8 Langkah Menuju Pernikahan Megah. Yuk, Dicicil Mulai dari Sekarang!

www.bridestory.com

Kalau ngomongin soal persiapan pernikahan, tentu akan sangat banyak yang harus dipikirkan. Mulai dari masalah cincin pernikahan, sewa gedung, konsep pernikahan, fitting baju pengantin, make-up, katering, souvenir, hingga masalah undangan yang juga perlu kamu pikirkan jauh-jauh hari. Memang sih, kalau mau nikah persiapannya ribet banget - kamu juga harus siap capek mental dan pikiran.

Namun meski begitu, bukan berarti nggak bisa kamu cicil mulai dari sekarang. Oleh karena itu, berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu mulai siapkan untuk persiapan pernikahan besuk. Yuk, intip apa saja!

1. Pertama yang harus kamu siapkan adalah membuat budget untuk pernikahan nanti

www.titleloansonline.com

Ini adalah langkah awal yang harus kamu bikin dulu. Soalnya dari sini kamu bisa memperkirakan langkah selanjut dalam pembelanjaan anggaran seperti masalah gedung, dekorasi, katering, dan lainnya. Untuk itu, kamu sama pasangan perlu rapat bersama untuk memperhitungkan berapa persen kontribusi kamu dan pasangan di dalam penyusunan budget tersebut. Pastikan juga kamu memasukkan anggaran tak terduga di setiap posnya sebagai antisipasi.

2. Setelah perhitungan budget, kamu dan pasangan mulai memikirkan bagaimana konsep pernikahan nanti

www.facetofeet.com

Kamu harus mendiskusikan ini dulu dengan pasangan, karena ini juga mempengaruhi dalam pencarian tempat dan lainnya. Kamu bisa mulai memikirkan pernikahan kamu ini harus di gedung mewah atau di taman dengan konsep sederhana. Jika kamu dan pasangan sudah mengetahui tema besarnya, maka akan memudahkan kamu dalam memilih dekorasi, baju, undangan, menu makanan, dan lainnya sebagainya.

3. Kemudian kamu mulai memikirkan tanggalnya. Lalu kamu dan pasangan bisa mulai survey untuk mencari gedung atau tempat pernikahan

www.seniberpikir.com

Pada umumnya, waktu bisa mempengaruhi harga sewa gedung. Misalnya, pada saat hari weekend atau liburan harga gedung, katering, dan lainnya bisa naik karena hari itu memang sering digunakan untuk hari pernikahan. Namun beda cerita jika kamu memilih weekdays, biasanya harganya relatif lebih rendah. Hanya saja, tamu undangan mungkin tak semua bisa datang karena tidak saat libur dan bekerja. Untuk itu, lebih baik kamu memikirkan hal ini dari jauh hari dan jangan terlalu mepet.

4. Setelah itu, mulai memperkirakan jumlah tamu yang akan diundangan di hari bahagiamu nanti

creativemarket.com

Ingat, tamu undangan akan mempengaruhi budget yang kamu keluarkan. Karena ini nanti akan berpengaruh di masalah tempat, katering, souvenir hingga mencetak undangan. Jadi lebih baik kamu dan pasangan benar-benar memperhitungkan hal ini – siapa saja yang diundangan dan berapa jumlahnya. Kalau kamu tidak ingin terlalu banyak tamu, kamu dan pasangan bisa memilih orang-orang terdekat saja.

5. Meski kelihatan hal kecil dan sepele, souvenir perlu kamu pikirkan jauh hari karena bisa memakan biaya cukup banyak
llxtb.com

Hal kecil ini perlu kamu pikirkan jauh hari. Karena biasanya membutuhkan biaya yang lumayan. Jadi kamu dan pasangan bisa mulai menentukan apa souvenir pernikahan atau cinderamata yang nanti akan diberikan kepada tamu. Tentu ini juga perlu kamu sesuaikan budget awal tadi. Ada banyak ragam souvenir yang bisa kamu pilih kok, seperti bibit tanaman, biji kopi, sapu tangan, dompet, dan lain sebagainya.

6. Mencari vendor katering dan icip-icip menu yang akan disajikan untuk tamu
www.tasteofhome.com

Biasanya, ini tergabung dengan paket EO atau gedung. Namun jika kamu ingin mencari katering sendiri yang mungkin bisa memangkas biaya juga, kamu bisa mulai hunting katering dan icip-icip menu makanannya untuk tamu. Dengan ini kamu juga bisa memperkirakan biayanya, terus menunya apa saja karena kamu sudah memiliki konsep dari awal. Dan perlu kamu catat juga, biasanya tamu jumlahnya bisa berlipat dari yang diundang karena mungkin mereka membawa anaknya, pacarnya, dan lainnya. Jadi lebih baik antisipasi sejak awal untuk porsi kateringnya ya.

7. Biar nggak kelabakan, mulai menyiapkan sejak awal, apa saja yang diperlukan di administrasi catatan sipil setelah menikah

www.banjarekasila.org

Mengurus administrasi setelah pernikahan ini bisa cukup merepotkan juga lho. Sebab kamu akan mengganti statusmu di catatan sipil dari “lajang” menjadi “kawin”. Setidaknya kamu perlu menyiapkan fotokopi KTP, KK, pas foto, dan lainnya. Kemudian mengurus surat pengantar dari RT/RW, surat N1, N2, dan seterusnya yang biasanya kamu urus di kecamatan atau KUA. Jadi, setidaknya semua dokumen yang dibutuhkan sudah kamu siapkan jauh-jauh hari biar nanti nggak kerepotan.

8. Karena biaya menikah tidaklah sedikit, kamu dan pasangan bisa mulai menabung dari sekarang!

www.thevowdirectorymw.com

Modal pernikahan bisa sangat banyak. Namun yang jelas, modal pernikahan ini nggak sebanding dengan modal membangun rumah tangga. Sebab, kamu akan memikirkan tempat tinggal, anak-anakmu nanti, dan seterusnya. Jadi lebih baik kamu nabung lebih awal untuk mewujudkan pesta pernikahan kamu. Entah itu mau besar ataupun kecil, tetap saja kamu dan pasangan harus mulai menyisihkan uang dari sekarang. Jadi, setidaknya setelah menikah kamu juga masih ada simpanan di tabungan.

Nah, itulah tadi langkah-langkah persiapan pernikahan yang perlu kamu cicil dari sekarang. Mempersiapkan ini memang nggak mudah, banyak yang harus dipikirkan. Namun hal itu akan sebanding kok setelah kalian menikah nanti dan sah menjadi suami istri, rasa lelah itu pasti terbayar!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
14 Quotes Tentang Cinta yang Bikin Kamu Baper. Romantis Banget!

14 Quotes Tentang Cinta yang Bikin Kamu Baper. Romantis Banget!

7 Kualitas yang Harus Cowok Miliki, Agar Layak Jadi Calon Suami Idaman

7 Kualitas yang Harus Cowok Miliki, Agar Layak Jadi Calon Suami Idaman

Genre Musik Ternyata Bisa Menunjukkan Kepribadian. Mana yang Jadi Favoritmu?

Genre Musik Ternyata Bisa Menunjukkan Kepribadian. Mana yang Jadi Favoritmu?

10 Cosplayer Karakter Cowok di Anime ini Mirip Banget, Gak Ada Bedanya!

10 Cosplayer Karakter Cowok di Anime ini Mirip Banget, Gak Ada Bedanya!

Sedih, Pria Ini Menolak Membuka Kado dari Mantan Kekasihnya Selama 47 Tahun

Sedih, Pria Ini Menolak Membuka Kado dari Mantan Kekasihnya Selama 47 Tahun

Cara Menolak Permintaan Tolong Teman Buat Kamu yang Sulit Berkata Tidak

Cara Menolak Permintaan Tolong Teman Buat Kamu yang Sulit Berkata Tidak

loading