Awas, 7 Kebiasaan yang Dianggap Menyehatkan Ini Ternyata Justru Bisa Membahayakan Tubuh!

lar-japan.com

Meskipun tidak semua orang mempraktekkan gaya hidup sehat, tapi nyaris sudah tidak dapat dipungkiri bahwa semua orang ingin memiliki tubuh dan pikiran yang sehat. Gaya hidup sehat merupakan suatu 'goal' atau tujuan yang ingin diraih bagi banyak orang. Maka dari itu, kita kini dapat dengan mudah menemukan berbagai informasi mengenai kesehatan di manapun.

Sama halnya dengan budaya, gaya hidup pun terbentuk dari pembelajaran. Proses pembelajaran gaya hidup sehat yang terus dipraktikkan secara konsisten, akan menjadi kebiasaan sehari-hari. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa tidak semua gaya hidup yang dianggap menyehatkan itu sebenarnya berdampak positif bagi tubuh. Nah, biar nggak salah kaprah dan malah jadi berbahaya, berikut kebiasaan sehari-hari yang dianggap menyehatkan tapi ternyata justru bisa membawa penyakit bagi tubuh kita. Simak terus ya!

1. Menggunakan hand sanitizer

www.liveyourlifemore.com

Bagi para penggila kebersihan, hand sanitizer adalah produk yang sangat penting untuk dibawa kemanapun. Selain diusung-usung mampu membersihkan tangan dengan efektif, penggunaan hand sanitizer pun akan lebih menghemat waktu jika dibandingkan dengan mencuci tangan dengan air biasa. Meskipun begitu, ada baiknya jika kamu meninggalkan kebiasaan ini karena kandungan hand sanitizer dapat membuat kulit tangan kita menjadi kering dan rentan terkena iritasi.

Selain itu, penggunaan hand sanitizer ternyata mampu membuat para bakteri terus mengembangkan resistensi mereka sehingga nantinya mereka malah akan lebih sulit untuk dienyahkan. Karena itu, selama masih ada air dan sabun, akan lebih baik jika kamu mengurangi penggunaan hand sanitizer.

2. Mengonsumsi antibiotik

www.healthline.com

Sama seperti hand sanitizer, kebiasaan meminum antibiotik saat merasa tubuh kurang sehat pun ternyata tidak baik. Saat kita baru mengonsumsinya, mungkin virus dalam tubuh kita memang akan enyah. Akan tetapi, jika setiap kita merasa sakit kita langsung meminum antibiotik, lama kelamaan virus pada tubuh kita akan kebal sehingga nantinya dosis yang diperlukan oleh tubuh kita justru semakin tinggi. Oleh karena itu, gunakanlah antibiotik jika memang benar-benar merasa perlu atau sudah diberikan anjuran oleh dokter.

3. Meminum air kemasan

beautyhacked.com

Mungkin hampir semua orang pernah meminum air dari kemasan botol yang dapat dengan mudah kita temui di warung-warung. Produk air botolan yang dikeluarkan oleh pabrik sudah mengalami penyaringan selama berkali-kali untuk menjamin kebersihan air yang akan dijual kepada masyarakat. Akan tetapi, ternyata proses penyaringan itu pun berpotensi untuk membunuh kandungan mineral yang dibutuhkan agar tubuh kita tidak terkena dehidrasi. Meskipun tidak akan menyebabkan penyakit, tapi air yang paling bagus ternyata adalah air yang masih didulang dengan cara tradisional.

4. Merasa sakit sedikit langsung pergi ke dokter
footage.framepool.com

Ada orang-orang yang memutuskan untuk pergi ke dokter setelah merasakan penyakitnya tidak menunjukkan perbaikan dan ternyata sudah terlalu terlambat. Akan tetapi, ada juga orang-orang yang sangat mengandalkan dokter dalam situasi kesehatan mereka. Meski sebenarnya Namun perlu diingat juga bahwa rumah sakit atau tempat praktek dokter merupakan tempat berhimpunnya virus-virus penyakit dari pasien-pasien yang sudah tidak terhitung lagi jumlahnya.

Orang yang sedang terkena penyakit memiliki antibodi yang lemah. Di saat-saat rentan seperti itu, virus-virus penyakit dapat lebih mudah menjangkiti tubuh kita. Ujung-ujungnya, bisa saja penyakit kamu itu malah menjadi lebih parah karena kamu tertular oleh virus dari tempat kamu berobat.

5. Mengonsumsi ikan
www.123rf.com

Bukan sudah menjadi rahasia lagi bahwa ikan mengandung protein yang sangat baik untuk tubuh. Bahkan, kamu mungkin pernah mendengar ada orang tua yang mengatakan bahwa orang-orang Jepang menjadi pintar karena mereka gemar memakan ikan. Ikan memang memiliki khasiat yang sangat baik untuk metabolisme tubuh dan perkembangan otak, tapi kandungan merkuri di dalam beberapa jenis ikan ternyata dapat menjadi racun yang berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itu, kita juga perlu membatasi konsumsi ikan kita.

6. Mengonsumsi margarin

www.myrecipes.com

Margarin digunakan orang-orang sebagai pengganti mentega yang kandungan lemaknya lebih banyak. Lantas muncul anggapan bahwa margarin jauh lebih baik daripada mentega. Namun, ternyata konsumsi margarin yang terlalu banyak dapat meningkatkan kolesterol pada tubuh dengan pesat dan menyebabkan penyakit jantung. Mentega memang memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi, tapi margarin memiliki dua kandungan lemak sekaligus, yaitu lemak jenuh dan lemak trans.

7. Berenang

www.fitnessmagazine.com

Kebiasaan ini tentunya memang menyehatkan bagi tubuh kita, khususnya untuk kesehatan paru-paru dan jantung. Akan tetapi, menjadikan renang sebagai olahraga rutin ternyata kurang baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain bisa menstimulasi ketegangan yang berlebih pada jantung, suhu tubuh pun tidak akan terkondisi dengan efisien. Atlet-atlet renang saja biasanya membatasi porsi latihan mereka di kolam dan lebih banyak menempa tubuh mereka lewat olahraga lain seperti jogging, fitness, dan sebagainya.

Itulah kebiasaan-kebiasaan yang sekilas tampak menyehatkan, tapi ternyata mampu mengganggu kesehatan tubuh. Intinya, segala sesuatu yang berlebihan itu nggak baik, meskipun untuk kesehatan sekalipun. Hiduplah dengan seimbang dan dalam moderasi ya, Girls!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Tiga Hoaks Dalam Sehari, Indonesia Krisis Akal Sehat - Keepodotme

Tiga Hoaks Dalam Sehari, Indonesia Krisis Akal Sehat - Keepodotme

Pacaran Lama Nggak Juga Dilamar, 8 Cara Ini Bikin Kamu Diajak Naik Pelaminan

Pacaran Lama Nggak Juga Dilamar, 8 Cara Ini Bikin Kamu Diajak Naik Pelaminan

Ciri-Ciri Hubungan LDR Akan Segera Berakhir! - Keepodotme

Ciri-Ciri Hubungan LDR Akan Segera Berakhir! - Keepodotme

Oh No! Ini 8 Sikap yang Bisa Bikin Gebetan Kamu Kabur. Nanti Nyesel, lho

Oh No! Ini 8 Sikap yang Bisa Bikin Gebetan Kamu Kabur. Nanti Nyesel, lho

Masalah Kesehatan Yang Sering Dialami Perempuan Saat Malam Pertama - Keepodotme

Masalah Kesehatan Yang Sering Dialami Perempuan Saat Malam Pertama - Keepodotme

Meski Bisa ke KUA Gratis, Kenapa Acara Pernikahan di Indonesia Justru Terkesan Mahal?

Meski Bisa ke KUA Gratis, Kenapa Acara Pernikahan di Indonesia Justru Terkesan Mahal?

loading