai nektar agave, pemanis ini adalah ekstrak dari tanaman agave. Lebih manis dari madu, sirup ini juga lebih cair dan memiliki kandungan indeks glikemik rendah. Sehingga, sirup agave aman dikonsumsi saat diet. 

Meski namanya adalah sirup, beberapa pemanis di atas tidak hanya dipakai untuk dituangkan ke kue. Bahan tersebut bisa dijadikan tambahan bahan dalam makanan dan minuman harian. Sebagai pengganti gula tebu, ketujuh opsi di atas bisa kamu coba. Beberapa di antaranya memang masih asing didengar.

Kebanyakan, pemanis yang disebutkan tadi memiliki kalori yang lebih rendah daripada gula tebu. Bahkan, sirup yakon saja kini mulai tersedia dalam bentuk kristal seperti halnya gula batu. Kalau punya uang lebih, kamu bisa mengganti gula dalam teh dengan sirup maple.

Mengganti pemanis dari tebu bisa jadi adalah pilihan yang sehat. Meskipun berasal dari tanaman dan alami, mengonsumsi pemanis tetap tidak boleh berlebihan. Ancaman obesitas dan diabetes akan selalu ada. Mengontrol apa yang masuk ke dalam tubuh dan mengurangi gaya hidup serba instan sangat berpengaruh bagi kesehatan.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Tak Boleh Asal, Ikuti Cara Kalibrasi Baterai Laptop Ini Agar Tak Salah Langkah | Keepo.me

Tak Boleh Asal, Ikuti Cara Kalibrasi Baterai Laptop Ini Agar Tak Salah Langkah | Keepo.me

Trik Membuat Spot Olahraga di Rumah Jadi Nyaman

Trik Membuat Spot Olahraga di Rumah Jadi Nyaman

11 Pilihan Makanan Kaleng Murah yang Tetap Kaya Akan Nutrisi | Keepo.me

11 Pilihan Makanan Kaleng Murah yang Tetap Kaya Akan Nutrisi | Keepo.me

Spot Terbaik untuk Memutuskan Hubungan dengan Pacar

Spot Terbaik untuk Memutuskan Hubungan dengan Pacar

Cara Isi ShopeePay yang Mudah, Biar Dapat Banyak Cashback! | Keepo.me

Cara Isi ShopeePay yang Mudah, Biar Dapat Banyak Cashback! | Keepo.me

Trik Kerja Cerdas Agar Pulang Tepat Waktu Setiap Hari

Trik Kerja Cerdas Agar Pulang Tepat Waktu Setiap Hari

loading