Agnez Mo Diminta Tampil Natural, Bukankah Tiap Orang Punya Preferensi Penampilan Sendiri?

29 Maret 2018
|Chandra W.
0SHARES

Beberapa waktu yang lalu, penyanyi multitalenta Agnez Monica mengunggah fotonya di media sosial Instagram. Ia memang dikenal sebagai orang yang suka bereksperimen dengan pilihan fashion yang dikenakannya. Pada salah satu foto terbaru ini, Agnez Mo mengenakan kemeja longgar berwarna putih dengan rambut super pendek. Ia difoto tampak samping.

1. Dilansir dari teen.co.id, salah satu warganet mengomentari penampilannya yang berani tersebut dan memintanya tampil lebih natural

“Natural lebih ok nes lebih unik n plus plus plus,” kata akun Instagram @titin_soetini. Agnez Mo lalu menjawab dengan bahasa Inggris yang berarti kira-kira seperti ini: “Hi Titin. Apa yang tidak natural tentang ini, honey? Rambutku asli, tubuhku asli, hatiku dan jiwaku asli. Kamu bilang ini tidak ‘natural’ hanya karena rambutku pendek?”

2. Ketika kamu mendengar ‘cantik natural’, kecantikan seperti apa sih yang muncul di pikiranmu?

Kalau kamu membayangkannya seperti foto-foto dengan tagar #iwokeuplikethis di Instagram yang sebagian besar isinya adalah perempuan dengan rambut panjang bergelombang teratur, bulu mata lentik panjang, jari-jari lentik dan kuku bersih, dan lain-lain sebagainya, artinya kamu masih terikat pada stereotipe ‘cantik’ dan ‘natural’ tertentu.

3. Sementara itu, coba kita pahami definisi natural dari Kamus Besar Bahasa Indonesia berikut ini

Menurut KBBI daring, natural artinya: (1) bersifat alam; alamiah; (2) bebas dari pengaruh; bukan buatan; asli; (3) dapat dipakai untuk warna apa saja (tentang semir dan sebagainya). Kita bisa menggarisbawahi ‘alamiah’ dan ‘asli’. Maka benar jika Agnez menjawab komentar tersebut seperti yang telah ditulis di atas. Kalau semuanya asli, mana yang disebut ‘tidak natural’?

4. Terlepas dari natural atau buatan atau apapun itu, setiap orang memiliki preferensi berbeda-beda dalam berpenampilan

Ada yang nyaman tanpa make up, dengan rambut menjuntai panjang, dan baju-baju monokrom. Ada yang suka tampil lebih dinamis dengan rambut pendek dan baju warna-warni serta bubuhan riasan tipis. Dan masih ada beratus-ratus preferensi lain, yang merupakan urusan masing-masing pribadi untuk memilihnya.

Yang lebih penting dari itu semua adalah memaknai preferensi berpenampilan. Kamu memilih yang terbaik menurutmu, yang membuatmu lebih percaya diri. Begitupun dengan preferensi orang lain. Selama ia merasa pilihannya baik dan tidak mengganggu kepentingan orang lain serta tidak melanggar norma, tak perlu memaksakan untuk berpenampilan begini atau begitu. Natural, misalnya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES