9 Skill yang Perlu Kamu Kuasai Sebelum Meninggalkan Usia 20an

unsplash.com

Apakah kamu termasuk anak-anak 90an yang sekarang sudah mulai memasuki usia 20an bahkan hampir 30. Tentunya, kamu sudah mulai merasakan yang namanya kegalauan hidup dan berbagai masalah yang sepertinya tiada habisnya. Apalagi kalau sudah ditanya masalah karir dan jodoh, duh miris terkadang. Tenang deh, fokus aja ke dirimu sendiri dan coba kuasai beberapa skill kehidupan berikut yang bisa membuatmu berterimakasih pada dirimu sendiri saat menginjak usia 30.

 

1. Kemampuan mengelola keuangan pribadi

unsplash.com

Wajib nih, biasanya sih saat pertama kali bekerja dan dapat gaji rasanya kamu ingin mentraktir orang rumah dan teman-teman atau bahkan belanja barang yang selama ini kamu impikan. Hati-hati, semakin tua semakin banyak hal yang harus kamu pikirkan. Jangan hanya sekadar bertahan hidup apalagi foya-foya, coba tabung dan investasikan penghasilan kamu ke sesuatu yang lebih berguna. Contohnya kredit rumah, nabung, beralih ke makanan yang lebih sehat. Dengar dan baca banyak petuah tentang pengelolaan keuangan dan terapkan yang pas buatmu.

2. Cara menolak yang elegan

unsplash.com

Semakin bertambah usia, kamu juga harus bisa bikin prioritas. Nggak semua ajakan main bareng teman kamu iyakan. Ini juga berlaku untuk atasan, orang tua, juga pasangan kamu. Tetapkan prinsipmu dan berani katakan tidak secara elegan ke mereka kalau memang itu nggak sesuai dengan apa yang kamu percaya dan inginkan.

 

3. Berpikir kreatif

unsplash.com

Kalau kamu terbiasa untuk bilang “idem” dan ikut apa saja kata orangtua atau teman kamu. Mulai sekarang kamu harus berlatih untuk berpikir sendiri. Pelajari hal-hal baru yang sebelumnya belum kamu ketahui. kalau sudah merasa mampu cobalah hidup sendiri, kamu akan otomatis dituntut berpikir kreatif dan efisien.

 

4. Basa-basi yang produktif

unsplash.com

Ketika sudah dewasa kita biasanya akan kehilangan banyak teman. Jangan sedih, coba ngobrol dan cari teman baru di mana saja. Nggak perlu yang serius, obrolan santai ala basa-basi boleh juga. Lumayan lho siapa tahu kamu menemukan ide dan pengetahuan tak terduga dari obrolan tersebut.

5. Menepati janji
unsplash.com

Kamu tipe orang yang sering lupa sama janjimu? Kurang-kurangi deh, soalnya nyebelin banget. Mungkin di masa lalu itu cuma merugikan orang lain, tetapi nggak punya efek langsung ke kamu. Makanya kamu nggak merasa terlalu bersalah apalagi menyesal. Hati-hati, karma selalu datang lho ! Pada akhirnya kamu akan merasakan kalau suka ingkar janji dampak buruknya akan kembali ke kamu juga, apalagi di lingkungan profesional, ketepatan waktu sangat diperhitungkan.

6. Berhenti membandingkan hidupmu dengan orang lain
unsplash.com

Nggak ada habisnya, yang ada kamu lelah dan kehabisan waktu karena sibuk sirik dengan kehidupan teman kamu yang sepertinya indah di media sosial. Fokuslah pada dirimu sendiri dan lakukan apa yang ada di depanmu. Ganti rasa irimu dengan terinspirasi. Jangan fokus ke kesuksesan mereka tapi lihat perjuangan dan jerih payah yang mereka lakukan.

 

7. Masak makanan yang enak

unsplash.com

Bukan buat suami/istri atau anak kamu nanti. Buat kamu sendiri aja. Berhasil masak makanan yang enak bisa membuat mood kamu naik drastis lho ! Selain itu pengeluaranmu akan terpangkas banyak dengan masak sendiri di rumah.

8. Cek kondisi kesehatan secara rutin

unsplash.com

Kalau kamu merasa sibuk dan nggak sempat cek kesehatan, kamu salah. Sebab kamu bisa lho melakukannya saat mandi atau sebelum tidur. Cek apakah kantung matamu makin menghitam, apakah ada bagian tubuh yang sering pegal. Kemudian cari tahu langkah untuk mengembalikan stamina kamu.

 

9. Gaya hidup sehat

id.pinterest.com

Alasan sibuk itu udah nggak berlaku. Semua tergantung prioritas kamu saja. Kamu bisa menyempatkan olahraga seminggu sekali selama sejam. Jika malas, cobalah lebih banyak bergerak di kantor. Hidup sehat juga bisa kamu atur lewat makanan. Tetapkan makanan apa yang harus kamu kurangi dan apa yang harus kamu konsumsi lebih banyak.

Millennials, apa saja yang sudah kamu lakukan dan capai di usia 20an ini ? Mumpung masih muda coba kuasai skill-skill yang berfaedah di atas supaya kamu nggak menyesal di kemudian hari.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
10 Editan Cover Album Para Musisi Ini Cocok Jadi ‘Behind The Scene’. Kreativitas Tanpa Batas!

10 Editan Cover Album Para Musisi Ini Cocok Jadi ‘Behind The Scene’. Kreativitas Tanpa Batas!

10 Faedah Tersembunyi di Balik Botol Plastik Bekas. Jangan Asal Buang Dulu!

10 Faedah Tersembunyi di Balik Botol Plastik Bekas. Jangan Asal Buang Dulu!

Meski Nggak Berpengalaman Kerja, 7 Hal Ini Bisa Bikin CV Kamu Dilirik Calon Bos

Meski Nggak Berpengalaman Kerja, 7 Hal Ini Bisa Bikin CV Kamu Dilirik Calon Bos

6 Alasan Cewek Mungil Adalah Pacar yang Tak Boleh Disia-siakan. Bikin Cowok Makin Sayang

6 Alasan Cewek Mungil Adalah Pacar yang Tak Boleh Disia-siakan. Bikin Cowok Makin Sayang

Gagal Tes Masuk Kuliah Bukan Akhir Segalanya. Ini Solusi Biar Hati Tenang

Gagal Tes Masuk Kuliah Bukan Akhir Segalanya. Ini Solusi Biar Hati Tenang

Keren! Kakek Ini Buat Lukisan Berbagai Macam Film Populer di Permukaan Popcorn

Keren! Kakek Ini Buat Lukisan Berbagai Macam Film Populer di Permukaan Popcorn

loading