Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Berorganisasi di Usia 17an, Biar Nggak Cupu!

08 Oktober 2017
|Chandra W.
1.4 KSHARES

Salah satu skill yang berguna banget baik untuk mencari pekerjaan maupun dalam kehidupan sehari-hari adalah skill berorganisasi. Ada banyak orang yang kaget dan sulit menyesuaikan diri di lingkungan baru karena nggak terbiasa ikutan organisasi sejak kecil. Bahaya lho buat jangka panjang. Makanya buat kamu yang masih muda dan berusia sekitar 17 tahun, ada baiknya mulai sekarang gabung organisasi, minimal di tingkat RT atau sekolah. Soalnya...

1. Di organisasi kamu akan bertemu orang-orang dengan karakter yang berbeda satu sama lain

Mau tidak mau, kamu akan bisa memahami karakter masing-masing orang ini dan menerimanya. Menerima dalam artian kamu nggak akan kaget ketika nanti waktu bekerja atau kuliah jauh dari kampung halaman, kamu sudah terbiasa. Melalui karakter yang berbeda ini kamu juga bakal punya banyak sudut pandang dalam melihat suatu persoalan.

2. Dari situ, otomatis kamu akan terlatih untuk berpikiran lebih terbuka

Berada dalam suatu organisasi pasti akan banyak perbedaan pendapat. Mungkin awalnya kamu kesal ketika rapat nggak selesai-selesai hanya karena dua orang yang sama-sama ngotot dengan pendapatnya. Tapi, akhirnya pikiran kamu jadi lebih terbuka dan selow dalam menghadapi masalah, jauh dari pikiran main hakim sendiri.

3. Dalam organisasi, kamu juga akan dilatih untuk aktif berpartisipasi dalam forum

Misalkan organisasimu akan mengadakan suatu kegiatan tapi konsepnya belum ada, pasti kamu sebagai anggota akan dimintai pendapat. Hitung-hitung latihan public speaking biar pas presentasi di sekolah, kampus, dan nanti pas interview beasiswa atau kerjaan udah nggak grogi lagi. Kelihatan banget, lho, bedanya orang-orang yang biasa ngomong di depan orang banyak sama yang enggak biasa.

4. Teman-teman dan koneksimu bertambah

Ini juga nggak kalah penting. Kita nggak tahu rezeki akan datang dari mana. Makanya, punya banyak kenalan itu penting banget, bisa jadi temanmu di organisasi sekarang kenal dengan orang berpengaruh di bidang yang kamu minati atau ingin kamu tekuni di masa mendatang. kesempatan banget tuh buat belajar sebelum keduluan yang lain. Bisa jadi kamu akan mendapatkan kesempatan untuk mengerjakan proyek-proyek lewat close recruitment atau rekomendasi teman. Asyik banget 'kan?

5. Biar nggak kaget pas kuliah

Nanti ketika kamu masuk kuliah, kamu akan dihadapkan pada bejibun pilihan organisasi. Karena sejak umur 17an pas masih SMA kamu udah biasa, lebih mudah bagimu memilih mana yang kira-kira akan cocok dan membuatmu jadi pribadi yang lebih baik. Nggak akan butuh lama bagimu menyesuaikan diri dalam organisasi yang baru.

6. Belajar memimpin orang lain

Pasti, pasti dalam organisasi kamu akan belajar caranya memimpin diskusi, kepanitiaan, rapat dan lain-lain. Mungkin awalnya kamu takut anggotamu nggak percaya kemampuanmu. Nggak apa-apa. Coba dulu, seiring waktu kamu akan belajar bagaimana membawa diri, bersikap dan berbicara layaknya seorang pemimpin. Jangan ragu untuk minta saran dan bantuan kepada orang yang lebih dulu menjadi pemimpin sebelum kamu.

Kalau sudah biasa berorganisasi, kamu akan otomatis dijauhkan dari kategori ‘anak cupu’. Anak organisasi biasanya sih kebalikannya anak-anak ansos alias anti sosial. Pergaulanmu dan kehidupan masa mudamu juga jadi lebih berwarna. Jadi, mau masuk organisasi apa nih?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
1.4 KSHARES