Apa yang Kamu Perbuat Hari Ini, Kelak Akan Kembali Padamu

24 Mei 2017
|Monica Petra
Life
0SHARES

Salah satu agama memercayai adanya karma, yaitu suatu tindakan entah baik atau buruk yang kelak akan kembali kamu terima. Jadi, kalau hari ini kamu berbuat baik, kelak kamu akan mendapat balasannya. Begitu kira-kira. Tidak hanya karma, agama yang lain lagi ada yang memegang keyakinan 'hukum tabur tuai'. Jadi, hidup manusia itu ibarat orang menanam. Hari ini menabur, perbuatan baik atau jahat, lalu kelak akan menuai, buah dari perbuatan itu.

Bagaimana dengan hidupmu? Apakah kamu percaya dengan prinsip-prinsip di atas? Atau kamu sekedar menjalani hidup asal ngalir saja? Berbuat sesuka hati asal senang?

Ketika keadaan sekitar kamu baik-baik saja, pasti mudah dong buat kamu berbuat baik. Tapi bagaimana jika seandainya keadaan tidak seperti yang kamu harapkan? Ketika pekerjaan menumpuk, ketika kamu berhadapan dengan orang yang berbeda karakter dengan kamu? Pasti kamu langsung bereaksi. Tetapi yang perlu diingat, reaksi atau respon kamu itulah yang paling penting. Apakah kamu mau bereaksi cepat marah? Cepat menghakimi? Tanpa berpikir bahwa dirimu sendiri juga melakukan kesalahan? Yang bahkan mungkin lebih parah dari orang lain?

Memang tidak mudah untuk dijalani ketika kita harus berbuat baik kepada siapa saja. Kita memiliki kecenderungan untuk menyukai atau tidak menyukai seseorang. Namun, belajar berbuat baik dan mengasihi seseorang yang bahkan tidak kamu sukai akan menjadikanmu orang yang sangat mulia, dibanding jika kamu hanya mau berbicara atau berteman dengan orang yang menyenangkan hatimu saja. Belajarlah menjadi dewasa.

Kebiasaan untuk berespon sama dengan keadaan, yaitu baik kalau orang lain baik. Bersikap membenci karena ada orang yang tidak disukai, kelak akan memerangkap hidupmu. Dirimu bukan orang yang merdeka. Kamu menjadi orang berpikiran sempit yang memiliki pergaulan terbatas. Buka mata lebar-lebar, kadang orang yang paling kamu anggap aneh memiliki banyak hal yang bisa dibagikan lebih daripada dirimu. Karena dia terbiasa menjadi 'aneh' di mata orang biasa. Lihat Einstein, lihat Mark pendiri Facebook, Stephen Hawking, dan masih banyak lagi. Kalau kamu terbiasa nyinyir dan memperolok orang lain, mungkin kamu bisa langsung strok jika bertemu orang-orang hebat seperti mereka.

Perbuatlah apa yang baik, kurangi pikiran negatif. Mungkin tidak serta-merta balasannya kamu terima sekarang. Tetapi kelak hal-hal itu akan menyadarkanmu. Kalau kamu sudah berbuat yang jahat, kelak ada suatu masa kamu harus melalui badai hidup yang tidak pernah kamu bayangkan. Mungkin bukan kamu, tapi anak-anakmu. Kalau kamu berbuat baik, tidak pamrih, mengasihi orang lain tulus, kelak kamu akan menerima kebaikan juga. Meski tidak serta merta kamu menerimanya. Tuhan tidak tidur.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Monica Petra
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES