8 Hal Ini Mitosnya Bisa Bikin Batal Puasa. Beneran Nggak ya?

13 Mei 2018
|Chandra W.
0SHARES

Hidup di Indonesia nggak akan lengkap tanpa kehadiran mitos. Bahkan ibadah pun pasti ada selingan mitos, tak terkecuali saat puasa Ramadan. Sebagian mitos ini kamu dengar sewaktu masih kecil, tapi banyak juga yang belum terungkap kebenarannya hingga saat dewasa kamu masih bingung mau percaya atau nggak. Yuk, nostalgia sebentar dengan mitos-mitos hal yang membatalkan puasa ini. 

1. Menelan ludah

Jika kamu sengaja mengumpulkan ludah untuk ditelan kembali, tentu saja batal sebab niatnya seperti menelan air. Tetapi jika itu memang refleks seperti apa yang dilakukan sehari-hari, nggak batal kok. 

2. Berkumur

Berkumur saat wudu tentu saja boleh. Tetapi, ada juga beberapa pihak yang mengatakan bahwa berkumur saat wudu hukumnya makruh selama puasa. Begitu juga membasuh hidung dan telinga karena esensinya 'memasukan sesuatu' ke dalam tubuh. Makanya ada orang yang selama bulan Ramadan, wudunya pada saat Subuh hingga Asar tak pakai berkumur, membasuh hidung dan telinga. Nah berkumur akan membatalkan puasamu jika kamu berkumur lalu menelannya. 

3. Menggosok gigi

Bau mulut tak sedap memang cukup mengganggu saat puasa. Makanya wajar kalau beberapa orang ingin selalu menyegarkan napas dengan menggosok gigi pada siang hari. Padahal katanya sih di surga, bau busuk mulut orang berpuasa di Bumi wanginya seperti bunga kesturi di surga. Ya, kita tahunya di Bumi saja sih. Kalau tujuannya untuk 'menyegarkan', katanya itu sama saja tidak bisa menahan nafsu. Tapi yang jelas, batalnya menggosok gigi saat berpuasa ini hanya akan terjadi jika kamu menelan airnya atau menjilat pasta giginya. 

4. Memakai tetes mata

Dianggap memasukan cairan ke dalam tubuh, mitos ini juga berkembang cukup pesat. Sayangnya, belum ada sumber valid yang dapat menentukan hukumnya. Jadi untuk sementara, kalau nggak terpaksa banget, jangan menggunakan tetes mata ya. 

5. Disuntik

Kalau ini tergantung, suntiknya bagaimana. Jika disuntik untuk memasukan cairan ke dalam tubuh, maka puasanya batal, seperti saat seseorang harus diinfus. Jika suntik untuk diambil sampel darah atau donor darah, nggak batal kok.

6. Kentut

Sebenarnya siapa ya yang mulai membuat pernyataan kentut membatalkan ibadah puasa? Kentut itu sesuatu yang terjadi secara alami dan mustahil ditahan lho. Kalau nggak boleh kentut lantas harus bagaimana? Kesimpulannya, kentut tidak membatalkan puasa. 

7. Muntah

Tergantung disengaja atau tidak. Jika disengaja, maka batal. Jika tidak, maka boleh dilanjutkan puasa. Ada ya orang yang sengaja muntah agar bisa batal puasa?

8. Menangis

Batal, kalau air matamu kamu jilat sendiri. Kalau nggak ya nggak batal dong. 

Nah, selain kedelapan mitos di atas, mitos apa lagi yang beredar di sekitarmu saat puasa? Jangan asal percaya pada mitos-mitos yang seperti ini ya, coba tanyakan dulu kepada ulama atau mereka yang mendalami ilmu agama sebelum kamu merisaukan hal-hal seperti ini.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES