Amazing! Ini Dia Kekuatan Supernatural yang Ternyata Dimiliki oleh Setiap Manusia!

04 Maret 2017
|Idham Nur Indrajaya
Life
0SHARES

Dalam beberapa kisah fantasi yang populer di masyarakat, kita sudah seringkali disuguhi oleh kisah-kisah manusia yang memiliki kekuatan super dalam tubuhnya. Jangan jauh-jauh, saat ini saja, kisah superhero yang didistribusikan oleh Marvel dan DC Comics sudah cukup meramaikan imajinasi kita dengan kisah-kisah manusia unik dengan kekuatan yang menjadi ciri khas masing-masing dari mereka. Nah, tapi kamu tau nggak kalau ternyata manusia normal pun bisa mengakses kekuatan super yang diam-diam ada di dalam tubuh kita? Di bawah ini, kamu bisa lihat beberapa penjelasan dari kekuatan super tersebut, dan di antaranya ada yang sudah teruji secara ilmiah, dan ada juga yang masih diragukan kebenarannya. Nah, daripada nunggu lebih lama lagi, langsung aja yuk, kita kepoin!

1. Tenaga super

Pernah dengar berita tentang Hanna (16 tahun) dan Haylee (14 tahun) yang sanggup mengangkat traktor untuk menyelamatkan ayahnya pada tahun 2013? Atau mungkin kamu pernah dengar tindakan heroik yang dilakukan oleh wanita Kanada bernama Lydia Angiyou yang mengalahkan beruang kutub untuk menyelamatkan anak-anak yang terancam nyawanya? Ternyata, situasi panik yang dipicu oleh kebutuhan untuk menyelamatkan orang tercinta, bisa memicu gelombang adrenalin dalam tingkat yang ekstrem sehingga manusia bisa mengakses kekuatan supernya. Kekuatan super ini tidak bisa dilatih dan hanya bisa timbul jika dipicu oleh situasi yang memaksa. Pokoknya, situasi manusia super ini bisa timbul dalam keadaan nyawa terancam atau seperti dalam kasus Hanna dan Haylee, timbul saat hendak menyelamatkan orang tercinta. Kurang lebih mirip seperti Gohan di serial Dragon Ball ya?

2. Melihat dalam gelap

Kita sama-sama tahu kalau penglihatan itu didukung oleh intensitas cahaya. Tanpa adanya cahaya, orang yang bisa melihat pun tidak ada bedanya dengan orang yang tuna netra. Namun, ternyata manusia itu bisa menggunakan instrumen alternatif untuk melihat dalam gelap loh. Percaya nggak percaya, manusia bisa memvisualisasikan hal di sekelilingnya dengan menggunakan lidah! Teknik ini disebut echolocation, dan cara kerjanya kurang lebih mirip dengan gelombang sonar yang dimiliki oleh kelelawar, yakni dengan merasakan pantulan dari obyek-obyek di sekeliling kita. Teknik ini ternyata bisa dilatih, dan dapat bermanfaat bagi orang yang mengidap tuna netra. Dalam beberapa minggu saja, para peneliti dari Universitas Alcala de Henares—universitas di Spanyol, dapat melatih 10 mahasiswa untuk menggunakan teknik ini. Wow, bisa jadi kayak Daredevil tuh!

3. Bioluminescence

Teman-teman pernah nonton film Avatar (2009) kan? Dalam film itu, para mahkluk humanoid yang diberi nama Na’vi dapat mengeluarkan cahaya dari tubuh mereka di dalam gelap. Ternyata, manusia pun bisa mengeluarkan cahaya, meskipun dalam intensitas yang tidak dapat dilihat dengan mudah oleh mata telanjang. Jika tak percaya, kamu bisa lihat jurnal yang dapat diakses di http://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0006256. Dalam jurnal tersebut, dijelaskan bahwa meskipun cahaya yang memancar dari tubuh kita itu 1000 kali lebih rendah dari intensitas cahaya yang dapat ditangkap mata telanjang, pada kenyataannya tubuh kita dapat mengeluarkan cahaya, namun ketika ditangkap oleh infrared, cahaya itu akan bertumpuk dengan suhu tubuh kita sehingga tidak terlalu terlihat. 

4. Daya tahan terhadap rasa sakit

Ada satu hormon yang dapat membantu untuk menghilangkan rasa nyeri yang melanda di tubuh kita, yaitu endorphin. Endorphin, yang timbul saat manusia sedang berolahraga, berhubungan seks, dan dalam situasi genting, memiliki kemampuan yang sama dengan morfin yang biasanya digunakan untuk membius pasien yang dioperasi agar rasa sakit dari operasi tersebut tidak terasa. Namun, hormon ini emang nggak bisa dikendalikan secara sepenuhnya. Saat tubuh kamu benar-benar merasa adanya kebutuhan akan hormon ini, barulah dia timbul. Kurang lebih kerjanya mirip dengan kekuatan histeria yang diperoleh seperti kasus manusia super yang dibahas di atas.

5. Penyembuhan instan

Kalau yang ini, khusus milik wanita yang melahirkan saja. Seperti halnya Wolverine dalam X-men, ternyata wanita memiliki kemampuan khusus untuk menyembuhkan tubuhnya secara instan saat sedang melahirkan. Ternyata fetus (bakal janin) yang berada di dalam rahim wanita, dapat mengirimkan sel punca (sel yang berfungsi untuk meregenerasi sel yang sudah rusak atau mati) yang dapat mengobati kerusakan dan penyakit yang diakibatkan oleh keberadaan fetus tersebut, dan hal ini terjadi secara terus menerus sehingga penyembuhannya pun terjadi dengan sangat cepat sampai wanita sendiri tidak merasakan rasa sakit yang ekstrem saat sedang mengandung. Ini juga yang mencegah wanita untuk terkena kanker janin saat sedang mengandung. Dalam beberapa kasus, sempat ada wanita yang sembuh dari penyakit jantungnya setelah melahirkan loh. Ini adalah bukti proses penyembuhan yang dilakukan oleh fetus. 

6. Kembali segar tanpa perlu beristirahat

Kalau yang ini, emang masih menjadi perdebatan di antara para ilmuwan sih. Soalnya, emang canggih banget tuh. Jadi, dalam tubuh manusia itu ada yang disebut sebagai ritme circadian, salah satu atribut dalam tubuh manusia berkenaan dengan jam biologis manusia. Jadi, seperti yang dikatakan dalam ergonomic-fit.blogspot.com, ritme circadian adalah ritme yang berkenaan dengan perubahan fungsi-fungsi pada tubuh manusia dalam waktu satu hari, terhitung sejak seseorang itu bangun hingga tidur. Rentang waktu dalam circadian ini memperlihatkan bahwa fungsi tubuh manusia akan menurun setiap detiknya, bahkan jika seseorang hanya tidur-tiduran dalam waktu seharian.

Uniknya, pada tahun 1998, pernah dilakukan percobaan yang bisa membuat jam biologis ini seakan-akan di-restart dan fungsi tubuh manusia dapat kembali seperti ketika bangun tidur meskipun sudah melampaui rentang waktu tertentu semenjak seseorang itu terbangun. Caranya sangat mengejutkan, yakni dengan memberikan intensitas cahaya tertentu dalam jangka waktu yang juga diberikan secara tertentu pada bagian di belakang lutut manusia! Kalau misalnya penelitian ini benar, artinya kita bisa kembali segar tanpa perlu tidur di malam hari hanya dengan memberikan cahaya pada belakang lutut kita. Sulit dipercaya kan? 

7. Menghentikan peluru!?

Menghentikan peluru di sini bukan kayak yang dilakukan oleh Neo dalam The Matrix Trilogy ya, melainkan menghentikan peluru untuk menembus masuk ke dalam organ-organ di dalam tubuh kita. Dalam tubuh manusia, terdapat jaringan yang disebut adiposit, yakni jaringan yang berfungsi untuk menyimpan cadangan lemak dalam tubuh. Jaringan inilah yang mempertahankan kegemukan pada tubuh kita. Selain itu, jaringan adiposit ini ternyata dapat menyelamatkan tubuh kita juga dari serangan peluru loh. Sekilas lucu juga sih kedengarannya, tapi peneitian yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Cambridge, membuktikan bahwa manusia yang memiliki ketebalan lemak sepanjang minimal 72 cm, dapat mencegah peluru untuk menembus ke dalam organ vital di tubuhnya. Itulah keberuntungan orang-orang yang memiliki cadangan lemak berlebih di tubuhnya. Tapi, kalau kamu emang punya lemak setebal itu, mendingan nggak usah iseng nyobain juga yah!

Ternyata tubuh manusia masih menyimpan banyak rahasia yang bisa kita gali lebih dalam. Kekuatan supernatural memang ada. Mulai dari kekuatan Superman, Daredevil, Wolverine dan kawan-kawan ternyata dimiliki juga oleh manusia normal meskipun dalam taraf yang lebih minim jika dibandingkan dengan kekuatan para tokoh fantasi tersebut. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES