8 Hal yang Harus Dilakukan Mahasiswa Biar Kuliah Nggak Percuma dan Menyesal

11 Maret 2018
|Robertus Ari
0SHARES

Kuliah bisa menjadi masa yang paling berkesan buat kamu. Di momen inilah kamu akan mendapat berbagai pengalaman hidup yang itu akan sangat berguna di kehidupanmu mendatang. Berbagai lika-liku dan tantangan akan kamu jumpai yang mungkin bisa cukup melelahkan. Tapi memang ini dinamika yang harus kamu jalani untuk membentuk manusia yang lebih kuat lagi.

Untuk itu selama kamu kuliah, ada beberapa hal yang perlu kamu coba lakukan biar nggak rugi dan menyesal kemudian hari. Apa saja? Kepoin, yuk!

1. Ketika ospek, manfaatkanlah untuk mencari teman sebanyak yang kamu bisa

Biar besuk nggak kayak orang hilang, saat ospek kamu perlu manfaatkan untuk mencari teman. Kamu harus bisa membuka diri, bersikaplah yang supel, ramah dengan orang sekitar. Sehingga orang lain juga nggak ada rasa takut atau sungkan untuk kenalan sama kamu. Apalagi saat besuk perkuliahan dimulai, teman akan berguna banget dan kamu bisa tanya-tanya kalau ada yang nggak kamu mengerti.

2. Kenalan sama kakak tingkat nggak bakal bikin kamu rugi!

Takut sama kakak tingkat? Duh, ini sikap yang nggak perlu. Sebab, meski terkadang mereka terlihat sangar, kakak kelas sebenarnya sangat terbuka dengan adik angkatannya. Jadi kalau kamu tanya soal materi atau tipe dosen-dosen kamu, tanyakan sama mereka biar bisa membantumu saat masa kuliah.

3. Inilah saatnya kamu keluar dari zona nyaman, nggak hanya berputar di lingkungan yang sama

Kalau kamu masih berkutat di lingkungan yang sama, kamu nggak akan pernah bisa berkembang menjadi lebih baik sebagai pribadi. Sebab, keluar dari zona nyaman adalah salah satu cara untuk belajar hal baru. Bangunlah relasi yang seluas-luasnya karena ketika kamu lulus, terkadang pekerjaan bisa datang dari orang-orang terdekat kamu.

4. Saatnya kamu mengasah minat dan bakat kamu

Kalau kamu punya hobi atau minat tertentu, inilah waktu kamu mengasahnya karena ini nanti bisa sangat berguna bagi hidupmu. Karena tidak sedikit orang yang sudah bekerja, tidak hanya mengandalkan hidup dari gaji saja, melainkan mereka memanfaatkan minat yang dimiliki untuk mencari tambahan penghasilan. Jadi maksimalkan apa potensi yang kamu miliki agar bisa berkembang lebih baik.

5. Ikutlah organisasi yang ada di kampus kamu

Organisasi kemahasiswaan adalah salah satu wadah bagi kamu untuk belajar dan berkembang. Kamu bisa belajar banyak di sini, contohnya seperti bekerja dalam sebuah tim, membangun hubungan dengan rekan lainnya, dan semacamnya. Ini juga sama di dunia kerja nanti. Kamu dituntut untuk pintar beradaptasi, bisa bekerja dalam tim, mampu dikejar deadline, dan lainnya. So, ikut organisasi saat kuliah nggak bikin kamu rugi, apa pun itu organisasinya!

6. Belajarlah untuk mengatur uang jajan kamu

Ini terutama bagi kamu yang hidup di kos. Kamu akan belajar hidup mandiri, yang artinya kamu harus pintar mengatur keuangan. Ini tidak mudah, lho. Karena pada umumnya orangtua sengaja memberi kamu uang dalam jumlah ‘cukup’ untuk sebulan. Mereka sudah memiliki perhitungan sendiri dengan uang jajan kamu. Jadi dengan uang segitu, kamu dituntut harus bisa mengatur anggaran. Jadi kalau kamu nggak mau akhir bulan merana dan kelaparan, kamu harus belajar hidup hemat!

7. Mencari pengalaman di dunia kerja dengan part time atau freelance

Mungkin ini waktu yang tepat kalau kamu mulai mencicipi dunia kerja. Cobalah kamu cari kerjaan freelance selama kamu kuliah. Tentu ini bisa menambah uang jajan kamu. Tapi lebih penting dari itu kamu akan tahu seperti apa dunia kerja nanti. Namun ingat ya, kamu tetap harus ingat prioritas, yaitu kuliah! Jadi carilah kerjaan yang waktunya cukup longgar atau tidak terlalu malam.

8. Mulailah berbisnis!

Kalau kamu nantinya berniat untuk menjadi pengusaha, mulailah saat kamu masih kuliah. Ini sama saja kamu ‘start’ lebih awal, sehingga saat kamu sudah lulus nggak akan bingung mau ngapain karena kamu sudah punya bisnis yang dipersiapkan sejak kuliah. Kamu juga masih muda dan belum punya tanggungan (menikah, istri, anak, dll). Jadi kamu bebas mencoba berbagai peluang atau kesempatan yang ada. Kamu juga nggak perlu takut gagal, karena ini yang akan membuat kamu lebih baik lagi.

Selama kuliah kamu harus selalu menyadari bahwa tugas atau prioritas utama kamu adalah kuliah. Ini adalah tanggung jawab kamu yang harus diselesaikan. Apalagi orangtua pasti juga akan bangga jika kamu bisa menyelesaikan kuliah dengan baik. Ingat juga, semakin lama kamu bisa lulus, waktu akan semakin mundur – artinya waktu kamu semakin ‘sempit’ dan target lainnya juga akan mundur, termasuk untuk bisa sukses.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
0SHARES