Alasan Kenapa Ngomongin Soal Uang dengan Pasangan Sebelum Menikah Itu Penting

26 Oktober 2017
|Chandra W.
0SHARES

Membicarakan masalah uang dengan pasangan seringkali dianggap tabu, apalagi di Indonesia. Takut terkesan materialistis menjadi salah satu alasannya. Padahal, bicara uang itu penting lho. Sebelum menikah, mengetahui keadaan finansial masing-masing akan jadi bekal yang bagus dalam membina rumah tangga. Lagipula, ekonomi biasanya menjadi salah satu faktor terbesar penyebab perceraian. Nggak mau kan bercerai hanya karena kurang terbuka masalah keuangan di awal?

Sebelum menikah, idealnya nggak ada rahasia-rahasiaan lagi antara kamu dan pasangan, termasuk soal keuangan. Bagaimana akan membina keluarga yang sejahtera kalau soal uang masih samar-samar? Kamu bisa mulai dari mengetahui berapa gaji pokoknya, tunjangan jika ada, dan seterusnya. Dengan mengetahui keadaan finansial masing-masing sebelum menikah, kamu jadi tahu rumah seperti apa yang bisa ditinggali dengan pertimbangan gajimu dan dia digabung untuk mencicil, misalnya.

Konflik akibat ketidakterbukaan finansial dapat dihindari jika sejak awal semuanya sudah dibicarakan. Bukan hanya soal yang besar-besar seperti cicilan rumah tadi, pos pemasukan-pengeluaran yang lain juga dapat disusun perkiraannya, misalnya uang belanja bulanan, tabungan pendidikan untuk anak, biaya lahiran, dan seterusnya. Tentu ada etika yang harus diterapkan ketika membahas isu sensitif ini. Kamu tidak bisa langsung menembak 'gajimu berapa?'. Ungkapkan dulu keinginanmu mengenai rumah masa depan atau rencana pendidikan anak, dari situ kamu bisa menggali pendapatannya.

Kalau dia menghindar atau terkesan tidak menyukai pembicaraan finansial sebelum menikah, kamu boleh menduga ada yang tidak beres atau keuangannya bermasalah. Dari hal seperti ini juga kamu akhirnya bisa mempertimbangkan apakah ia benar-benar pasangan yang tepat. Menikah kan bukan cuma soal akad dan resepsi, ada banyak hal yang harus diurus berdua setelahnya. Untuk membahas keuangan ini kamu bisa memilih waktu di mana pasanganmu moodnya sedang baik. Mungkin ketika kalian sedang jalan-jalan ke tempat favoritnya, atau candle light dinner.

Cepat atau lambat, keuangan harus dibicarakan. Lebih cepat lebih baik, asalkan kamu memang sudah berniat menjalani hubungan yang serius dengan pasanganmu sekarang. Daripada menyesal nanti-nanti, yuk bicarakan mulai dari sekarang.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES