9 Hacks untuk Merawat Sepatu Putih Biar Nggak Kucel dan Buluk

pixabay.com

Penggemar tampilan casual tentunya pasti punya banyak sepatu putih berbagai merek. Sepatu putih memang cocok dipadukan dengan berbagai gaya berpakaian dan selalu cocok dibawa ke berbagai acara.

Saking sayangnya dengan sepatu putih, banyak orang yang nggak tega memakainya. Bahkan saking tak ingin membuat sepatu putih ini terlihat kotor, kusam dan kumuh, banyak orang yang jarang memakainya. Padahal kalau tidak dibeli, memangnya sepatu itu diapain lagi?

Daripada khawatir, ada baiknya simak artikel berikut untuk merawat sepatu putih. Sepatu kesayanganmu nggak bakal buluk dan tetap terawat! Check this out, guys!

1. Jangan tunggu besok

pixabay.com

Sepatu putih itu butuh tingkat hati-hati yang tinggi dalam menggunakannya. Kalau kalian tidak hati-hati, bisa saja kuah bakso tumpah di sepatu kalian. Warna orange di sepatu putih tidak cantik. Jika sepatu putih kalian terkena noda, diusahakan langsung dibersihkan! Jangan tunda hingga berjam-jam apalagi besok atau lusa.

Yang ada nanti jadi membekas dan sulit dihilangkan. Nggak mau dong sepatu putih kalian jadi punya motif di satu sisi sepatu saja?

2. Air hangat dan sabun

pixabay.com

Kalau mencuci sepatu biasa, kayaknya nggak perlu sabun juga sudah kelihatan kinclong. Beda saat membersihkan sepatu putih. Namanya juga sepatu elit, harus dirawat seperti anak sendiri. Gunakan air hangat yang bukan panas, lalu tekan saja sampai nodanya hilang. Jangan terlalu keras menyikatnya, nanti kain dari sepatu kalian malah ikut dan jadi kasar.

3. Sol baru

pixabay.com

Kalau ini fungsinya supaya sepatu kalian nggak aneh karena bersih di luar, kotor di dalam. Sol baru ini artinya kalian memiliki sol tambahan untuk menjaga kebersihan sol dalam sepatu putih. Meskipun sedikit repot, sol tambahan ini juga bermanfaat agar kakimu nyaman menggunakan seaptu putih kesayangan. 

4. Cairan pembersih
pixabay.com

Kalau sepatu putih kalian berbahan leather trainers, sebenarnya cara ini tidak dibenarkan. Hanya saja cara ini efektif untuk menghilangkan noda lecet yang sulit untuk dibersihkan.

5. Pasta gigi
pixabay.com

Kandungan yang terdapat dalam pasta gigi sebenarnya bisa digunakan untuk membersihkan sepatu. Menggunakan pasta gigi dan menyikatnya secara gentle membuat sepatu kembali bersinar.

Caranya adalah disikat di bawah pancuran air. Sikat perlahan kemudian basuh dengan lap bekas. Menggunakan pasta sekaligus sikat gigi memang bermanfaat kalau noda kecil di sepatu.

6. Semir sepatu

pixabay.com

Sepatu putih kok disemir? Bukan semir hitam itu, kok! Cara menyemir yang dibagikan di internet: Jjika pas, gosok semir atau polish tersebut ke sepatu putih dengan gerakan melingkar. Ingat, melingkar ya!

Kemudian, sama seperti yang dilakukan sebelumnya, sepatu sekolah kalian jadi baru terus. Jangan lupa gunakanlah kain bersih atau sikat khusus untuk memoles sepatu. Fungsinya agar tidak kotor. Kalau tak ada polish, petroleum jelly juga bisa bisa digunakan sebagai semir! 

7. Tali sepatu

pixabay.com

Kalau diingat-ingat, berapa lama tali sepatu kalian dikomentari teman sekolah? Mungkin jarang, tapi tetap ada. Nah, tali sepatu ini juga perlu dicuci. Jangan perhatikan sepatunya saja, tapi talinya justru berwarna kecoklatan.

8. Pakai pemutih

www.tokopedia.com

Kalau hopeless karena sepatu ketumpahan kuah bakso satu mangkok, ini adalah pilihan terakhir. Meskipun, pemutih bersifat korosif, apa boleh buat. Jika tidak ada jalan lain, coba cairkan sebagian pemutih lalu pisahkan.

Sepatu putih yang dicelup kedalam pemutih akan menjadi putih jika didiamkan sebelum dibilas. Jangan lupa untuk savety first, gunakan selalu sarung tangan karet dan celemek untuk melindungi pakaian kamu luntur jadi putih.

9. Jangan cuci pakai mesin
pixabay.com

Namanya sepatu, biasanya dicuci dengan tangan. Kalau pakai mesin cuci baju, bisa dipastikan sepatu kamu nggak akan bersih dan mesin cuci di rumah akan rusak. Meskipun sepatu kamu berbahan canvas, tetap saja jangan pakai mesin cuci.

Gunakanlah tangan untuk mencuci sepatu. Jangan lupa untuk direndam dulu supaya kotoran yang ada di sepatu berkurang. Siapkan air untuk dicampur dengan air dan deterjen. Setelah itu, mulai gosok dengan lembut noda-noda atau kotoran yang ada pada sepatu. 

Sepatu putih menunjang penampilan apapun dengan look dan fashion yang digunakan. Tapi, sepatu putih memang menguji kesabaran kita merawatnya. Kalau tidak dirawat, sepatu bisa menjadi beban hidupmu. Untuk yang sudah terlanjur punya sepatu putih, sudah selayaknya belajar menjadi manusia dengan bertanggungjawab terhadap barang yang dimiliki.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Serem Abis! Ini 5 Video Iklan Paling Menyeramkan yang nggak Cocok Buat Para Penakut! | Keepo.me

Serem Abis! Ini 5 Video Iklan Paling Menyeramkan yang nggak Cocok Buat Para Penakut! | Keepo.me

Wadah Skincare Bekasmu Bakal Berfaedah Jika Disulap Jadi 7 Benda Ini!

Wadah Skincare Bekasmu Bakal Berfaedah Jika Disulap Jadi 7 Benda Ini!

Bikin Baper, Detik-Detik Jirayut Meninggalkan Thailand! | Keepo.me

Bikin Baper, Detik-Detik Jirayut Meninggalkan Thailand! | Keepo.me

7 Trik Klasik Menolak Cowok dengan Cara Baik-baik Tanpa Bikin Tersinggung

7 Trik Klasik Menolak Cowok dengan Cara Baik-baik Tanpa Bikin Tersinggung

Mahasiswa Indonesia Ini Ceritakan Kisahnya Bertemu BJ Habibie di Jerman | Keepo.me

Mahasiswa Indonesia Ini Ceritakan Kisahnya Bertemu BJ Habibie di Jerman | Keepo.me

Channel Youtuber yang Wajib Di-subscribe untuk Tambah Pengetahuan

Channel Youtuber yang Wajib Di-subscribe untuk Tambah Pengetahuan

loading