Ada-ada Aja! Inilah 13 Barang Antik Hasil Buatan Tangan Warga Tiongkok

09 April 2017
|Olphi Disya
Life
0SHARES

Udah bukan rahasia lagi kalau negeri tirai bambu merupakan orang-orang kreatif yang penuh dengan ide brilian. Nggak hanya terkenal dengan produksi barang tiruan, warga Tiongkok juga mampu menghasilkan sesuatu yang keren buatan tangan lho! Di era kemajuan teknologi seperti sekarang ini, warga Tiongkok justru memanfaatkannya untuk kebutuhan hidup sehari-hari yang mungkin nggak pernah terpikirkan oleh kita. Ada yang menciptakan alat transportasi baru sampai ada juga alat-alat sederhana yang bisa memudahkan kita beraktivitas.

Nggak hanya keren, barang antik buatan tangan warga Tiongkok ini inspiratif banget tapi juga bermanfaat bagi kita yang senang sama kemudahan. Menurutmu, dari 15 barang antik di bawah ini mana yang paling keren?

1. Koper motor

He Liang menghabiskan waktu sekitar 10 tahun untuk menciptakan koper dengan mesin motor. Mungkin maksudnya agar orang yang mau bepergian bisa dengan mudah membawa koper ya? Jangan salah, meskipun buatan tangan tapi kecepatan koper motor ini mencapai 19 km/jam. Dan bisa digunakan hingga 50 kilometer dalam sekali charge!

2. Kapal selam

Seorang petani menghabiskan waktu sekitar 5 bulan untuk menciptakan kapal selam yang digunakannya untuk menyelam dalam danau di sekitar rumahnya di kawasan Dangjiangkou, Hubei. Kapal selam ini bisa mencapai hingga 9 meter di bawah permukaan air lho!

3. Traktor sapu

Jalanan yang berdebu seringkali membuat kita merasa nggak nyaman berada di jalan raya. Melihat hal itu, seorang warga di Mohe, Heilongjiang menciptakan traktor dengan tambahan 12 sapu yang berputar di belakang untuk membersihkan jalan. Wah, praktis dan cepat!

4. Sepeda air

Mungkin terdengar nggak mungkin ada sepeda yang bisa dipakai di permukaan air. Tapi Liu Wanyong mampu membuat kreasi sepeda yang mengapung di atas permukaan air dengan bantuan pipa plastik. Sepeda dijadikan alat penggerak bagi kendaraan tersebut. Kreatif abis!

5. Mobil kayu

Kalau selama ini kayu hanya bisa dibikin mobil-mobilan atau miniatur mobil, Liu Fulong justru mewujudkannya jadi mobil beneran. Mobil ini terbuat dari kayu yang ditambahkan dengan mesin mobil. Tentu ini buatan tangannya sendiri dan kecepatan mobil ini bisa mencapai 32 km/jam yang mana cukup cepat untuk mobil buatan tangan ini.

6. Sepeda roda satu

Bukan hanya di pertunjukkan sirkus aja yang ada sepeda roda satu. Pada tahun 2004, Li Yongli berhasil membuat sepeda roda satu yang dikenal sebagai “kendaraan nomor satu di dunia”. Sepeda ini dibuatnya untuk bisa dikendarai oleh siapapun, jadi nggak perlu takut jatuh karena nggak seimbang. Lihat aja tuh rodanya gede banget!

7. Helikopter mini

Seorang pria berusia 55 tahun bernama Tian Shengying menciptakan helikopter berukuran kecil yang hanya bisa muat satu orang yang juga menjadi pengemudi helikopter. Helikopter ini diciptakan di Shenyang, Liaoning pada Septermber 2012 lalu.

8. Pesawat terbang sederhana

Masih seputar transportasi udara dan di daerah yang sama yaitu Shenyang, seorang mekanis bernama Ding Shilu menciptakan pesawat terbang sederhana di tahun 2011 yang diujicobakan di atas permukaan danau yang membeku. Siapa yang mau ikutan terbang bareng?

9. Sepeda air

Kayaknya sepeda air lagi nge-trend banget ya di Tiongkok? Lei Zhiqian juga membuat sepeda air yang membantunya untuk bisa ke sana ke mari melalui sungai Yangtze pada tahun 2010 di kawasan Wuhan, Hubei. Coba perhatiin, bedanya apa sama sepeda air sebelumnya?

10. Pesawat terbang sederhana

Makin banyak aja nih warga Tiongkok yang menciptakan alat transportasi hasil buatan tangan sendiri. Seperti petani yang bernama Shu Mansheng ini yang menciptakan pesawat terbang sederhana dan mengujicoba buatannya ini di daerah Wuhan, Hubei. Semoga berhasil ya pak!

11. Robot penarik

Kerja seharian di ladang pasti capek banget. Berkat bantuan robot penarik yang diciptakan oleh petani Wu Yulu ini pastilah banyak petani yang terbantu karena robot ini bisa berjalan sekaligus menarik gerobak. Tampilannya juga lucu banget ya!

12. Kapal selam

Kayaknya kebutuhan warga Tiongkok akan moda transportasi air makin meningkat nih. Buktinya ada lagi yang membuat kapal selam yang diujicobakan di danau sekitar Beijing pada tahun 2009. Tao Xiangli yang adalah sang pencipta kayaknya yakin banget kapal selamnya berhasil!

13. Mobil balap

Pada tahun 2006 lalu, Zhao Xiuguo menyetir mobil balap ala Formula One (F1) yang dibuatnya sendiri di Tangshan, Hebei. Tapi kecepatannya setara sama mobil F1 nggak ya?

Ternyata warga Tiongkok nggak hanya kreatif tapi juga inovatif banget ya. Kita nggak tahu mungkin kalau produk-produk keren buatan tangan warga Tiongkok ini dimutakhirkan akan bermanfaat banget buat orang banyak ya. Mana nih yang jadi inspirasi kamu?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES