8 Negara Ini Menyediakan Beasiswa, Sayangnya Belum Banyak yang Tahu!

09 Oktober 2017
|Pandu Rijal Pasa
Life
0SHARES

Banyak dari kita memimpikan untuk mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dan belajar di luar negeri juga merupakan cita-cita yang banyak diimpikan oleh pelajar ataupun mahasiswa di zaman sekarang. Karena banyak yang bercita-cita demikian, impian untuk bisa melanjutkan pendidikan di luar negeri seringnya kandas di tengah jalan entah karena kurang persiapan, ataupun kalah saing saking banyaknya peminat. Nah, berikut ini adalah daftar negara yang memberikan beasiswa namun masih belum banyak di ketahui oleh umum!

1. India

Kamu bisa menggunakan program beasiswa yang diberikan oleh Indian Council for Cultural Relation (ICCR). Setiap tahunnya, ICCR menyediakan 20 kursi untuk jenjang S1, S2 serta S3. Program ini mencakup semua biaya berupa biaya kuliah, biaya hidup bahkan hingga trip tahunan kecuali tiket ke India. Selain belajar ilmu-ilmu perkuliahan, kamu juga bisa belajar bahasa inggris karena orang di India banyak menggunakan bahasa inggris. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari kebudayaan yang ada di sana.

2. Rusia

Tidak banyak dari para calon mahasiswa yang memimpikan untuk belajar ke negeri yang terletak di utara ini. Padahal, ada banyak kursi yang disediakan untuk para mahasiswa asing yang ingin belajar menggunakan di Rusia lho. Kamu bisa kuliah di negeri beruang merah ini melalui program beasiswa yang dikeluarkan oleh Pusat Kebudayaan Rusia (PKR) dimana program ini hanya mencakup biaya kuliah saja. Biaya yang lain-lainnya tidak ditanggung. Meskipun begitu, program ini menawarkan banyak sekali jurusan yang bisa dipilih.

3. Italia

Italia banyak menawarkan beasiswa mulai dari beasiswa pendidikan hingga yang hanya sekedar belajar bahasa saja. Namun memang sebagian dari program tersebut sifatnya hanya parsial, dalam artian hanya sebagian saja yang ditanggung seperti biaya asrama serta biaya makan di kantin sedangkan kita perlu membayar uang kuliah secara mandiri. Meskipun begitu, di Italia kamu bisa bekerja secara paruh waktu untuk bisa membayar biaya kuliah dan juga untuk mengisi tabunganmu.

4. Brunei Darussalam

Kamu bisa mendapatkan beasiswa belajar ke negeri tetangga yang tidak pernah terdengar memiliki konflik ini dengan cara yang cukup mudah. Yang kamu butuhkan hanya ijazah, SKCK dan beberapa syarat lain yang sebenarnya cukup umum dan mudah di dapat. Beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Brunei Darussalam ini dibuka untuk program sarjana & diploma (S1 & D4) serta pascasarjana (S2). Hampir seluruh biaya pendidikan serta hidup di tanggung oleh beasiswa tersebut.

5. Turki

Pemerintah Turki juga merupakan salah satu pemerintah yang menyediakan beasiswa terutama untuk pelajar yang berasal dari negara-negara lain. Beasiswa yang bernama YTB ini dibuka untuk program S1 hingga S3 dengan berbagai macam kampus baik negeri maupun swasta serta banyak sekali jurusan yang dibuka. Biaya yang ditanggung juga meliputi biaya kuliah, asrama hingga uang saku.

6. Maroko

Bagi kamu yang ingin belajar di benua Afrika, beasiswa yang diberikan hasil dari kerjasama Pemerintah Maroko dengan Pemerintah Indonesia juga patut masuk dalam daftarmu. Para pendaftar dipersilakan memilih kampus serta jurusan yang diinginkannya, meskipun pada akhirnya tetap keputusan terakhir dipegang oleh pemberi sponsor beasiswa tersebut. Selain berkuliah, kamu juga bisa mempelajari kebudayaan eropa serta afrika karena negeri ini berbatasan langsung dengan dua benua tersebut.

7. Selandia Baru

Sebuah negara kecil yang rasanya sangat adem ini juga memberikan beasiswa kepada warga asing melalui pemerintahnya. Beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Selandia Baru ini menanggung cukup banyak biaya meliputi uang kuliah, uang transport, biaya hidup, transport pulang dan pergi, asuransi bahkan hingga biaya pembuatan visa. Namun beasiswa ini mensyaratkan kita untuk kembali ke Indonesia setelah masa studi dan berkarya di negeri kita selama setidaknya 2 tahun untuk memberi kontribusi positif ke tanah air.

8. Taiwan

Pemerintah Taiwan merupakan salah satu pemerintah yang rutin memberikan beasiswa setiap tahunnya di semua jenjang dari S1 hingga S3. Pihak pemberi beasiswa akan menanggung hampir seluruh biaya yang dibutuhkan oleh peserta mulai dari biaya kuliah, biaya hidup, tiket pulang-pergi, tempat tinggal, kredit kuliah, asuransi hingga tunjangan buku. Dengan fasilitas selengkap itu, tentu tugas dari penerima beasiswa ini hanyalah tinggal fokus belajar dan menyerap ilmu di sana dengan maksimal.

 

Itu tadi 8 negara yang bisa menjadi alternatif buat kamu yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Harapannya adalah setelah melanjutkan studi ke luar negeri, kamu bisa kembali lagi ke Indonesia dan berkontribusi yang terbaik untuk negara kita dalam bidang apapun yang kamu kuasai. Karena sebaik-baiknya ilmu, adalah ilmu yang daat bermanfaat bagi bangsa dan negara.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Pandu Rijal Pasa
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES