Apa Pentingnya Bersih-bersih Media Sosial Sebelum Kamu Melamar Pekerjaan?

apkgk.com

Media sosial tidak sekadar platform untuk berhubungan dengan teman ataupun keluarga yang jaraknya jauh dari kita. Tetapi medsos pun kini menjadi salah satu tempat favorit untuk ‘berbagi’, informasi, berbagi momen berupa foto, bahkan berbagi cerita pribadi. Memang menyenangkan bisa berbagi hal-hal tersebut melalui media sosial. Tapi tentu hal ini ada resikonya juga. Misalnya, kalau kita suka berbagi cerita-cerita pribadi di media sosial, kita harus siap menerima komentar atau penilaian dari siapapun yang melihat unggahan kita.  

Berbicara soal media sosial, kalian pasti tahu kalau sekarang sudah banyak rekrutmen pegawai dengan melakukan penelusuran media sosial calon pegawainya. Untuk itu, mulai sekarang kamu harus mulai bersih-bersih media sosial sebelum melamar kerja. Kenapa?

1. Media sosial dan kesempatan berkarier

www.federaljobs.net

Dalam melamar pekerjaan, dokumen-dokumen seperti CV, portofolio, dan surat lamaran tidak cukup untuk membuatmu diterima. Diperlukan juga soft skill dan kepribadian yang baik. Untuk mengetahui hal tersebut, rekruter atau Human Resource (HR) akan menyelenggarkan beberapa tahapan seperti tes tulis dan interview.

Nah, saat ini keaktifan kamu di media sosial juga dilihat untuk menilai kepribadian dan karakter. Kalau kamu mengunggah atau membagikan hal-hal yang tidak pantas, sangat mungkin HR akan mencoret nama kamu dalam daftar pelamar.

2. Cari diri di google

www.foxnews.com

Cara pertama yang bisa kamu lakukan dalam rangka bersih-bersih media sosial adalah mencari dirimu di Google. Seperti yang kita tahu, dengan menggunakan mesin pencari ini sangat mungkin kamu bisa menemukan informasi-informasi tentang kamu. Kalau kamu menemukan hal yang tidak pantas, kamu bisa langsung menghapus atau menyembunyikannya.

3. Hapus konten yang berbau negatif

www.onevirtualsolutions.com

Kalau media sosialmu pernah disinggahi konten negatif yang nir-faedah, sebaiknya segera hapus agar tidak menghambatmu dalam melamar pekerjaan. Salah satu contohnya adalah komentar negatif. Berkomentar di media sosial memang bukan suatu hal yang salah, namun jika komentar yang dilontarkan mengandung kata-kata kasar atau tidak senonoh atau mengundang kontroversi, hal tersebut tentu akan mencerminkan kepribadian yang buruk.

4. Perhatikan foto yang dibagikan
aminoapps.com

Kalau kamu gemar membagikan foto di Instagram atau media sosial lainnya, sekarang kamu harus memperhatikan apakah di antara foto-foto yang kamu bagikan ada yang foto tidak pantas dan bisa menjadi nilai buruk bagimu. Kalau ada, segera hapus dan unggah foto-foto yang mencerminkan kepribadian yang baik saja, ya.

5. Perhatikan berita yang dibagikan
www.hoax-slayer.net

Selain foto, kamu juga harus memperhatikan berita-berita yang kamu bagikan di media sosial. Jangan sampai salah satu berita yang pernah kamu bagikan adalah berita hoax atau berita palsu. Ini akan sangat merugikan kalau sampai ketahuan. Kamu akan dinilai tidak cerdas dalam membaca dan tidak cermat memilah informasi karena tidak melakukan recheck dan langsung menyebarkannya di media sosial.

6. Jangan jadikan media sosial sebagai tempat curhat

www.youtube.com

Curhat di media sosial memang mendatangkan kepuasan tersendiri bagi sebagian orang. Tapi, sekarang perlu di-recheck lagi apakah curhat-curhat yang kamu bagikan di media sosial selama ini memang layak dikonsumsi oleh umum atau tidak. Kalau ada curhatan yang bersifat pribadi, sebaiknya segera kamu hapus karena hal tersebut tidak sepantasnya dibagikan di media sosial.

7. Ubah pengaturan privasi

identitytheftwall.com

Setiap media sosial mempunyai pengaturan privasi yang di dalamnya terdapat filter untuk menyaring teman dan menyaring konten. Kalau kamu enggan menghapus konten yang ada di media sosialmu, kamu bisa mengaktifkan dan mengubah pengaturan privasi menjadi konsumsi pribadi. Konten-konten yang pernah kamu unggah dan bagikan pun hanya bisa diakses oleh kamu sendiri.

Sekarang sudah tahu 'kan hal-hal apa saja yang perlu dilakukan di media sosial sebelum melamar kerja? Sebaiknya dilakukan mulai sekarang dan nggak lagi mengunggah atau membagikan hal-hal yang sekiranya membuat penilaian kamu buruk. Oke?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Hati-hati! Sederet Masalah Kesehatan Ini Mengintai Perempuan di Usia 30an - Keepodotme

Hati-hati! Sederet Masalah Kesehatan Ini Mengintai Perempuan di Usia 30an - Keepodotme

Membuatmu Tak Berkembang, Ini Alasan Kenapa Kamu Jangan Bekerja di Satu Perusahaan

Membuatmu Tak Berkembang, Ini Alasan Kenapa Kamu Jangan Bekerja di Satu Perusahaan

Luar Biasa! Cuma Seniman Berbakat yang Bisa Ngegambar dengan Hasil Keren Begini! - Keepodotme

Luar Biasa! Cuma Seniman Berbakat yang Bisa Ngegambar dengan Hasil Keren Begini! - Keepodotme

Sebenarnya, Jurusan Kuliah Penting nggak sih Bagi Perusahaan? Cari Tahu di Sini!

Sebenarnya, Jurusan Kuliah Penting nggak sih Bagi Perusahaan? Cari Tahu di Sini!

Style Meggemaskan dari Lesty Kejora buat Referensi OOTD - Keepodotme

Style Meggemaskan dari Lesty Kejora buat Referensi OOTD - Keepodotme

7 Inspirasi Dekorasi Rumah Minimalis ala Skandinavia. Cocok untuk Hunian Masa Depan Kamu!

7 Inspirasi Dekorasi Rumah Minimalis ala Skandinavia. Cocok untuk Hunian Masa Depan Kamu!

loading