8 Trik Fotografi Sederhana untuk Hasil Bak Milik Fotografer Profesional

unsplash.com

Zaman sekarang menuntut seseorang untuk melek terhadap teknologi. Mungkin untuk sebagian kecil orang masih gagap terhadap teknologi. Sekarang hampir sebagian besar orang pasti sudah melek teknologi.

Saking sadarnya terhadap teknologi, baik usia muda maupun tua pun sekarang sudah meramaikan media sosial. Media sosial ini merupakan salah satu efek dari kemajuan teknologi. Tidak sedikit juga masyarakat yang menjadikan media sosialnya sebagai album digital mereka.

Foto keren sudah biasa kita lihat saat melihat beranda social media. Di balik foto keren tersebut, juga terdapat rahasia fotografi yang bisa kalian terapkan jika kamu memang sedang belajar untuk menghasilkan foto keren walaupun hanya bermodalkan smartphone. Berikut adalah rahasia fotografi untuk menghasilkan hasil bak jepretan sang profesional.

1. Perhatikan pencahayaan

catatankamera.blogspot.com

Mengambil gambar menggunakan kamera apapun, hal yang perlu diperhatikan pertama kali adalah pencahayaan. Usahakan untuk menggunakan pencahayaan natural yang biasanya kita dapatkan dari sinar matahari pagi, menjelang siang dan menjelang waktu sore atau malam.

2. Rule of thirds

www.photographytalk.com

Teknik ini sebenarnya adalah trik yang paling dasar untuk membuat foto menjadi keren. Tapi, masih banyak juga yang belum mengerti. Rule of thirds atau aturan sepertiga adalah teknik komposisi foto dengan memosisikan objek di sepertiga bagian dalam foto.

3. Rule of space

photographylife.com

Menggunakan teknik yang satu ini adalah dengan cara menempatkan objek di tengah ruang yang kosong atau memang sangat luas. Objek yang kamu ambil akan lebih menonjol alias terlihat jelas.

4. Teknik framing
iphonephotographyschool.com

Memfokuskan objek foto dengan memberikan bingkai alami dengan unsur yang ada di sekitar objek adalah definisi dari framing. Dengan menggunakan teknik ini, maka ketegasan yang ditampilkan dari konteks foto dapat terlihat lebih jelas.

5. Teknik pattern
picssr.com

Untuk menggunakan teknik pattern ini, kamu dituntut untuk lebih teliti dalam menentukan objek foto. Pasalnya, dalam teknik pattern ini kamu harus mengetahui bagian mana saja yang bisa dipadukan warnanya dengan benda atau warna lain yang senada sehingga menghasilkan sebuah pola.

6. Coba dari segala arah

www.soyacincau.com

Untuk mendapatkan hasil jepretan yang baik, pastinya nggak cukup dengan sekali jepret saja. Maka dari itu, kamu perlu mengambil gambar beberapa kali dengan objek yang sama dan cobalah mengambil foto dari segala arah.

Dari sekian banyak foto yang diambil, pasti akan ada beberapa foto yang memang perlu dibuang ke trash. Foto yang terbaik pasti akan kamu temukan dari banyaknya hasil tadi.

7. Zoom yang tidak berlebihan

snapshot.canon-asia.com

Kamu perlu lebih percaya diri dan berusaha lebih keras lagi agar dapat menghasilkan foto yang keren. Jika objek foto yang ingin kamu ambil memang jauh, tidak ada salahnya untuk mendekat ke objek tersebut.

Alih-alih melakukan zoom, teknik ini yang akan membuat rendahnya kualitas suatu foto. Kecuali jika objek foto yang ada di depanmu itu adalah hewan buas yang berbisa dan dapat mencelakakan diri. Jadi, mulai sekarang jangan malas untuk mendekati objek foto.

8. Editing

www.idntimes.com

Semua foto yang dihasilkan pastinya akan melalui proses editing sebelum diunggah ke media sosial. Pernah mengunggah foto mentah yang belum diedit sama sekali? Walaupun menurutmu itu sudah cukup bagus, alangkah baiknya jika foto tersebut bisa diedit terlebih dahulu.

Untuk melakukan editing, kamu tidak perlu menggunakan filter yang berlebihan. Kamu dapat mengatur exposure, contrass, crop dan aspek launnya. Kamu juga dapat menambahkan filter tipis untuk memperkuat makna dari objek foto yang kamu ambil.

Dari tips di atas, manakah yang belum kamu pelajari? Untuk menghasilkan foto yang bagus, tidak cukup hanya bermodalkan kamera canggih. Dengan teknik yang benar dan tepat, kamu pun dapat menghasilkan foto terbaik yang nggak kalah keren walaupun hanya bermodalkan kamera smartphone.

Selain itu, kamu juga harus banyak berlatih dengan mengambil gambar sesering mungkin dari berbagai sudut pandang. Karena ada pepatah yang mengatakan bahwa "Practice makes us perfect", terus asah skill kamu dalam bidang fotografi.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Nggak Harus Selalu Ditakuti, 7 Hantu Indonesia Ini Punya Sifat yang Layak Ditiru! | Keepo.me

Nggak Harus Selalu Ditakuti, 7 Hantu Indonesia Ini Punya Sifat yang Layak Ditiru! | Keepo.me

Wajib Peka dengan Tanda Ini Jika Ingin Cegah Kanker Serviks Sejak Dini

Wajib Peka dengan Tanda Ini Jika Ingin Cegah Kanker Serviks Sejak Dini

Tukang Cukur Kreatif! 10 Gaya Rambut Ini Malah Bikin Gagal Paham karena Terlalu Absurd | Keepo.me

Tukang Cukur Kreatif! 10 Gaya Rambut Ini Malah Bikin Gagal Paham karena Terlalu Absurd | Keepo.me

Cara Bersikap yang Tepat Ketika Menghadapi Bos Nyebelin

Cara Bersikap yang Tepat Ketika Menghadapi Bos Nyebelin

Berawal dari Saling Balas Komentar di Twitter, Pasangan ini Berakhir di Pelaminan! | Keepo.me

Berawal dari Saling Balas Komentar di Twitter, Pasangan ini Berakhir di Pelaminan! | Keepo.me

Antara Wanita Karir dan Ibu Rumah Tangga, Mana yang Lebih Hebat?

Antara Wanita Karir dan Ibu Rumah Tangga, Mana yang Lebih Hebat?

loading