Agar Kejadian Via Vallen Tak Terulang, Cewek Perlu Lakukan Ini Supaya Terhindari dari Pelecehan Seksual

06 Juni 2018
|Robertus Ari
0SHARES

Beberapa hari ini lini masa media sosial diramaikan dengan kejadian penyanyi dangdut Via Vallen yang menghebohkan netizen. Wanita cantik asal Jawa Timur ini mengunggah story Instagram yang mengatakan bahwa dirinya dilecehkan oleh salah satu pesepak bola terkenal di Indonesia. Meski belum ada konfirmasi resmi dari pihak Via, harusnya kejadian seperti ini jangan sampai terulang lagi.

Itulah mengapa penting bagi cewek untuk belajar dari masalah ini dan tahu bagaimana menghindari pelecehan seksual agar kamu nggak jadi korban para cowok nakal di luar sana. Yuk, intip tipsnya dari Yukepo!

1. Kamu jangan mudah terjebak dengan rayuan gombal

Tak jarang kasus pelecehan seksual berawal dari rayuan gombal. Itulah mengapa penting bagi kamu untuk menyadari hal ini. Kamu jangan mudah tergoda, apalagi dengan orang yang belum lama kamu kenal dan benar-benar tidak tahu siapa dia atau latar belakangnya. Kamu harus berani menolak jika kamu merasakan ada sesuatu yang salah.

2. Kamu harus pintar menjaga dan membawa diri di lingkungan sosial

Ini cukup penting bagi kamu agar terhindari dari pelecehan seksual. Cara mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjaga sikap. Tunjukkan bahwa kamu ada cewek yang cukup dewasa dan pintar. Sehingga dengan begini orang lain akan menilai bahwa kamu bukan seorang cewek yang ‘gampangan’.

3. Jangan suka memakai busana yang terlalu sembrono

Faktanya, beberapa orang terkadang memiliki pikiran yang cukup ‘kotor’. Melihat cewek memakai pakai sedikit terbuka saja, pikirannya sudah mengarah ke hal yang negatif. Memang yang salah bukan pakaiannya, tapi mungkin pikiran orang yang melihatnya. Tapi meski begitu, tetap saja kamu harus bisa berbusana sewajarnya. Jangan terlalu sembrono atau terbuka. Penting juga kalau kamu bisa menyesuaikan gaya busana dengan lingkungan kamu berada.

4. Kamu harus selalu memperhatikan norma kesusilaan

Norma-norma kesusilaan harus dijunjung tinggi dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini tidak hanya berlaku bagi cewek saja, melainkan cowok juga harus melakukan hal yang sama. Sebab, dari sinilah kita bisa menghindari masalah-masalah yang terkait dengan pelecehan seksual. Kalau semua orang bisa memahami dan menyadari nilai kemanusiaan, kehidupan sosial, dan seterusnya, masalah seperti ini mungkin saja akan berkurang.

5. Tunjukkan bahwa kamu adalah seorang ‘lady’ atau wanita terhormat

Apa yang dimaksud dengan ‘lady’ atau wanita terhormat? Ini adalah gambaran bagi cewek yang memiliki martabat, punya harga diri, dan bijaksana. Kamu harus bisa berpikir panjang dalam mengambil keputusan maupun bersikap. Karena kamu adalah cewek cerdas yang sudah sepatutnya diperlakukan secara pantas. Kalau kamu bisa menunjukkan hal ini, mungkin orang lain akan berpikir ulang jika ingin macam-macam sama kamu.

6. Apa yang perlu kamu lakukan jika alami korban pelecehan seksual?

Lalu bagaimana kalau sudah melakukan hal-hal tadi tapi kamu tetap mengalami pelecehan seksual? Pertama yang kamu lakukan adalah berpikir dengan kepala dingin, mulai mengatur strategi, dan solusi cerdas serta bijak untuk menyikapi hal tersebut. Dengan begini kamu akan tahu langkah apa yang paling tepat untuk diambil ke depannya.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu coba agar terhindari dari pelecehan seksual. Kamu harus hati-hati dan pintar menjaga diri karena pelecehan seksual bisa mengancam siapa saja, tak peduli artis atau orang biasa. Jika perlu, tak ada salahnya juga kamu belajar boxing, bela diri, dan sejenisnya. Agar kalau ada apa-apa, kamu bisa membela diri dan bikin cowok pada kabur!

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
0SHARES