Alasan dan Tips untuk Mengontrol Kebiasaan Ngemil di Jam Absurd

www.pexels.com

Kalau lagi bosan dan sedang tidak ada hal yang dikerjakan, biasanya kita akan langsung mencari camilan. Tidak hanya saat bosan, kita juga sering ngemil sambil melakukan aktivitas lain seperti menonton, mengobrol, dan lain-lain.

Kebiasaan ngemil ini pun sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Tidak sedikit tips yang sudah diberikan untuk menghentikan kebiasaan ngemil ini karena kerap dianggap tidak sehat. Pertanyaannya, kenapa kita sangat suka ngemil? Kenapa ngemil menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan?

1. Apa kata pakar?

www.kayafm.co.za

Stephan Guyenet adalah seorang ahli saraf dan penulis The Hungry Brain. Ia mengatakan bahwa ekstrapolasi untuk melihat kaitan antara makanan dan otak tidaklah sulit. “Makan adalah salah satu rangsangan paling kuat bagi manusia,” ujar Guyenet.

Sementara itu, otak manusia selalu membutuhkan rangsangan. Makanya, kita suka bermain game atau naik rollercoaster yang menantang adrenalin. Ketika merasa bosan, saat itulah otak tidak mendapatkan rangsangan. Otak akan kembali segar setelah kita ngemil.

Efeknya akan berbeda-beda untuk setiap jenis makanan. Misalnya untuk junk food, efeknya akan jauh lebih besar. Guyenet mengatakan bahwa usus dan otak akan mengukur nutrisi setiap kita mencicipi makanan baru. Nutrisi tersebut akan memantik pelepasan dopamin lebih besar di otak. Dopamin inilah yang membuat kita sulit untuk berhenti ngemil.

2. Penjelasan ilmiah tentang kebiasaan ngemil

www.thrillist.com

Camilan memang sengaja dibuat untuk menyenangkan otak. Ada sensasi kriuk-kriuk saat kita mengunyah kripik dan sensasi meleleh saat mengunyah cokelat. Ini yang membuatmu ingin terus ngemil.

“Teorinya, ada makanan yang sengaja dibuat untuk membuat kita ketagihan karena rasa atau teksturnya,” tutur Heather Kaplan, ahli diet di Washington DC. Banyaknya makanan yang dikonsumsi atau tingkat kelaparan sangat subyektif. Aaron Mencer sebagai peneliti obesitas mengatakan bahwa kebiasaan ngemil mengandung unsur biologis dan genetik.

Menurut Mencer, sistem melanocortin di otak memerintah untuk berhenti ngemil. Namun ada beberapa yang melanocortinnya tidak berfungsi optimal. Beberapa orang tidak memproduksi banyak leptin. Sementara leptin inilah yang membuat kita mudah lapar.

3. Temuan pakar

www.happyfamilyorganics.com

Kekurangan leptin dalam tubuh bisa menjadi penyebab ketika seseorang merasa ingin makan walaupun tidak lapar. Ahli saraf di Larber College of Medicine University of Vermont bernama Shana Adise telah melakukan sebuah pengamatan.

Pengamatan itu dilakukan pada anak-anak yang gemar makan. Hasilnya, ketika Adise memindai otak anak-anak tersebut, bagian otak lebih aktif ketika merea diberi makanan dibandingkan saat mereka diberi hadiah lain.

“Apakah mereka memang terlahir seperti itu? Apakah ada kaitannya dengan cara mereka dibesarkan? Penyebabnya bisa dari gabungan beberapa faktor,” ujar Adise.

4. Mengontrol kebiasaan ngemil
www.insider.com

Temuan dari Adise tersebut sudah jelas memperlihatkan alasan ada orang yang nafsu makannya selalu tinggi dan ada yang tidak demikian. Meski demikian, kita masih memiliki kemampuan untuk mengendalikan diri. Ada tipsnya jika ingin mencoba mengontrol kebiasaan ngemil.

Kamu harus bisa menyadarkan diri saat keinginan ngemil itu datang. Ketika kita makan, kita harus sadar alasan kita makan. Kalau kamu ingin berhenti ngemil, coba ingatkan diri bahwa ngemil disebabkan oleh otak yang kurang stimulasi, bukan karena lapar. Hal ini tidak akan cepat mengubah kebiasaan ngemil, namun setidaknya kamu mulai melatih dirimu.

5. Tips and trick
www.rd.com

Menurut Guyenet, banyak tips menghentikan ngemil yang tidak masuk akal. Salah satunya adalah dengan berolahraga. “Kalau menyuruh orang untuk olahraga ketika ingin ngemil, sama saja kamu menyuruh mereka melakukan sesuatu yang sulit dan tidak menyenangkan untuk merasa lebih baik. Sangat tidak realistis,” ujar Guyenet.

Guyenet menyarankan agar kita bisa mengendalikan lingkungan sekitar. Sebisa mungkin, jangan simpan camilan di rumah. Jika punya camilan, kamu akan semakin sering ngemil. Sedangkan jika sebaliknya, kamu akan merasa malas untuk keluar dan membeli camilan.

Itulah penjelasan mengapa kita sangat suka ngemil dan tips jika kamu ingin mengontrol kebiasaan ngemil. Tidak hanya makanan saat ngemil yang perlu diperhatikan, kamu juga harus memperhatikan pola makanmu agar lebih mudah mengontrolnya.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Sempat Disinggung Sri Mulyani, Ternyata Kota Ghaib Asli Benar-benar Ada, Berikut Diantaranya! | Keepo.me

Sempat Disinggung Sri Mulyani, Ternyata Kota Ghaib Asli Benar-benar Ada, Berikut Diantaranya! | Keepo.me

Gaya Hidup Sederhana yang Bisa Selamatkan Lingkungan, Coba Mulai Sekarang!

Gaya Hidup Sederhana yang Bisa Selamatkan Lingkungan, Coba Mulai Sekarang!

Termakan Isu Akan Jadi Tumbal Bisnis Kuliner, 8 Karyawan Ruben Onsu Mengundurkan Diri | Keepo.me

Termakan Isu Akan Jadi Tumbal Bisnis Kuliner, 8 Karyawan Ruben Onsu Mengundurkan Diri | Keepo.me

Sekolah Anti Mainstream yang Ajarkan Nilai Kehidupan, Bukan Cuma Pelajaran Biasa

Sekolah Anti Mainstream yang Ajarkan Nilai Kehidupan, Bukan Cuma Pelajaran Biasa

Hebatnya Negeri +62. Dokumen Rahasia Negara Jadi Bungkus Nasi. Netizen Auto Ngakak! | Keepo.me

Hebatnya Negeri +62. Dokumen Rahasia Negara Jadi Bungkus Nasi. Netizen Auto Ngakak! | Keepo.me

Sebelum ke Nikahan Mantan, Pikirkan Ini Lebih Dulu. Jangan Gegabah!

Sebelum ke Nikahan Mantan, Pikirkan Ini Lebih Dulu. Jangan Gegabah!

loading