Antara Sayang dan Cinta, Mana yang Sedang Kamu Rasakan? Ini Perbedaan Keduanya!

29 Oktober 2017
|Chandra W.
0SHARES

Perasaan memang terkadang membingungkan. Ketika sedang dekat dengan seseorang, kita sulit memahami perbedaan sayang dan cinta. Barangkali garis batas antara sayang dan cinta sama tipisnya dengan garis batas antara cinta dan benci. Mengetahui perbedaan sayang dan cinta kepada seseorang dapat membantumu melangkah ke depan, untuk memutuskan akan melanjutkan hubungan yang telah terjalin atau mundur perlahan. Seperti apa ya perbedaan sayang dan cinta? Yuk, kepo!

1. Menyayangi adalah pilihan, mencintai adalah takdir

Perbedaan sayang dan cinta yang paling terasa adalah terkait kuasa yang kamu miliki akan perasaan tersebut. Kamu bisa memilih untuk sayang sama seseorang. Kamu bisa memutuskan sendiri kualitas terbaik dalam diri seseorang yang ingin kamu lihat, menghargainya untuk menjadi diri sendiri, dan menjadi teman yang selalu mendukungnya. Kamu juga bisa suatu saat memutuskan untuk berhenti menyayanginya, menjauh, lalu melupakannya.

Mencintai itu bukan pilihan, terjadi begitu saja dan kamu nggak punya kuasa untuk menghentikannya. Seberapa besar pun keinginan untuk tidak jatuh cinta, kamu tetap jatuh. Bahkan ketika kamu memilih untuk pergi dari orang yang kamu cintai, rasa itu nggak pernah benar-benar hilang dari hatimu.

2. Menyayangi seseorang artinya kamu ingin selalu memastikan ia baik-baik saja, mencintai artinya selalu mendahulukan kebahagiaannya

Tentu kamu ingin ia selalu bahagia, tapi ketika kamu mencintai seseorang, kamu juga siap melakukan apa saja demi kebahagiaannya. Kebahagiaannya adalah kebahagiaanmu juga. Kalau sayang, ya kamu senang melihat dia bahagia, tapi untuk berkorban masih pikir-pikir untung rugi. Cinta itu tentang seberapa banyak kamu bisa memberi dan berkorban.

3. Sayang hanya sementara, sedangkan cinta bertahan selamanya

Setelah melewati berkali-kali pertengkaran, melihat sifat-sifatnya yang menjemukan, dan melewati hari-hari yang nggak menyenangkan dengannya, kamu bisa saja langsung pergi meninggalkannya. Itu kalau selama ini kamu cuma sayang. Kalau cinta, kamu pasti bertahan sesulit apapun keadaannya. Kamu nggak perlu jaminan setiap saat harus dibahagiakan, karena ketika mencintai kamu sendiri sudah merasa utuh.

4. Sayang artinya kamu selalu ingin bersamanya, sedangkan ketika mencintai kamu ingin dia bahagia meskipun tidak bersamamu

Kalau sebatas sayang, pasti kamu kepingin dekat-dekat dia terus. Kehadirannya selalu kamu tunggu-tunggu. Sedangkan ketika mencintai, kamu ingin hidup seimbang dan bahagia. Kamu nggak keberatan melepaskannya bermain dengan teman-temannya, me time, atau menekuni hobinya sendiri tanpamu. Kamu paham kalau cinta itu nggak mesti ke mana-mana bareng.

5. Sayang = ingin memiliki. Cinta = ingin berjalan bersama

Kalau sayang doang: pokoknya dia harus jadi milikku! Kalau bisa juga semua orang tahu kamu punya hubungan khusus dengannya. Entah dengan cara mengunggah foto ke media sosial atau mungkin mencantumkan namamu di bio salah satu atau semua media sosialnya.

Kalau cinta, nggak perlu tuh yang begituan. Yang penting kalian bisa saling membangun satu sama lain, jadi satu tim yang suportif, dan nggak ada ‘kepemilikan’. Kamu dan dia sama-sama bisa menjadi versi terbaik diri sendiri ketika bersama-sama.

Jadi, yang paling mendasar dari perbedaan sayang dan cinta adalah: kalau sayang hanya di permukaan dan sementara. Sedangkan kalau cinta, dalam dan selamanya. Sebenarnya mencintai itu sederhana saja kok. Cuma soal seberapa banyak kamu mau memberi dan membiarkannya jadi diri sendiri yang seutuhnya. Gimana? Sudah paham akan perbedaan sayang dan cinta? Yuk coba telaah lagi, kamu sekadar sayang atau sudah jatuh cinta?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES