8 Fakta Ilmiah Tentang Mimpi, Nggak Ada Sangkut Pautnya dengan Mistis!

unsplash.com

Banyak orang bilang kalau mimpi hanyalah bunga tidur. Tapi, tidak sedikit yang percaya bahwa hal mimpi juga jadi pertanda terjadinya sesuatu dalam waktu dekat. Hal abstrak ini memang menyimpan banyak misteri yang akan sulit diterima dengan logika.

Kalau ditinjau dari sisi agama, mimpi bisa menjadi pertanda bahkan berkaitan dengan dunia lain. Hampir sama halnya ketika mimpi ditinjau dari sisi psikologi seseorang. Dewasa ini, memang udah banyak penelitian yang memunculkan fakta tentang proses dan sebab kenapanya mimpi itu terjadi.

Beberapa fakta di antaranya menyatakan bahwa kita akan melupakan 90% mimpi kita setelah 10 menit terbangun. Selain itu, masih banyak fakta menarik seputar mimpi untuk dikulik lebih dalam.

1. Bisa meneror alam bawah sadar

pexels.com

Teror malam atau lebih populer dengan sebutan night terror terjadi pada beberapa orang. Teror ini biasanya dialami oleh 3-6% anak dan akan menurun seiring bertambahnya usia. Yang mengalami night terror bakal berteriak, menangis sampai deg-degan dalam keadaan tertidur.

Kalau pernah menyaksikan adikmu nangis dan berteriak saat tidur, mungkin dia sedang diteror. Tapi tenang, mereka nggak akan ingat kok. Setelah bangun, mereka akan lupa lagi.

2. Seremnya, nggak akan bisa minta tolong saat mimpi buruk terjadi

pexels.com

Ketika tidur, otot tubuhmu bisa dikatakan sedang lumpuh. Pada fase Rapid Eye Movement ini, kamu cenderung mengalami mimpi yang macam-macam. Ketika mimpi buruk dan berusaha teriak sekuat tenaga, kenyataannya tubuhmu tetap dalam posisi tertidur. Kalau kamu pernah nonton A Nightmare on Elmstreet, kita dalam posisi tertidur walaupun di dalam mimpi kita berteriak sekuat tenaga.

3. 12% orang pernah bermimpi hitam putih kayak di film jadul

pexels.com

Sekitar 12% orang pernah mengalami mimpi hitam putih ala film jadul. Kemungkinan yang mengalami mimpi ini adalah mereka yang berusia di atas 25 tahun. Apakah kamu pernah mengalami juga?

4. Wanita lebih sering mimpi buruk di masa pra-menstruasi
pexels.com

Untuk para wanita, ini jawaban kenapa sering bermimpi aneh dan menyeramkan. Di masa pra-menstruasi, kebanyakan yang akan mengalami mimpi buruk. Hal ini berbeda dari pria yang malah jarang mengalami mimpi buruk. 

5. Terkena nightmare disorder ketika mengingat mimpi
pexels.com

Pernah mengalami mimpi buruk dan ketika terbangun kamu bisa mengingat mimpi itu secara detil. Kamu nggak lupa akan alur ceritanya dan bikin kamu jadi mikir yang tidak-tidak. Hal ini bisa jadi pertanda bahwa kamu mengalami gangguan mimpi buruk. Faktanya, orang akan melupakan 90% mimpinya saat mereka terbangun. Tapi kalau kamu bisa mengingatnya, mungkin kamu mengalami nightmare disorder.

6. Tidur terlalu larut cenderung mendapat mimpi buruk

pexels.com

Dalam sebuah penelitian yang tertera di dalam jurnal Sleep and Biological Rythms pada 2011 lalu, seseorang yang tidur terlalu larut ini memiliki kemungkinan untuk mengalami mimpi buruk. Dalam hal ini, diungkapkan bahwa tidur terlalu larut dapat memicu kenaikan hormon stres kortisol yang memicu mimpi buruk.

7. Bisa mengontrol mimpi

pexels.com

Bisa mengontrol mimpi, beneran bisa? Walaupun sebagian besar orang yang gemar bermain gim memang terbukti dapat mengontrol mimpi mereka, tapi kamu yang non-gamer juga bisa mengontrol mimpi. Dalam hal ini, kamu tahu apa yang akan terjadi di dalam mimpinya. Beberapa orang sadar kalau mereka bermimpi dan di dalam mimpinya mampu memperkirakan yang bakalan terjadi selanjutnya.

8. Sleep paralysis bisa terjadi saat kamu mengalami mimpi menakutkan

pexels.com

Sleep paralysis atau tindihan biasanya terjadi sama mereka yang fisiknya terlalu lelah akibat beraktivitas berat. Di Indonesia sendiri, fenomena ini masih lekat kaitannya sama hal mistis. Padahal, kesulitan bernapas saat tidur ini disebabkan oleh rasa lelah dan stres.

Tubuh terlalu lelah buat bangun, tapi otak udah beraktivitas. Jadi nggak sinkron. Ketika mengalami hal ini, kamu bakalan panik karena sampai sulit bernafas. Bisa jadi kamu sedang mengalami bermimpi buruk. Otak memerintahkan untuk bangun tapi tubuh sudah terlalu capek.

Nggak semua mimpi tiap malam akan menunjukkan cerita indah. Nggak jarang juga kamu akan dibuat takut dengan mumpi buruk. Untuk mengurangi intensitas mimpi ini terjadi, ada baiknya untuk tidur cukup dan tidak terlalu lelah ya, guys.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Viral Pernyataan ‘Papua Tanah Israel Kedua’ Kemendagri Panggil Sekda Hery! | Keepo.me

Viral Pernyataan ‘Papua Tanah Israel Kedua’ Kemendagri Panggil Sekda Hery! | Keepo.me

7 Inspirasi yang Bisa Diambil dari Kehidupan Seorang Working Mom

7 Inspirasi yang Bisa Diambil dari Kehidupan Seorang Working Mom

Gila! Penjajahan Gaya Baru! Amerika Serikat Berencana Membeli Greenland! | Keepo.me

Gila! Penjajahan Gaya Baru! Amerika Serikat Berencana Membeli Greenland! | Keepo.me

7 Siasat Cerdas Mengatur Keuangan Setelah Bonus Cair

7 Siasat Cerdas Mengatur Keuangan Setelah Bonus Cair

5 Goyangan yang Hebohkan Panggung Dangdut Tanah Air | Keepo.me

5 Goyangan yang Hebohkan Panggung Dangdut Tanah Air | Keepo.me

10 Quotes dari Tokoh Anime yang Bisa Menyemangati Hidupmu

10 Quotes dari Tokoh Anime yang Bisa Menyemangati Hidupmu

loading