Awas! Skimming ATM Lagi Marak, Lakukan 7 Hal Ini Agar Tabungan Nggak Dibobol

www.aol.com

Belum lama ini polisi berhasil menangkap pelaku skimming ATM di Jakarta Pusat. Pelaku adalah warga Bulgaria bernama, Baltov Kaloyan Vasilev. Saat melakukan kejatannya, ia bekerja sama dengan satpam ATM Center dan berhasil menggondol uang jutaan rupiah. Lalu, seperti apa sih skimming?

Singkatnya, skimming adalah cara menggandakan informasi yang terdapat dalam pita magnetik ATM secara ilegal. Biasanya pelaku akan memasang WiFi pocket router dengan kamera yang bentuknya mirip seperti penutup PIN ATM. Sehingga alat ini nantinya bisa mencuri PIN nasabah. Kemudian, pelaku akan menduplikasikan data tersebut ke pita magnetik lalu dikloning ke kartu ATM kosong yang sudah disiapkan sebelumnya.

Nah, biar kamu nggak jadi korban penipuan ini, berikut ada beberapa hal yang perlu kamu tahu saat pergi ke ATM.

1. Perhatikan lokasi ATM, sebisa mungkin cari tempat yang ramai

asiaselaras.wordpress.com

Akan lebih baik jika kamu mengambil uang di lokasi ATM yang ramai. Sebab, lokasi sepi akan memudahkan pelaku secara leluasa melakukan kejahatan skimming. Jadi kalau kamu mau mengambil uang, pilihlah lokasi ATM seperti di cabang bank langsung, mall, SPBU, supermarket, dan sejenisnya.  

2. Sebelum mengambil uang, cek dulu mesin ATM yang kamu pakai

www.cermati.com

Nggak perlu buru-buru kalau mau transaksi di ATM. Meski lokasi ramai, tidak bisa menjamin sepenuhnya bahwa ATM bakal aman. Kamu tetap perlu memperhatikan mesin ATM secara jeli. Apakah ada keanehan di situ atau tidak. Kalau ada yang janggal, laporkan petugas dan cari mesin ATM lain.

3. Lebih baik lagi kalau kamu selalu mengubah PIN ATM secara berkala

www.cermati.com

Pasti beberapa dari kamu sering mengabaikan hal ini? Padahal ini demi keamanan ATM kamu juga. Jadi lebih baik kamu secara berkala mengganti PIN agar mengurangi resiko penipuan. Lakukan penggantian selama tiga bulan sekali. Gunakan PIN unik dan hindari tanggal lahir atau angka berurutan.

4. Jangan lupa tutupi saat kamu menekan tombol memasukkan PIN

www.citibank.co.th

Wajib! Saat kamu memasukkan PIN ATM, kamu harus tutupi biar nggak bocor - apalagi kalau di belakang ada orang antre, mereka bisa saja ‘membaca’ pergerakan jari kamu. Lalu saat kamu memasukkan kartu, goyangkan kartu ke atas-bawah atau ke kiri-kanan. Hal ini akan membuat alat skimmer sulit membaca pita magnetik di kartu ATM kamu.

5. Manfaatkan layanan mobile banking
www.pymnts.com

Saat ini semua bank memiliki layanan mobile baking. Kemajuan teknologi memang sangat membantu. Itulah mengapa tak ada salahnya kamu memanfaatkan ini agar ATM kamu terhindari dari resiko penipuan. Bahkan, melalui layanan ini kamu bisa melakukan transaksi, mengecek saldo, melihat history transaksi, dan lainnya.

6. Mulailah berpikir untuk beralih ke E-Money
www.cermati.com

E-Money saat ini mulai populer karena bisa mempermudah transaksi. Kamu juga bisa menggunakan ini agar terhindar resiko terkena skimming yang dipasang di mesin ATM. E-Money ini berupa kartu yang bisa kamu isi dengan uang. Sehingga jika kamu ingin belanja, membayar tol, dan transaksi lainnya bisa menggunakan layanan ini.

7. Waspadai jika ada telepon yang mengatasnamakan pihak bank

www.shutterstock.com

Yang namanya maling kadang memang lebih pinter dari kita, akalnya banyak! Selain melakukan skimming, mereka tak jarang suka suka menelpon dengan mengatasnamakan pihak bank. Kemudian dia akan meminta kamu untuk menyebutkan user id. Padahal, tidak ada pihak bank mana pun yang bakal meminta user id, password, PIN, dengan alasan apa pun. Sebab ini adalah kerahasiaan nasabah. Jadi waspadalah!

Itulah tadi cara agar kamu terhindar dari penipuan skimming. Sebagai nasabah, kamu harus selalu waspada di mana pun dan kapan pun kamu berada. Jika kamu sudah mulai curiga dengan seseorang di ATM, jangan ragu untuk segera melaporkannya ke pihak berwenang.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Curiga Pacar Kamu Selingkuh? Sadap Saja HP-nya!

Curiga Pacar Kamu Selingkuh? Sadap Saja HP-nya!

Punya Teman Facebook yang Suka Spam? Ini 5 Langkah Mudah untuk Kamu Tendang

Punya Teman Facebook yang Suka Spam? Ini 5 Langkah Mudah untuk Kamu Tendang

Waspada! Begini Cara Begadang Merusak Tubuhmu, Pastikan Kamu Tidur Cukup

Waspada! Begini Cara Begadang Merusak Tubuhmu, Pastikan Kamu Tidur Cukup

Yakin Punya IQ Tinggi? Coba Pecahkan Teka-teki 10 Ilusi Optik Ini!

Yakin Punya IQ Tinggi? Coba Pecahkan Teka-teki 10 Ilusi Optik Ini!

Belajar Dari Prilly Latuconsina: Memilih Pasangan Harus Selektif, Jangan Asal Terima

Belajar Dari Prilly Latuconsina: Memilih Pasangan Harus Selektif, Jangan Asal Terima

Menarik, Ternyata Menurut Survei Kebanyakan Orang Bertemu Jodohnya di Usia Ini

Menarik, Ternyata Menurut Survei Kebanyakan Orang Bertemu Jodohnya di Usia Ini

loading