Alasan Kenapa Cinta Lama Bersemi Kembali Sebaiknya Nggak Dipupuk dan Dilanjutkan

04 November 2017
|Chandra W.
0SHARES

Cinta lama bersemi kembali mungkin bisa dikisahkan seperti ini. Pada suatu masa, kamu pernah mencintai dan dicintai begitu sempurna, sampai ada suatu hal yang mengharuskan hubungan itu berakhir. Kamu lalu tetap melangkah menjalani hidup sebagaimana biasa dan mencoba menghapus kenangan-kenangan seindah apapun dengan mantan. Tiba-tiba pada suatu kesempatan tak terduga, reuni sekolah atau kampus misalnya, berdirilah ia di sana, sang mantan dengan segala kenangan yang pernah dilalui berdua berputar cepat seperti rekaman film dan tanpa kamu sadari cinta yang selama ini sepertinya telah hilang, bersemi kembali. Jangan gegabah, sayang. Ada alasan mengapa cinta lama bersemi kembali sebaiknya tidak dipupuk dan dilanjutkan, apalagi jika kamu dan dia sama-sama sudah memiliki pasangan baru.

1. Orang yang kamu cintai dulu dengan yang kini ada di hadapanmu adalah pribadi yang berbeda

Ilusi yang muncul saat bertemu mantan adalah ‘Dulu semua yang dilakukan bersamanya terasa indah. Sedangkan pasanganku yang sekarang nggak bisa kayak dia. Mungkin dulu kami sama-sama belum siap secara mental untuk menghadapi situasi krisis. Kalau sekarang, bisa aja kan udah waktunya?’ Hmm no. Dulu kalian cocok karena sama-sama masih bocah, masih mencintai atas dasar mencintai aja, nggak memikirkan hal lain. Apa yang kalian masing-masing alami setelah berpisah itulah yang berbeda dan membentuk diri kalian jadi seperti sekarang. Menjalin hubungan kembali dengannya artinya kamu seperti harus beradaptasi dengan orang baru, bukan dia yang dulu lagi. Mending diawet-awetin sama yang sekarang dan pikir seribu kali sebelum kembali pada cinta lama yang dulu sudah berkahir.

2. Mencintai orang yang sama rasanya seperti membaca buku untuk kedua kali, kamu udah tau endingnya

Selama perjalanan, semuanya memang menantang, mendirikan bulu kuduk, memacu adrenalin sekaligus menenangkan setenang kabut pagi hari. Lalu tiba-tiba ada satu hal yang terungkit dari masa lalu. Entah kesalahanmu atau kesalahannya yang lalu membuka semua luka lama yang pernah tergores dan kini serasa disayat-sayat lagi. Kamu mau kejadian seperti ini kembali berulang? Nggak mau kan sakit hati cuma demi cinta lama yang bersemi kembali? Buat apa baca buku yang udah kamu tahu endingnya menyakitkan? 

3. Ada alasan kamu dan dia berpisah dulu. Kamu mau dihadapkan pada masalah yang itu-itu lagi?

Cinta yang sekarang bersemi di hatimu adalah cinta yang ingat manis-manisnya saja, hanya ilusi. Jangan lupakan bagaimana dan mengapa kalian dulu berpisah. Masak kamu mau mengulangi kesalahan yang sama untuk kedua kalinya? Keledai aja nggak jatuh di lubang yang sama. Membanding-bandingkan mantan dengan pasanganmu sekarang juga nggak ada manfaatnya. Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing dan kamu sudah memilih untuk menjalani kehidupan cinta yang baru. Terima konsekuensinya dan cobalah untuk bertanggung jawab dengan pilihanmu sendiri.

Cinta yang lama bersemi kembali memang indah karena ada rasa familiar yang hadir, seperti pulang ke rumah setelah lama merantau. Tapi coba deh dipikirkan, kalau dijalani lagi, apakah akan seindah itu? Bukankah kamu sudah tahu apa yang dulu terjadi dan membuat kalian berpisah? Jangan sampai luka yang sudah kering, tersayat lagi. Lebih baik fokus dengan apa yang ada di hadapanmu sekarang.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES