9 Kegiatan Berfaedah yang Bisa Dilakukan di Waktu Senggang

unsplash.com

Saat sedang sibuk-sibuknya, mungkin banyak orang yang akan merasa waktu sangat cepat berlalu dan pengennya jumlah hari lebih dari 7 hari seminggu. Di sisi lain, ternyata ada saja waktu luang yang biasanya kita temukan di sela-sela aktivitas sehari-hari kita.

Ada masanya kita merasa bosan dan bahkan bingung mau ngapain. Hal ini membuktikan bahwa sebenarnya waktu 7 hari seminggu sebenarnya sudah cukup, tinggal bagaimana kita memanfaatkannya.

Waktu senggang yang kamu miliki sebaiknya tidak diisi dengan kegiatan hura-hura, melainkan dengan kegiatan yang bisa membuat hidupmu bermanfaat. Berikut ini ada beberapa referensi hal menarik dan bermanfaat yang bisa kamu lakukan di waktu senggang.

1. Terlibat di kegiatan amal

unsplash.com

Di sekeliling kita, masih sangat banyak orang yang tidak mampu dan serba kekurangan. Kamu bisa mengisi waktu luangmu dengan mengikuti kegiatan-kegiatan amal yang dilaksanakan oleh organisasi kemanusiaan.

Carilah organisasi yang dekat dengan lingkungan tempat tinggalmu. Jika punya banyak waktu, kamu bisa mendaftarkan diri sebagai relawan atau terlibat pada program tertentu saja. Kontribusi yang kamu beri  bisa disesuaikan kemampuanmu. Sekecil apapun itu, akan bermanfaat bagi mereka yang tidak mampu.

2. Membaca buku

unsplash.com

Buku adalah jendela dunia. Mengisi waktu senggang dengan membaca buku yang kamu suka adalah kegiatan yang baik untuk menambah wawasan kamu.

Mungkin kamu punya sejumlah koleksi yang belum sempat kamu baca, kamu bisa membacanya di waktu senggang. Kamu juga bisa mengunjungi perpustakaan dan taman baca di sekitar tempat tinggalmu untuk menelan bacaan yang ada di sana.

3. Membuat kerajinan tangan

unsplash.com

Bagi yang memiliki keterampilan tangan yang baik, kamu bisa mengisi waktu luang dengan membuat kerajinan tangan. Tak perlu merogoh kocek yang dalam untuk kegiatan yang satu ini. Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan bekas yang tidak terpakai di rumah kamu untuk menyulapnya menjadi benda yang bisa kamu gunakan.

Jangan khawatir kehabisan ide! Karena ada banyak inspirasi dan tutorial yang bisa kamu nonton di Youtube, Instagram video atau media lainnya untuk membuat hasil kerajinan tangan yang unik dan bermanfaat.

4. Bereksperimen di dapur
unsplash.com

Bagi yang tertarik dengan kegiatan masak memasak, kamu bisa mengisi waktu senggang dengan bereksperimen di dapur. Mungkin kamu sudah menyimpan sejumlah resep masakan yang kamu suka, maka saatnya kamu mempraktikkannya di waktu senggang.

5. Traveling
unsplash.com

Traveling bisa menjadi pilihan kegiatan bermanfaat yang bisa kamu kerjakan di waktu luang. Memiliki daftar sejumlah lokasi yang ingin dikunjungi? kamu bisa merencanakan perjalananmu untuk mengisi waktu luang.

Jika waktu luangmu terbatas, pilihlah lokasi yang terdekat dari tempat tinggalmu. Usahakan kamu tidak kehabisan banyak waktu dan tenaga agar kamu bisa siap untuk kembali bekerja. Traveling dapat bermanfaat membuka pikiran tentang kehidupan. Selain mengutip sejumlah foto, buatlah jurnal perjalanan dan catatlah apa saja hal menarik yang kamu temui di sepanjang perjalanan.

6. Menata rambut sendiri

unsplash.com

Bosan dengan gaya rambutmu yang sekarang? Ingin menatanya agar lebih fresh? Nggak perlu ke salon, di waktu senggang kamu bisa menata rambut kamu sendiri. Kamu bisa mewarnai dan mempercantik rambutmu dengan kepang dan sanggul yang menarik.

Untuk kegiatan ini, kamu bisa meniru gaya selebriti dengan mengintip akun social media mereka. Sebaiknya hindari menggunting rambut di bagian yang sulit dijangkau ya. Jangan sampai rambutmu malah menjadi rusak karena kesembronoanmu ini.

7. Eksperimen dalam ber-makeup

unsplash.com

Selain mengubah tatanan rambut, kamu juga bisa melakukan makeup hack dan eksperimen di waktu senggang. Ada sejumlah tutorial makeup yang bisa kamu intip dan bisa langsung dipraktikkan. Kamu bisa mencoba-coba banyak trik di sini. Kalau gagal, bisa dicoba lagi minggu depan!

8. Mendekorasi ulang kamar tidur

unsplash.com

Kamu bisa melakukan dekorasi ulang kamar dengan mengubah tata letak barang-barang yang ada di sana. Hal ini tidak membutuhkan biaya yang besar, kamu cukup memindah-mindahkan posisi tempat tidur, rak buku, lemari, meja kerja dan furniture lainnya ke tempat yang berbeda.

Kalau punya waktu yang cukup, kamu juga bisa mengecat kamarmu dengan warna yang lebih segar. Kegiatan ini tidak hanya menciptakan suasana baru, melainkan juga membantumu menyortir barang-barang lama yang sudah tidak terpakai lagi.

9. Membersihkan rumah
unsplash.com

Kegiatan yang nggak kalah bermanfaat untuk mengisi waktu senggang kamu adalah membersihkan rumah. Meskipun punya asisten rumah tangga, tidak ada salahnya di waktu senggang kamu melakukan kegiatan bersih-bersih rumah yang mungkin tidak dikerjakan setiap hari.

Kamu bisa memulai dari hal yang sederhana, kok. Seperti memotong rumput di halaman rumah, membersihkan sudut rumah dari sarang laba-laba, membersihkan lumut di dinding rumah yang lembab dan masih banyak lainnya.

Daripada melakukan hal yang nggak berfaedah, praktikkan saja kegiatan sederhana di atas. Tidak hanya untuk mengusir rasa bosan, kegiatan ini juga bisa memberikan manfaat untuk dirimu dan orang di sekitarmu!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Pertanyaan Menyebalkan yang Kerap Muncul Saat Kumpul Keluarga Besar

Pertanyaan Menyebalkan yang Kerap Muncul Saat Kumpul Keluarga Besar

Trik Mudah Bergaul dengan Keluarga Besar Saat Lebaran untuk Si Introvert

Trik Mudah Bergaul dengan Keluarga Besar Saat Lebaran untuk Si Introvert

7 Cara Terbaik Agar Tetap Nyaman dengan Diri Sendiri

7 Cara Terbaik Agar Tetap Nyaman dengan Diri Sendiri

8 Hal Mengganggu yang Akan Muncul Jelang Hari Pernikahan

8 Hal Mengganggu yang Akan Muncul Jelang Hari Pernikahan

Langkah Tepat Menolong Orang yang Kondisinya Belum Pernah Kita Alami

Langkah Tepat Menolong Orang yang Kondisinya Belum Pernah Kita Alami

Tips Simpel Mengusir Bad Mood Saat Menunaikan Ibadah Puasa

Tips Simpel Mengusir Bad Mood Saat Menunaikan Ibadah Puasa

loading