Alasan Pacar Sering Mengungkit Kesalahan di Masa Lalu

sahabatibupintar.com

Jangan buru-buru marah jika pasangan kamu kerap mengungkit kesalahan kamu di masa lalu. Tindakan yang dilakukan pasangan itu walaupun menyebalkan, tapi pasti ada penyebabnya. Penyebab itulah yang harus diketahui dan dikomunikasikan bersamanya.

Dengan begitu, nantinya pasanganmu tidak lagi mengungkit kesalahan kamu di masa lalu yang bahkan kamu sendiri telah lupa. Penyebab inilah yang harus kamu dan pasangan coba uraikan dan temukan solusinya.

1. Apa kata peneliti?

sahabatibupintar.com

Penelitian yang belum lama dirilis mengonfirmasikan hal yang banyak orang rasakan dalam hubungan. Jika mempunyai kesalahan di masa lalu kepada pasangan, kemungkinan besar dia akan mengungkit hal itu biarpun sebenarnya tidak relevan.

Jelas kecenderungan ini dialami banyak pasangan kekasih dan mencerminkan sebuah hubungan yang tidak sehat. Menurut para peneliti, pemikiran seperti ini disebut "logika dapur" atau kitchen thinking. Ini adalah ungkapan populer dalam Bahasa Inggris bahwa "Partnermu bakal melempar semua barang di dapur saat berkelahi, kecuali bak cuci piring. Soalnya bak cuci berat."

2. Pendapat lain para ilmuwan

www.pexels.com

Tentunya tidak semua orang seperti ini. Dalam laporan When Slights Beget Slights: Attachment Anxiety, Subjective Time, and Intrusion of the Relational Past in the Present, para peneliti menyampaikan empat jenis penelitian yang didesain. Semua menunjukkan bahwa orang yang merasa aman dalam hubungannya cenderung tidak berpikir menggunakan "logika dapur."

Dalam penelitian pertama, para peserta melaporkan bahwa kenangan yang bersifat negatif bisa muncul dalam sebuah "konflik baru yang tidak ada hubungannya dengan kenangan tersebut.".

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa persepsi seseorang terhadap waktu akan menentukan. Seseorang yang punya rasa "takut kehilangan" cenderung mengungkit kenangan masa lalu yang buruk. Sementara orang yang merasa aman bisa melihat keburukan masa lalu sebagai "hal yang sudah berlalu".

Menurut para peneliti, individu yang takut kehilangan sangat mendambakan hubungan yang intim, sampai-sampai mereka sulit mempercayai partnernya. Mereka takut ditinggalkan. Orang seperti ini cenderung lebih bemasalah dan berperilaku tidak sehat dalam sebuah hubungan.

3. Kenangan positif bikin mudah move on?

www.serumpi.com

Penelitian yang kedua menguji hal ini dalam konteks hubungan romantis. Para peserta disuruh menilai seberapa berpengaruhkah kenangan negatif masa lalu mereka terhadap hubungan mereka sekarang. Hasilnya? Mirip dengan penelitian pertama.

Dalam penelitian ketiga yang dihelat University of Waterloo di Kanada ini, peneliti mencari tahu kenangan macam apa yang biasanya diingat-ingat orang. Para peserta diminta mengingat kejadian yang terjadi akhir-akhir ini dan menyebut tiga kenangan yang berkaitan dengan partner mereka.

Lagi-lagi hasilnya mirip dengan dua penelitian sebelumnya. Individu yang tidak takut kehilangan cenderung mengingat kenangan yang positif, sementara mereka yang lebih takut kehilangan cenderung menyebutkan kenangan yang negatif.

4. Logika dapur mengacaukan hubungan
www.netralnews.com

Dalam penelitian keempat, para peserta diminta membeberkan seberapa banyak logika dapur yang muncul ketika bertengkar dengan partner baru-baru ini. Kemudian para peneliti akan menganalisiscara perilaku ini mempengaruhi hubungan mereka.

Apakah mereka merespon konflik secara sehat? Bagaimana mereka memandang seberapa serius konflik tersebut? Bagaimana mereka menilai kualitas hubungan mereka?

Sayangnya, hasilnya menunjukkan bahwa logika dapur ini dapat mengacaukan hubungan. "Orang yang mengungkit-ungkit masalah masa lalu ketika bertengkar biasanya cenderung berkelahi secara tidak sehat. Mereka cenderung lebih kasar, lalu merasa hubungannya gagal."

Mengungkit kesalahan pasangan di masa lalau memang menyenangkan. Hal tersebut memang seperti jalan pintas untuk menuju kemenangan dan mengesankan kesalahan yang dilakukan saat ini masih belum seberapa jika dibandingkan dengan kesalahan pasangan di masa lalu.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Siap Guncang Box Office, Ini Daftar Film Superhero yang Bakal Tayang 2020-2022 | Keepo.me

Siap Guncang Box Office, Ini Daftar Film Superhero yang Bakal Tayang 2020-2022 | Keepo.me

Mau Nonton Konser K-Pop Gratis? Trik Ini Bisa Dicoba Segera!

Mau Nonton Konser K-Pop Gratis? Trik Ini Bisa Dicoba Segera!

Mau Konten Audio yang Jernih? Pakai Aplikasi Perekam Suara PC Ini! | Keepo.me

Mau Konten Audio yang Jernih? Pakai Aplikasi Perekam Suara PC Ini! | Keepo.me

Pelajaran Tentang Cinta dari Pasangan Ahn Jae Hyun dan Goo Hye Sun

Pelajaran Tentang Cinta dari Pasangan Ahn Jae Hyun dan Goo Hye Sun

Lupakan Rasa Pahitnya, Manfaat Pare Ini Berikan Efek Baik untuk Badan dan Wajahmu | Keepo.me

Lupakan Rasa Pahitnya, Manfaat Pare Ini Berikan Efek Baik untuk Badan dan Wajahmu | Keepo.me

Begini Panduan Desain Kamar Minimalis Ala Drama Korea

Begini Panduan Desain Kamar Minimalis Ala Drama Korea

loading