Air Susu Keluar Meski Nggak Sedang Menyusui? Ternyata Kondisi Medis Ini Lho Penyebabnya!

27 Mei 2018
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Di masa kehamilan, seorang wanita akan mulai memproduksi air susu. Ketika bayi lahir, si ibu telah siap untuk memberikan makanan pertama bagi bayinya, yaitu ASI. Namun, ternyata ada kasus unik yang kadang terjadi pada beberapa perempuan di dunia ini. Ia tidak sedang menyusui apalagi hamil, tapi air susu keluar dari payudaranya. Kok bisa ya?

Menurut penelitian, kondisi tersebut disebut dengan galaktorea. Hanya sebagian kecil perempuan di dunia ini yang mengalaminya. Galaktorea bisa terjadi di salah satu atau kedua payudara. Biasanya, ASI yang dikeluarkan berwarna kehijauan atau kekuningan.

Banyak penyebab terjadinya galaktorea. Sebagian besar kasus disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon. Hormon yang terkait dengan produksi ASI adalah hormon estrogen, progesteron, dan prolaktin. Jika ketiga hormon tersebut berkembang dengan cepat, ASI pun akan diproduksi oleh tubuh. Galaktorea yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon diatasi dengan terapi hormon.

Penyebab lainnya adalah rangsangan pada puting payudara yang menyerupai aktivitas menyusu. Meremas putting payudara, gairah seksual, dan gesekan pakaian bisa memberikan rangsangan tersebut. Penggunaan beberapa jenis obat juga bisa menyebabkan galaktorea. Obat yang memicu kondisi ini, antara lain, H2 blocker, pil KB, sulpiride, obat-obatan psikotropika, dan antihipertensi.

Penyebab yang paling mengerikan adalah tumor. Tumor di pituitari, induk dari semua kelenjar tubuh yang menghasilkan semua hormon, akan menyebabkan kelebihan hormon sehingga kelainan hormon jadi tak terelakkan. Akibatnya, ASI pun diproduksi oleh tubuh.

Gejala galaktorea dimulai dengan pembesaran jaringan payudara, sakit kepala, perut terasa mual, gairah seksual menurun, siklus menstruasi tidak teratur, dan jerawat bermunculan. Jika kamu mengalami kondisi seperti ini, kamu tidak perlu panik. Karena sebenarnya, galaktorea bukanlah gangguan kesehatan yang berbahaya. Ada beberapa hal yang mesti dilakukan jika galaktorea terjadi.

Pertama, jangan memberikan rangsangan terhadap payudara. Hindari juga memakai pakaian yang ketat. Jika tanpa ada rangsangan cairan terus keluar bahkan mengandung darah atau nanah dan terjadi dalam waktu yang lama, segera periksakan diri ke dokter. Dokter akan memeriksa penyebabnya sehingga penanganan yang tepat bisa dilakukan.

So, tetap jaga kesehatan ya. Cermati tiap anggota tubuhmu, termasuk organ reproduksimu. Jika ada hal-hal yang aneh dan nggak semestinya, segera periksakan pada dokter.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
0SHARES