Agar Tetap Awet, Rawat Jeans Putihmu dengan Panduan Ini

pixabay.com

Jeans menjadi fashion item yang tidak lekang oleh waktu. Celana jeans baik aksen ripped, cut bray, skinny dan lainnya, tentu disukai banyak orang. Tua, muda, dewasa, dan anak-anak menyukai pakaian yang terbuat dari bahan ini.

Jeans dipilih karena bisa tahan lama. Selain itu, kamu bisa dengan mudah memadukan pakaian berbagai warna. Karena sifatnya yang kasual, jeans biasa dibuat berbagai jenis item. Sebut saja jaket, celana, rok, bahkan tas selempang.

Meskipun begitu, jeans berwarna putih perlu perhatian lebih daripada bahan berwana lain. Merawat jeans putih harus dilakukan dengan kehati-hatian agar noda tidak menempel dan berbekas. Penasaran bagaimana caranya supaya bisa tetap awet?

1. Gunakan cairan anti noda

pixabay.com

Warna netral seperti putih dan hitam memang mudah untuk dipadu padankan dengan fashion item lain. Jeans putih mulai dari baju, tas, hingga sepatu dalam hal perawatan memang tidak bisa sembarangan.

Mengandalkan jeans putih untuk pergi kencan dan dipakai ke acara formal sangat membantu dalam hal menjaga penampilan. Untuk membersihkan noda yang terlanjur ada di jeans putih, kamu bisa mencoba menggunakan cairan penghilang noda. Misalnya sabun khusus bahan denim atau sabun cair.

2. Pakai tangan

pixabay.com

Mencuci jeans ada baiknya menggunakan tangan. Apalagi jika itu adalah jeans putih. Untuk menghilangkan noda, mengucek dengan tangan lebih bisa menjaga bentuk dan elastisitas pakaian jeans.

Menghindari mesin cuci untuk pakaian jeans sangat membantu untuk menjaga warna dari bahan tersebut. Jeans sendiri merupakan jenis kain yang ditenun dengan serat katun. Sehingga, mudah bagi bahan ini kehilangan elastisitasnya.

3. Keringkan secara alami

pixabay.com

Penggunaan mesin cuci memang mempermudah pekerjaan. Untuk menjaga jeanas putih, kamu juga perlu menghindari penggunaan pengering otomatis dari mesin cuci.

Menggunakan dry clean memang mempercepat proses pengeringan pakaian. Selain simple, drying clean juga tidak membuat energi terkuras habis untuk memeras pakaian basah. Tapi ternyata, hal ini kurang baik untuk pakaian berbahan jeans. Teknik dry clean justru bisa membuat jeans menjadi cepat rapuh.

4. Jemur di tempat kering
pixabay.com

Menjaga jeans ternyata tidak bisa asal-asalan. Jeans putih perlu dijemur dengan sinar matahari tapi jangan langsung dibawah cahaya matahari langsung. Selain itu, celana jeans memiliki sifat raw denim. Sifat ini salah satunya membuat penyusutan pada pencucian jeans.

Kain berbahan jeans dibuat secara manual, mencucinya juga perlu tenaga dan metode manual. Mencuci dengan tangan akan menurunkan risiko rusaknya warna dan serat kain jeans.

5. Pisahkan pakaian
pixabay.com

Banyak orang biasa mencampurkan berbagai jenis baju dengan beragam warna dan bahan ketika mencuci dengan mesin. Ingat, pakaian jeans putih sangat mudah terkena lunturan warna dari pakaian lain jika salah mencuci.

Bahan ini juga biasanya mudah luntur dan merusak baju lain. Meskipun jeans putih, ada baiknya untuk mencuci secara mandiri dan terpisah saja agar warna tetap awet.

6. Jangan terlalu banyak sabun

pixabay.com

Mencuci sudah selazimnya menggunakan sabun dan deterjen. Zat yang dikandung memang bisa membersihkan noda, tapi bisa merusak kain. Maka dari itu, kalau jeans tidak terlalu kelihatan bernoda, lebih baik sabunnya tidak terlalu banyak agar elastisitas kain tetap bisa terjaga.

7. Beda berat, beda cara

pixabay.com

Bahan denim pada celana jeans terbuat dari berat bahan yang berbeda. Pada jeans, ukuran berat disebut oz. Jeans dengan berat di bawah 12 oz disebut light denim. Sedangkan berat di atas 16 oz disebut weight denim.

Berat ini juga menentukan bagaimana daya tahan jeansnya. Sehingga kamu tahu bagaimana merawatnya. Jeans yang biasanya beredar di pasaran ukuran sekitar 12-16 oz.

Semakin tebal bahannya, daya tahannya juga semakin bagus. Tentunya lebih baik untuk mengecek dan mencobanya terlebih dahulu untuk lebih memastikan.

Mencuci jeans putih memang susah susah gampang. Kamu bisa cek cara mencucinya dari petunjuk yang biasanya disematkan dalam area dalam.

Sebenarnya, pakaian jeans ada prosedur pengujian kain denim yang dilakukan di setiap pabrik garmen. Uji susut atau shrinkage test ini dilakukan untuk mengetahui tingkat penyusutan yang dimiliki oleh setiap kain. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Tak Boleh Asal, Ikuti Cara Kalibrasi Baterai Laptop Ini Agar Tak Salah Langkah | Keepo.me

Tak Boleh Asal, Ikuti Cara Kalibrasi Baterai Laptop Ini Agar Tak Salah Langkah | Keepo.me

Tanda Ini Menunjukkann Jika Kamu Jatuh Cinta pada Sahabat

Tanda Ini Menunjukkann Jika Kamu Jatuh Cinta pada Sahabat

11 Pilihan Makanan Kaleng Murah yang Tetap Kaya Akan Nutrisi | Keepo.me

11 Pilihan Makanan Kaleng Murah yang Tetap Kaya Akan Nutrisi | Keepo.me

ENTJ: Alasan Kenapa Kamu Masih Single sampai Sekarang

ENTJ: Alasan Kenapa Kamu Masih Single sampai Sekarang

Cara Isi ShopeePay yang Mudah, Biar Dapat Banyak Cashback! | Keepo.me

Cara Isi ShopeePay yang Mudah, Biar Dapat Banyak Cashback! | Keepo.me

Rapikan Kamar Girly-mu dengan Trik Ini Agar Tetap Bersih

Rapikan Kamar Girly-mu dengan Trik Ini Agar Tetap Bersih

loading