Alasan Sering Uring-uringan Saat Di-unfollow Teman di Media Sosial

www.pexels.com

Media sosial sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat modern. Banyak yang memanfaatkan media sosial untuk mempertahankan hubungan dengan teman lama atau kerabat dekat.

Melalui media sosial, kamu tidak perlu sering-sering bertatap muka untuk menjalin silaturahmi dengan teman dan keluarga. Tak hanya dengan teman atau keluarga, media sosial juga menghubungkan kita dengan orang baru yang sebelumnya tidak pernah kita kenal.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa responden mahasiswa hanya mengenal 72 persen dari teman Facebooknya. Meski demikian, ada saja lho yang uring-uringan saat kehilangan teman di media sosial. Berikut penjelasan ilmiahnya!

1. Unfollow = penolakan

www.popsugar.com

Bagi sejumlah orang, kehilang satu orang di media sosial bahkan seseorang yang tidak dikenal sekali pun bisa memancing emosi. Mungkin orang tersebut terkesan berlebihan. Namun ternyata ada alasan yang wajar mengenai orang yang merasa “tersakiti” saat kehilangan followers di media sosial.

Followers di media sosial bukannya tak berguna. Menurut pakar psikologi sosial dari Wesleyan University, Kip Williams, followers membantu membangun rasa diterima oleh masyarakat sekaligus menaikkan harga diri dalam pergaulan. Kehilangan followers atau teman di media sosial akan memberiikan dampak yang sama seperti penolakan dan pengasingan.

2. Unfollow = menyakiti

wezift.com

Bisa dikatakan bahwa meng-unfollow seseorang berarti kita menyakiti orang tersebut. Kip menambahkan, semua pengguna media sosial akan merasakan efek yang negatif saat sadar ada temannya di media sosial yang hilang. Bahkan yang tidak dikenal di dunia nyata. Intensitas reaksinya tentu sangat bergantung pada pribadi dan sosial pengguna.

Tak heran jika berbagai studi tentang psikologi media sosial mengungkapkan simpulan yang hampir sama. Sebagian besar pengguna media sosial cenderung merasa kecewa saat di-unfollow seseorang. Apalagi jika yang meng-unfollow tidak memberitahu alasannya.

3. Menghapus teman yang jarang berhubungan di dunia nyata

www.walkinmyshoes.ie

Banyak yang menganggap bahwa memutus hubungan digital adalah tindakan pasif agresif sebagai aksi penghindaran konflik. Meski orang tersebut terlebih dahulu memberitahu orang yang di-unfollow, tetap saja sikap tersebut menjadi peringatan hubungan yang terputus.

Christopher Sibona, guru besar psikologi di Universitas Wilmington, menganalisis jaringan sosial dan dinamika unfriending di Facebook.  Berdasarkan studi Sibona, ia menemukan bahwa pengguna media sosial cenderung menghapus teman-teman SMA, kenalan, teman lama atau teman satu kantor yang jarang dihubungi di dunia nyata.

4. Efek di-unfollow orang tak dikenal
www.elitedaily.com

Christopher Sibona juga mengungkapkan bahwa efek dari di-unfollow orang yang tidak dikenal tidak akan terlalu buruk. Menurut Sibona, saat seorang yang tidak dikenal menghapus pertemanan di Facebook, ekspresi yang paling lumrah adalah heran. Bahkan, bisa jadi orang tersebut gembira.

Berbeda jika yang memutus hubungan adalah orang yang dikenal atau orang yang sering kita hubungi di dunia nyata. Kita tidak hanya akan heran dengan alasannya memutus hubungan di media sosial, kita pun mungkin akan uring-uringan dan penasaran dengan alasan orang tersebut.

5. Unfollow lebih menyakiti daripada pengguna yang nggak aktif
www.elitedaily.com

Larry Rosen sebagai ahli psikologi dunia digital di Californa State University, mengatakan bahwa banyak orang mengandalkan media sosial untuk mengukur nilai sosial mereka. Orang yang terlalu menghargai hubungan digital ini cenderung akan sangat sensitif mengenai followers atau jumlah teman di media sosial.

Penemuan Rosen ini sesuai dengan penelitian Jennifer Bevan, ahli media sosial di Chapman University. Survei yang dilakukan Rosen pada 2011 mengungkap bahwa 547 pengguna Facebook merasa lebih tersakiti dengan unfollowing dibandingkan dengan pengguna yang tidak aktif.

Itulah alasan ilmiah dan beberapa studi psikologi tentang pengguna media sosial yang suka uring-uringan saat kehilangan followers atau teman di media sosial. Apa kamu termasuk dalam tipe ini?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Ingin Lihat Akting Bang Haji? 10 Daftar Film Rhoma Irama Terbaik yang Patut Ditonton | Keepo.me

Ingin Lihat Akting Bang Haji? 10 Daftar Film Rhoma Irama Terbaik yang Patut Ditonton | Keepo.me

Kenapa Jumlah Temanmu Makin Berkurang Setiap Tahunnya?

Kenapa Jumlah Temanmu Makin Berkurang Setiap Tahunnya?

Film dan Drama Choi Minho SHINee, Kualitas Aktingnya Jempolan | Keepo.me

Film dan Drama Choi Minho SHINee, Kualitas Aktingnya Jempolan | Keepo.me

Dekorasi Praktis Agar Kamar Kos Jadi Lebih Luas

Dekorasi Praktis Agar Kamar Kos Jadi Lebih Luas

Dear Ladies, Ini Cara Menghitung Masa Subur dengan Kalender yang Akurat | Keepo.me

Dear Ladies, Ini Cara Menghitung Masa Subur dengan Kalender yang Akurat | Keepo.me

Kota di Asia yang Warganya Gila Kerja

Kota di Asia yang Warganya Gila Kerja

loading