Apa Sih LGBTIQ? Inilah 7 Pengertian Istilah Tentang Identitas dan Orientasi Seksual

26 Juni 2017
|Olphi Disya
Life
0SHARES

Pernah dong mendengar istilah LGBTIQ yang merupakan singkatan dari Lesbian, Gay, Bisexual, Transgender/transsexual, Intersexual, Queer? Yap! Akhir-akhir ini memang ramai di media bahwa ada sebutan untuk orang-orang yang memiliki orientasi seksual yang mungkin berbeda pada umumnya. Bukan tentang apakah orang dengan LGBTIQ adalah orang yang ‘salah’ atau ‘kelainan’, namun pada artikel kali ini kamu bisa belajar tentang perbedaan masing-masing individu berdasarkan identitas dan orientasi seksualnya. Yuk, cari tahu!

1. Heteroseksual

Ketertarikan terhadap lawan jenis merupakan hal yang sangat umum dan dianggap sebagai hal yang paling normal di banyak budaya. Heteroseksual merujuk pada seseorang yang memiliki ketertarikan seksual dengan lawan jenis. Kalau kamu laki-laki dan tertarik dengan perempuan atau sebaliknya, maka kamu dikategorikan sebagai orang yang memiliki orientasi seksual berupa heteroseksual.

2. Homoseksual

Gay dan lesbian merupakan orientasi seksual yang termasuk ke dalam homoseksual. Seorang laki-laki yang memiliki ketertarikan secara seksual dengan sesama laki-laki disebut dengan gay, sedangkan lesbian merupakan perempuan yang memiliki ketertarikan secara seksual dengan sesama perempuan. Seseorang yang mengaku dirinya adalah homoseksual nggak selalu berhubungan dengan identitas seksualnya.

Misalnya, ia tertarik dengan sesama laki-laki, namun belum tentu ia merasa identitas seksualnya adalah perempuan atau laki-laki feminin. Karena bisa aja laki-laki yang merasa identitasnya maskulin pun tertarik dengan sesama laki-laki beridentitas maskulin. Hampir sama dengan penjelasan gay, seorang lesbian nggak melulu berpenampilan tomboi atau maskulin.

3. Interseksual

Nah, kalau istilah ini merupakan kondisi biologis seseorang yang menjadikannya nggak bisa diidentifikasi apakah tergolong laki-laki atau perempuan. Hal ini disebabkan oleh kromosom, gonad, dan bentuk alat kelamin yang nggak bisa dikategorikan laki-laki atau perempuan. Ciri-ciri fisik juga agak berbeda dengan orang lain yang nggak mengalami interseksual. Kondisi ini merupakan bawaan lahir, misalnya sepeti alat kelamin ganda atau bentuk alat kelamin yang nggak menyerupai dua-duanya. Namun, nggak semua menyadari kondisi ini sejak lahir. Bahkan, ada lho yang baru sadar ketika pubertas.

4. Biseksual

Biseksual adalah seseorang yang memiliki ketertarikan terhadap lawan jenis dan sesama jenis kelamin. Artinya, seorang yang biseksual bisa laki-laki atau perempuan dan memiliki ketertarikan seksual terhadap laki-laki maupun perempuan juga. Seseorang yang biseksual bisa mengalami ketertarikan terhadap lawan jenis maupun sesama jenis dalam periode waktu yang berbeda, namun ada pula yang memiliki ketertarikan dalam waktu bersamaan.

5. Aseksual

Aseksual merupakan kebalikan dari biseksual. Seseorang yang nggak memiliki ketertarikan untuk melakukan hubungan seksual terhadap lawan jenis maupun sesama jenis disebut dengan aseksual. Bukan berarti orang yang aseksual nggak mau berteman dengan siapa pun atau nggak bisa merasakan kasih sayang. Tapi orang yang aseksual memilih untuk nggak tertarik atau memang ada faktor biologis yang menghambat ketertarikan.

6. Transeksual

Pergantian identitas gender hingga perubahan bentuk alat kelamin dapat dikategorikan traseksual atau transgender. Misalnya, seseorang yang terlahir sebagai laki-laki merasa nggak nyaman dengan identitas gendernya dan cenderung merasakan dirinya sebagai perempuan. Ketika seseorang tersebut memutuskan untuk berganti kelamin, maka hal itu dapat disebut dengan transgender. Seseorang yang nggak melakukan transgender dan hidup dengan satu gender dominan disebut dengan cisgender.

7. Queer

Kalau ada orang yang cisgender, alias mengerti apakah ia termasuk laki-laki atau perempuan, lalu gimana dengan orang yang nggak merasa dirinya laki-laki maupun perempuan? Kondisi inilah yang disebut dengan queer, yaitu orang yang mengaku dirinya bukan laki-laki maupun perempuan. Sebenarnya kondisi ini masih diperdebatkan dan banyak pihak yang menyangkal. Tapi, queer berbeda ya dengan interseksual. Kalau interseksual merasa bingung dengan kondisi biologisnya, queer lebih ke arah keraguan tentang gendernya dan nggak berhubungan dengan jenis alat kelamin yang dimilikinya sehingga terkadang queer merasa sangat berbeda dengan orang lain yang berada di sekitarnya.

Nah, itulah ketujuh istilah beserta pengertiannya. Dari sini kamu bisa belajar bahwa manusia ada berbagai macam dan berbeda satu sama lain, termasuk perbedaan dalam orientasi seksual. Kita pun sebaiknya memperlakukan orang-orang yang mungkin berbeda dengan kita dengan tetap menghormati dan nggak mendiskriminasi. Every people is unique and so are you.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES