Ada Suku yang Penduduknya Nggak Jerawatan? Cek 5 Mitos dan Fakta Jerawat Ini

06 Juli 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Jerawat bisa jadi salah satu hal yang menyebalkan, karena jerawat bisa bikin kita tampil nggak percaya diri. Seringnya jerawat nggak muncul sendirian, tapi juga rame-rame dengan jerawat yang lain. Beberapa orang juga ada yang memiliki kulit yang sensitif sehingga mudah jerawatan. Biar kamu bisa memilih perawatan yang tepat, ketahui dulu nih mitos dan fakta tentang jerawat berikut ini.

1. Makan cokelat dan gorengan bisa memicu jerawat - MITOS

Mungkin pernyataan ini seringkali dianggap fakta ya, padahal ini hanya mitos lho! Nah, kamu boleh lega karena faktanya, memang bukanlah makanan seperti cokelat dan gorengan yang menyebabkan jerawat. Sebenarnya belum ada penelitian yang membuktikan bahwa ada makanan yang bisa memicu jerawat. Tapi bukan berarti kamu bebas mengonsumsi makanan tersebut dalam jumlah yang nggak terbatas ya. Konsumsi makanan sehat akan membantu kulitmu untuk tetap sehat, seperti buah dan sayuran. Karena kedua makanan tersebut mengandung kadar air yang cukup untuk membuat kulitmu lembab.

2. Semua orang pasti pernah punya jerawat - MITOS

Kamu boleh iri dengan beberapa orang di dunia yang bebas jerawat. Yap! Adalah 1200 orang populasi kepulauan Kitavan di Papua Nugini yang dilaporkan nggak ada yang punya jerawat sama sekali! Hal ini juga sama dengan kasus yang ada di suku Aché di Paraguay. Para peneliti menduga hal ini terjadi karena pola makan dan makanan yang mereka konsumsi itu nggak mengandung banyak gula dan juga nggak mengonsumsi makanan yang diolah pabrikan. Jadi, mitos ya kalau semua orang pasti pernah punya jerawat.

3. Semua jerawat itu sama bentuk dan jenisnya - MITOS

Mitos lagi nih, karena faktanya ada 6 jenis jerawat yang tentunya berbeda-beda bentuknya. Blackheads dan whiteheads adalah jewarat kecil yang umumnya disebabkan oleh minyak berlebih, sel kulit mati, dan bakteri yang menutup pori-pori kulit. Papules dan pustules adalah jerawat yang lebih besar, di mana papules merupakan jerawat yang terasa empuk seperti daging saat kamu sentuh, sedangkan pustules adalah jerawat yang tampak putih atau kuning di atasnya namun kemerahan di bagian bawah. Ada juga nodules dan cysts yaitu jerawat yang terletak di kulit bagian dalam dan harus ditangani oleh dokter spesialis kulit. Jerawat jenis ini biasanya sangat besar, menyakitkan, dan padat. Bahkan jenis cysts biasanya mengandung nanah.

4. Kulit yang jerawatan itu adalah faktor keturunan - FAKTA

Beberapa penelitian membuktikan bahwa 80% kasus jerawat disebabkan oleh faktor keturunan. Tapi sebenarnya, ada banyak faktor penyebab jerawat. Ada yang berjerawat dikarenakan faktor keturunan, hormonal, dan lingkungan. Faktor-faktor tersebut juga berperan menentukan seberapa parah jerawat yang kamu alami. Setiap orang memiliki kelenjar minyak dan tipe kulit yang berbeda-beda. Tapi yang pasti, banyak pemicu jerawat yang selama ini kita abaikan seperti layar ponsel yang kotor, sarung bantal, stres, pola makan yang salah, dan sebagainya.

5. Kita nggak boleh memencet jerawat – FAKTA

Yap! Kita nggak boleh memencet jerawat dengan maksud mengeluarkan isi jerawat kita agar nggak menonjol lagi. Memang sih pasti kita tergoda untuk mencet-mencetin jerawat yang mencuat keluar yang bikin kita nggak pede. Memencet jerawat hanya akan membuat kulit kita rusak dan berpotensi untuk meninggalkan bekas luka permanen pada kulit. Bekas jerawat lebih sulit dihilangkan daripada jerawatnya itu sendiri lho. Lebih baik lakukan perawatan pada kulit dengan mengoleskan salicylic acid yang membiarkan jerawat kering dan membantu menurunkan inflamasi. Jerawat masih membandel? Kamu butuh ke dokter spesialis kulit tuh!

Memiliki jerawat merupakan hal yang wajar banget dialami. Kalau jerawat udah dirasa mengganggu dan susah dihilangkan, kamu harus segera cek ke dokter. Penting juga untuk hidup sehat agar kulit tetap bersih dan terjaga. Jangan lupa makan makanan yang bergizi dan berolahraga ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES