8 Persiapan yang Harus Dimatangkan Sebelum Traveling Sendirian

unsplash.com

Berlibur dengan saudara, orangtua, pasangan, maupun sahabat tentu selalu menjadi agenda menyenangkan yang tidak boleh terlewatkan. Namun, bagaimana jika kita harus traveling sendirian? Destinasi kota maupun negara yang jauh dari tempat tinggal tentunya menjadikan perjalanan sendirian jadi sedikit mencemaskan. Terlebih lagi apabila kamu adalah seorang perempuan.

Meski sudah banyak yang melakukan kegiatan berlibur sendirian ini, ada baiknya kamu lebih mencermati segala persiapan. Mulai dari hingga hal terkecil sekalipun untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan.

Maka dari itu, sebaiknya kamu mulai menyiapkan mental, fisik serta pengetahuan lebih untuk mempersiapkan diri sebelum traveling sendirian. Ini dia tipsnya supaya kamu bisa tetap bisa liburan asyik walau sebatang kara.

1. Selalu bawa ponsel dan powerbank ke manapun kamu pergi

pexels.com

Tips pertama yang harus selalu diingat ketika sedang traveling sendirian adalah membawa ponsel dan powerbank ke manapun ke mana saja. Ponsel memang sudah menjadi sebuah kebutuhan sehari-hari, terlebih saat traveling.

Meskipun sudah banyak yang sadar akan pentingnya membawa ponsel, namun jangan juga lupa untuk membawa powerbank untuk mengisi daya ponsel pintarmu. Ini sangat penting untuk selalu diingat karena ponsel menyimpan informasi mulai dari kontak, aplikasi pembayaran daring, maps dan sebagainya. Jangan lupa untuk selalu mengisi powerbank sebelum berangkat supaya nggak panik di perjalanan.

2. Jangan mudah mempercayai orang yang baru dikenal

pexels.com

Jangan mudah untuk mempercayai orang lain di tempat yang baru kunjungi, terlebih orang tersebut memang baru saja kamu kenal. Bukan berarti kamu harus mencurigai setiap orang yang baru dikenal. Namun, ada baiknya kamu lebih waspada saat berlibur apalagi sendirian. Kamu nggak pernah tahu niat dan maksud seseorang. Selalu waspada dengan orang yang baru kamu temui, ya.

3. Bawa barang secukupnya, jangan berlebihan dan mencolok

pexels.com

Bawalah barang secukupnya. Jangan bawa barang berlebihan terlebih saat menjelajahi destinasi wisata tertentu. Bawa yang memang paling sekirany butuhkan seperti ponsel, powerbank, dompet dan kartu identitas. Jangan membawa barang dan menggunakan terlalu banyak perhiasan.

4. Jaga penampilan, usahakan membawa tas terpisah
pexels.com

Usahakan untuk tampil dengan busana yang sopan ketika menjelajah beberapa destinasi di tempat tertentu. Sebelum mengunjungi destinasi wisata tujuan, ada baiknya juga untuk mengetahui hal apa aja yang boleh dan dilarang di tempat tersebut. Usahakan membawa tas terpisah, antara tas untuk dompet, ponsel terpisah dengan bawaan berat.

5. Pastikan kondisi tubuh fit dan sehat saat travelling

pexels.com

Pastikan kondisi tubuhmu fit dan sehat saat traveling. Tentunya, traveling sendirian memiliki risiko yang lebih tinggi. Maka dari itu, sebelum melakukan traveling ada baiknya kamu mengecek terlebih dahulu kondisi tubuh secara personal maupun ke dokter.

6. Selalu percaya diri dan jangan terlihat kebingungan

pexels.com

Ketika memutuskan untuk traveling sendirian, sebaiknya kamu tidak terlihat kebingungan. Tampil percaya diri dan yakin akan tujuan adalah langkah terbaik ketimbang selalu bertanya dan terlihat kebingungan. Maklum saja, di tempat asing akan ada banyak orang baru yang tidak kita ketahui sifat dan karakternya.

Ada baiknya jangan terlalu percaya pada sembarang orang. Maka dari itu, mempelajari lingkungan dari destinasi wisatamu agaknya ide yang bagus.

7. Bertanya para orang yang bisa dipercaya seperti petugas keamanan setempat

pexels.com

Ketika memutuskan untuk traveling sendirian, ada baiknya untuk tidak langsung menaruh percaya ada orang asing yang baru ditemui. Ketika kebingungan dan ingin bertanya, kamu bisa bertanya pada orang yang bisa dipercaya seperti petugas keamanan setempat, polisi jaga dan satuan keamanan lainnya.

Hal ini bertujuan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti ditipu, dirampok bahkan diculik. Meski bukan berarti kamu harus mencurigai setiap orang, tetaplah waspada.

8. Sediakan uang tunai secukupnya

pexels.com

Menyiapkan uang tunai secukupnya juga menjadi salah satu hal penting yang harus kamu terapkan ketika memutuskan untuk traveling sendirian. Selain untuk berjaga-jaga ketika ingin membeli barang yang tunai, menyediakan uang tunai secukupnya dimaksudkan agar bisa lebih sigap ketika melakukan proses jual beli.

Beberapa tips untuk yang ingin traveling sendirian di atas ada baiknya dipersiapkan sebelum berangkat. Hal ini bertujuan agar perjalanan selama liburan jadi menyenangkan dan terbebas dari hambatan yang nggak diinginkan. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Nikita Mirzani Tepergok Joget Seksi di Atas Kapal, Terekam Video tak Pakai Bra | Keepo.me

Nikita Mirzani Tepergok Joget Seksi di Atas Kapal, Terekam Video tak Pakai Bra | Keepo.me

9 Situs Ini Punya Ribuan Resep Memasak yang Mudah dan Enak

9 Situs Ini Punya Ribuan Resep Memasak yang Mudah dan Enak

Warung Makan Ini Sediakan Menu Makanan dengan Deskripsi Unik yang Bikin Pembeli Terpingkal | Keepo.me

Warung Makan Ini Sediakan Menu Makanan dengan Deskripsi Unik yang Bikin Pembeli Terpingkal | Keepo.me

Kalau Nggak Baper Namanya Bukan Manusia. Ini Alasan Kenapa Baper Itu Baik!

Kalau Nggak Baper Namanya Bukan Manusia. Ini Alasan Kenapa Baper Itu Baik!

Ngeri! Inilah Deretan Kisah Mistis Pasca Meletusnya Perang Dunia II | Keepo.me

Ngeri! Inilah Deretan Kisah Mistis Pasca Meletusnya Perang Dunia II | Keepo.me

Sering Merasa Bosan? Jangan-jangan Kamu Depresi. Cek Yuk Tanda-tandanya!

Sering Merasa Bosan? Jangan-jangan Kamu Depresi. Cek Yuk Tanda-tandanya!

loading