Alasan Mengapa Manajemen Waktu Nggak Penting, Mending Pakai Manajemen Prioritas Aja!

08 Oktober 2017
|Chandra W.
3.5 KSHARES

Setiap hari selalu terburu-buru dan ada aja to-do list yang nggak berhasil dikerjakan padahal udah mengatur waktu sedemikian rupa? Udah belajar manajemen waktu, tapi target penyelesaian berdasarkan pengaturan waktu itu nggak kesampaian juga? Hmm. Ini nih salah kaprah sebagian orang Indonesia. Manajemen waktu justru bisa bikin kamu kelimpungan sendiri kalau melewati deadline yang telah ditentukan. Yang kamu butuhkan adalah manajemen prioritas. Jadi yang diatur bukan waktunya, melainkan prioritasnya.

Gimana sih cara mengatur kegiatan berdasarkan skala prioritas? Pada malam hari, tentukan apa yang akan kamu kerjakan besok. Misalnya: fotokopi bahan ujian, ngerjain skripsi, nonton film, ngopi sama teman, bantuin ibu nyetrika, dan belanja bulanan.

Pertama, tentukan mana yang paling penting di antara semua kegiatan itu. Anggap saja ngerjain skripsi adalah prioritasmu, karena kamu paling mood pas pagi-pagi. Nah kamu tentukan lagi target yang lebih kecil, misalnya mau ngerjain skripsi satu sub-bab. Maka ngerjain skripsi ada di nomor satu daftar prioritasmu.

Kedua, tetapkan batas waktu. Misal ngerjain skripsi tadi maksimal sampai jam 12 siang. Setidaknya sampai jam 12 ini kamu sudah menulis dua halaman. Baru pindah ke prioritas selanjutnya yang harus selesai hari itu juga dan nggak bisa ditunda untuk besok. Misalnya fotokopi bahan ujian karena ujiannya lusa. Nah habis ngerjain skripsi, kamu fotokopi tuh.

Ketiga, pisahkan kegiatan yang nggak darurat seperti misalnya nonton film. Kan bisa dilakukan besok lagi karena toh masih bakal tayang dua minggu di bioskop. Belanja bulanan kalau buat sendiri misal barang-barangmu belum benar-benar habis bisa juga buat besok atau pas hari Minggu sekalian.

Keempat, kerjakan hal yang paling penting dan berpengaruh buat kelangsungan hidupmu. Kayak tadi ngerjain skripsi buat kelangsungan akademik dan bantuin ibu nyetrika demi uang saku yang lancar.

Jadi, kamu nggak terpatok sama waktu, melainkan mana hal yang penting dan mendesak untuk diselesaikan pada hari itu. Dengan melakukan kegiatan berdasarkan skala prioritas, kamu akan lebih tenang dan tidak terburu-buru, jauh dari bad mood, dan yang paling penting, semua kegiatan bisa selesai pada waktu yang tepat. Selamat mencoba!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
3.5 KSHARES