8 Pekerjaan Freelance yang Paling Cocok Buat Mahasiswa. Kamu Harus Coba

25 Desember 2017
|Robertus Ari
0SHARES

Bagi para mahasiswa, apakah kamu ingin mencoba hidup mandiri dan nggak ketergantungan dengan kiriman uang orangtua? Jika iya, kamu bisa mencari pekerjaan freelance yang itu lumayan buat tambahan tabungan atau uang saku kamu. Nah, daripada berlama-lama, Yukepo bakal kasih kamu referensi pekerjaan freelance untuk mahasiswa yang bisa kamu coba. Apa saja ya?

1. Guru les privat

Bagi yang kuliah jurusan keguruan, jadi guru les privat tentu akan cocok dengan kamu. Ada banyak lowongan untuk guru privat di internet, atau kamu bisa mulai mengiklankan diri lewat media sosialmu.

2. Fotografer atau videografer

Kerja freelance sebagai fotografer atau videografer akan cocok jika kamu punya hobi ini. Kamu bisa mulai promosikan karyamu di media sosial, atau kerja di studio foto – motret atau video di prewedding dan wedding.

3. Jadi anak band

Kebanyakan mahasiswa pasti punya hobi main musik atau nge-band. Nah, hobi ini ternyata bisa menjadi pekerjaan freelance untuk mahasiswa lho. Kamu bisa main di kafe-kafe dan itu kamu akan dibayar dengan jumlah yang lumayan. Atau, kamu bisa upload video ke Youtube dan kamu bisa memperoleh penghasilan dari sana.

4. Menulis atau kontributor media

Banyak media online yang membuka lowongan sebagai penulis freelance. Ini bisa menjadi kesempatan kamu jika senang menulis. Cobalah untuk melamar di beberapa media sebagai writer atau kontributor. Kamu akan dibayar per artikel yang terbit dan biasanya tiap artikel dihargai Rp20 sampai Rp30-an ribu. Jadi kalau kamu rajin nulis, jumlahnya cukup lumayan dalam sebulan.

5. Desain grafis

Kalau kamu kuliah jurusan desain grafis, kerja sambilan sebagai jasa desain bakal cocok untuk kamu. Kamu bisa mempromosikan jasamu di media sosial atau teman-teman terdekat dulu. Atau, ada juga website yang menerima jasa desain seperti di 99designs. Jika terpilih, desainmu bakal dibeli dengan harga yang cukup tinggi. Kalau dalam rupiah mungkin bisa sampai Rp2 juta lebih.

6. Translator

Pekerjaan freelance untuk mahasiswa selanjutnya adalah translator. Kalau kamu kuliah jurusan bahasa asing, kamu bisa coba peruntungan ini. Kamu bisa browsing lowongan kerja penerjemah, pasti kamu akan menemukan banyak di internet. Pekerjaan ini juga bisa untuk mencari pengalaman dan belajar sebelum kamu benar-benar masuk dunia kerja.

7. Instruktur olahraga

Saat ini cukup banyak lowongan kerja sebagai instruktur olahraga seperti di tempat fitness. Nah kamu bisa coba kerjaan ini jika hobi olahraga. Selain bisa olahraga gratis, kamu juga bisa cari uang tambahan, lumayan bukan?

8. Ojek atau taksi online

Saat ini taksi atau ojek online cukup menjamur dan diminati banyak kalangan, mulai dari pns, ibu rumah tangga, hingga mahasiswa. Kerjaan ini cocok juga buat kamu di waktu senggang. Bahkan, banyak yang mengatakan bahwa penghasilan jadi ojek atau taksi online ini bisa melebihi gaji karyawan tetap lho. Mau?

Terkadang memiliki kerja sambilan saat masih mahasiswa bukan perkara ketidakmampuan finasial, melainkan juga ingin mempratikkan ilmu yang sudah didapat selama kuliah. Untuk itu, 8 pekerjaan freelance untuk mahasiswa tadi sangat cocok buat kamu dan tidak ada salahnya untuk dicoba.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
0SHARES