8 Manfaat Luar Biasa Cuka untuk Pakaian. Bisa Bikin Awet dan Selalu Kelihatan Baru!

www.edwardhotelchicago.com

Memiliki pakaian yang kusam dan cepat luntur sepertinya menjadi masalah banyak orang. Apalagi bahan pakaian yang menggunakan pewarna, semakin sering dicuci justru makin pudar. Belum lagi kaos, kalau sering kepanasan warnanya juga cepat berubah. Tapi tenang, ada trik ampuh untuk mengurangi masalah ini, kok. Kamu tinggal menambahkan cuka saat mencuci pakaian. Sebab, bahan dapur ini memiliki manfaat luar biasa untuk menjaga pakaian lebih awet dan selalu kelihatan kinclong. Berikut ulasannya seperti dikutip dari laman Hunker.com.

1. Cuka bisa mencerahkan warna pakaian

www.technologyintegrator.net

Biar warna pakaian kamu terus terjaga, saat mencuci kamu bisa tambahkan setengah cangkir cuka ke dalam cucian kamu. Soalnya bahan ini bisa membantu kerja deterjen lebih efektif lagi. Warna pakaian kamu jadi makin terlindungi dan nggak gampang kusam. Jadi warnanya bisa selalu terlihat cerah.

2. Tambahkan cuka saat merendam, biar warna pakaian nggak cepat pudar

www.wikihow.com

Kalau kamu lagi merendam pakaian, biar warnanya makin kuat menempel dalam pakaian, kamu bisa merendamnya dalam larutan cuka dan air. Waktu merendam kurang lebih selama 15 sampai 20 menit. Cara ini sangat membantu, apalagi kalau kamu sering menghiraukan petunjuk perawatan pakaian.

3. Cuka bisa menjadi pengganti pelembut pakaian

nationalstrategiespublicrelations.com

Bahan dapur ini bisa menghilangkan semua sisa-sisa kotoran atau sabun (residu) yang menempel pada pakaian. Jadi saat mencuci, kamu bisa menambahkan setengah cangkir cuka ke dalam air bilasan.

4. Cuka efektif untuk menghilangkan residu sabun
www.healthycomforter.com

Cuka memiliki kandungan asam asetat yang bisa memecah residu sabun atau bahan kimia lain yang mungkin terakumulasi pada pakaian, selimut, handuk, sprei, dan lainnya. Sebab, residu ini bisa membuat iritasi pada kulit, terlebih bagi kamu yang berkulit sensitif atau bayi. Jadi ketika mencuci, kamu tinggal menambahkan bahan ini dalam air bilasan. Dijamin semua residu hilang.

5. Kalau bulu hewan peliharaan kamu menempel di baju, tambahkan cuka saat mencucinya
www.petdoors.com

Kalau kamu punya hewan peliharaan seperti anjing maupun kucing, biasanya bulu-bulu mereka sering menempel di pakaian. Terkadang saat dicuci juga nggak bisa sepenuhnya hilang. Jadi saat mencuci kamu bisa menambahkan setengah cangkir cuka dalam air bilasan. Fungsinya untuk menghilangkan semua bulu yang masih menempel.

6. Cuka juga bagus untuk menjaga warna putih biar nggak cepat kusam

bbel.uol.com.br

Terkadang pakaian warna putih kalau sudah kusam menjadi kuning atau kecoklatan. Sehingga dilihat juga nggak menarik. Menambahkan cuka saat mencuci ternyata bisa membantu masalah ini. Warna putih pada pakaian jadi nggak cepat kusam. Tambahkan saja setengah cangkir saat mencucinya.

7. Kalau ada noda membandel, cuka bisa membantu untuk membersihkannya

www.gymbuddynow.com

Beberapa noda membandel pada pakaian sering membuat jengkel. Sebut saja seperti noda kopi, anggur, coklat, dan semacamnya. Jadi untuk menghilangkan noda ini kamu bisa langsung mengoleskan cuka ke nodanya. Lalu kamu diamkan selama 10 menit. Selanjutnya kamu gosok secara perlahan dengan sikat lembut, dan dicuci. Cara ini cocok jika pakaianmu berbahan 100% poliester. Kalau noda deodoran, kamu bisa menggunakan kain yang sudah diberi bahan ini lalu kamu gosokkan pelan-pelan di area noda.

8. Biar mesin cucimu selalu bersih dari endapan kotoran, tambahkan cuka untuk membersihkannya

www.elsevier.com

Jangan sampai tempat kamu mencuci kotor karena residu atau endapan lain yang menempel di mesin cuci. Untuk menghilangkan semua kotoran ini kamu bisa menggunakan cuka. Tambahkan satu cangkir ke dalam mesin cuci kosong. Lalu kamu jalankan layaknya sedang mencuci pakaian. Lakukan ini setidaknya sekali dalam sebulan agar kebersihannya terjaga.

Itulah tadi beberapa manfaat cuka untuk pakaian kamu. Cukup banyak, bukan? Jadi mulai sekarang kamu bisa menggunakan bahan dapur ini saat mencuci. Sehingga semua pakaianmu bisa awet lebih lama. Warnanya nggak cepat pudar dan kamu dipakai pun selalu tampak cerah. Selamat mencoba!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Biar Kelihatan Elegan, Ini 7 Cara Halus Tapi Ampuh untuk Menarik Perhatian Cowok!

Biar Kelihatan Elegan, Ini 7 Cara Halus Tapi Ampuh untuk Menarik Perhatian Cowok!

Mau Tahu Tren Foto Traveling Zaman Sekarang? Baca Hasil Survey Ini

Mau Tahu Tren Foto Traveling Zaman Sekarang? Baca Hasil Survey Ini

Sebagai Anak, Dosa Ini Sering Kita Lakukan Secara Nggak Sadar. Hentikan Sekarang Juga!

Sebagai Anak, Dosa Ini Sering Kita Lakukan Secara Nggak Sadar. Hentikan Sekarang Juga!

Bikin Kamar Kos Kelihatan Chic dan Luas, Ganti Lemarimu Pakai Rak Gantungan Ini!

Bikin Kamar Kos Kelihatan Chic dan Luas, Ganti Lemarimu Pakai Rak Gantungan Ini!

4 Hal Menarik yang Perlu Kamu Tahu Tentang Olahraga Panahan. Populer Banget Nih di Berbagai Kalangan!

4 Hal Menarik yang Perlu Kamu Tahu Tentang Olahraga Panahan. Populer Banget Nih di Berbagai Kalangan!

Sering Menyentuh Wajah Setelah Berolahraga? Jangan! Hindari 6 Hal Ini Setelah Berolahraga

Sering Menyentuh Wajah Setelah Berolahraga? Jangan! Hindari 6 Hal Ini Setelah Berolahraga

loading