9 Presiden Amerika yang Memiliki Keterbatasan Ini Buktikan Bahwa Mereka Mampu Jadi Pemimpin

10 Maret 2017
|Ani Nur Cholifah
Life
0SHARES

Keterbelakangan fisik atau psikis mengakibatkan seseorang berbeda seperti orang pada umumnya. Namun, hal tersebut bukan halangan besar untuk bisa menjalani kehidupan dan meraih cita-cita. Termasuk menjadi seorang pemimpin negara, berikut ini para Presiden Amerika yang sukses melawan keterbatasan yang mereka miliki. Yuk kepoin, siapa aja orang hebat nomor 1 Amerika Serikat yang dimaksud!

1. George Washington

Presiden Amerika pertama ini lahir pada tanggal 22 Februari 1732, beliau menjabat menjadi presiden sejak 1789-1797. George Washington ini diduga mengidap learning disability yaitu disleksia. Namun beliau berhasil mengalahkan keterbatasannya ini dan menjadi pemimpin negara yang hebat setelah menjadi komandan pada Angkatan Darat Kontinental selama terjadi perang Revolusi Amerika.

2. Thomas Jefferson

Thomas Jefferson juga mengidap disleksia dan gagap tapi dia hobi membaca. Beliau adalah presiden ketiga Amerika Serikat dengan masa jabatan yang berlangsung pada tahun 1801-1809. Keterbelakangan psikisnya ini bukan halangan baginya untuk dapat memberikan yang terbaik untuk negara. Selain itu pria kelahiran Virginia 13 April 1743 ini merupakan pendiri Universitas Virginia.

3. James Madison

James Madison menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat selanjutnya pada tahun 1809 hingga 1817. Presiden ke empat yang juga mendapat julukan Bapak Konstitusi ini diprediksi mengidap penyakit epilepsi. Saat itu memang negara ini sedang terkena wabah penyakit yang mengakibatkan seseorang memiliki kelainan jiwa.

4. Abraham Lincoln

Presiden ke-16 yang resmi menjabat pada tanggal sejak 4 Maret 1861 ini juga diduga memiliki kelainan berupa Sindrom Marfan yang mengakibatkan beliau sering merasakan sakit kepala yang dahsyat. Namun, beliau berjuang untuk melawan penyakitnya dan buktikan bahwa dia juga bisa menjalani kehidupannya secara normal. Beliau aktif menjadi anggota DPR dan jadi pemimpin negara.

5. Theodore Roosevelt

Presiden ke-26 ini buktikan penyakit rabun jauh dan asma bronkial bukan halangan baginya. Presiden yang lahir pada tanggal 6 Januari 1919 mengidap penyakit ini sudah sejak beliau kecil. Namun, itu tidak mematahkan semangatnya untuk menjadi pemimpin negara selama masa perang Spanyol-Amerika. 

6. Woodrow Wilson

Penyakit disleksia yang dialami oleh Presiden Amerika Serikat ke-28 (tahun 1913-1921) ini, awalnya membuat Wilson tidak bisa membaca meskipun usianya sudah 10 tahun. Namun, ayahnya justru mengajarkannya tentang ilmu debat. Penyakitnya ini bisa dia atasi dan dia bisa jadi pemimpin negara yang hebat. Bukan hanya menjadi pemimpin negara beliau juga menjadi Presiden Princeton University. Pria kelahiran tahun 1856 ini juga pernah mendapatkan Hadiah Nobel Perdamaian tahun 1919 saat dirinya mengalami stroke pada sebagian tubuhnya.

7. Dwight D. Eisenhower

Presiden ke-34 yang lahir pada tanggal 14 Oktober 1890 ini diprediksi memiliki beberapa macam bentuk disleksia dan membuktikan bahwa dia mampu menjadi orang hebat. Selain menjadi presiden, beliau pernah menjadi panglima tertinggi sekutu di Eropa dan berpangkat jendral bintang lima, bukan hanya itu beliau juga menjadi presiden di Columbia University. 

8. John F. Kennedy

Presiden ke-35 dengan masa kepresidenan mulai 20 Januari 1961 - 22 November 1963 ini mengalami disleksia dan penyakit punggung kronis. Namun, di balik itu semua JFK ini dianugerahi kelebihan luar biasa. Sebelum menjadi senat JFK bertugas dalam Angkatan Laut selama Perang Dunia II kemudian bertugas di DPR dan Senat.

9. William Jefferson Clinton

Kelainan fisik yang dialami oleh presiden ke-42 ini adalah masalah pada pendengarannya dengan frekuensi yang cukup tinggi. Namun pria kelahiran Arkansas, 19 Agustus 1946 ini tidak terlalu mempermasalahkan hal tersebut. Justru beliau bisa menjadi presiden selama dua periode, yaitu mulai dari 1993-2001 dan 1993-2001.

Menjadi hebat tidak selalu harus dilakukan oleh orang yang memiliki fisik sempurna. Contohnya adalah 9 Presiden Amerika di atas. Justru seseorang yang memiliki keterbatasan fisik dan bisa berprestasi hebat itu lebih mengagumkan. Percayalah, Tuhan menciptakan sesuatu dengan makna yang indah tanpa kita tahu.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
0SHARES