Ada Berbagai Macam Fobia yang Pernah Ada, Termasuk 20 Fobia Film Horor Ini!

08 April 2017
|Olphi Disya
Life
0SHARES

Apa yang pertama hadir di kepalamu ketika mendengar kata fobia? Ketakutan? Ataukah sebuah gangguan psikologis? Yap, fobia itu adalah ketakutan berlebihan dan irasional terhadap sesuatu. Fobia juga termasuk salah satu gangguan kecemasan. Orang yang fobia bukan hanya takut ketika dihadapkan pada stimulus yang menakutkan, tapi juga bisa takut banget bahkan hanya sekedar membayangkannya.

Sekarang ini banyak film horror yang menyajikan berbagai macam kejadian yang membuat kita mengasosiasikan hal biasa menjadi hal yang menakutkan. Contohnya, tadinya sih kita biasa aja kalau melihat boneka, tapi semenjak nonton film horror kita jadi takut banget sama boneka. Ternyata ada banyak jenis-jenis fobia dan diperkirakan ada 100 lebih fobia yang masuk klasifikasi. Beberapa di antaranya adalah fobia yang sering disebabkan oleh film horror, misalnya sebagai berikut:

1. Wiccaphobia

Ini adalah ketakutan terhadap penyihir. Tapi kalau penyihirnya secantik Emma Watson nggak takut dong?

2. Kinemortophobia

Karena sekarang banyak tayangan yang menyajikan tentang zombie atau mayat hidup, bukan nggak mungkin ada yang fobia dengan zombie nih.

4. Ailurophobia

Kamu takut sama kucing hitam lewat di depan kamu atau kucing apapun? Nah, bisa jadi kamu mengalami fobia ini nih.

5. Coulrophobia

Ternyata banyak orang yang takut sama badut! Dan dinamakanlah coulrophobia sebagai sebutannya.

6. Pediophobia

Ingat boneka Chucky atau Anabelle? Pediophobia adalah takut berlebihan akan boneka.

7. Nyctophobia

Fobia ini umum dialami banyak orang yaitu takut terhadap gelap.

8. Necrophobia

Terkadang melihat sekilas mayat atau tubuh orang yang udah mati bisa bikin kita merinding. Nah, necrophobia adalah takut berlebihan terhadap mayat.

9. Aichmophobia

Takut sama benda tajam seperti pisau, pedang, jarum suntik, paku atau alat-alat yang runcing? Bisa jadi kamu mengalami fobia ini.

10. Teratophobia

Sejak film tentang monster ramai bermunculan, sekarang justru ada sebutan untuk orang yang takut banget sama monster yaitu teratophobia.

11. Sanguivoriphobia

Masih terkait dengan banyaknya tayangan yang menghadirkan sosok vampir, ternyata ada lho orang yang takut akan vampir beneran.

12. Taphephobia

Gimana rasanya dikubur hidup-hidup? Orang yang mengidap fobia ini nggak hanya takut membayangkan dikubur hidup-hidup, melihat kuburan dan nisan aja udah takut banget.

13. Domatophobia

Takut sama rumah? Kalau dikombinasikan dengan phasmophobia bisa jadi kamu takut banget sama rumah yang berhantu.

14. Clinophobia

Siap-siap punya mata panda kalau mengalami fobia ini, karena clinophobia adalah ketakutan saat kamu akan pergi tidur.

15. Arachnophobia

Mungkin ini udah nggak asing lagi. Ketakutan yang berlebihan terhadap laba-laba. Biasanya ditampilkan di film horror-komedi.

16. Chiroptophobia

Takut sama kelelawar! Jangan coba-coba masuk ke gua ya!

17. Selenophobia

Kalau serigala melolong saat bulan purnama, justru orang yang fobia ini takut banget sama bulan purnama.

18. Lupophobia

Takut sama monster serigala! Bisa jadi ada kaitannya dengan selenophobia nih.

19. Astrophobia

Gara-gara film science fiction (sci-fi) jadi banyak orang yang justru takut banget sama luar angkasa!

20. Alienophobia

Udah bisa ketebak dong dari namanya? Yap, apalagi kalau bukan takut berlebihan terhadap alien.

Jadi, mana nih yang udah kamu dengar sebelumnya dan mana yang sama sekali baru kamu ketahui? Kalau kamu udah menyadari apakah kamu memiliki fobia terhadap sesuatu atau nggak, kamu bisa langsung konsultasikan ke psikolog atau konselor kalau fobia kamu udah mengganggu banget. Kalau dirasa hidup kamu jadi nggak beres karena mengalami fobia di atas, sebaiknya kamu ikut sesi konseling dan terapi ke psikolog terdekat agar kamu nggak takut-takut yang berlebihan lagi. Yakin deh, kamu akan jauh lebih bahagia tanpa fobia!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES