7 Wilayah dengan Jam Puasa Tercepat di Dunia, Tertarik Pindah ke Sini?

01 Juni 2017
|Reza Pratama
Life
0SHARES

Seperti yang kita ketahui, puasa tak hanya menahan rasa lapar dan haus saja, namun juga menahan hawa nafsu serta amarah. Hal itulah yang wajib dilakukan umat muslim di seluruh dunia saat berpuasa di bulan Ramadan. Mungkin kita pernah berpikir jika puasa di semua negara itu jamnya sama, yaitu sahur sebelum salat subuh dan berbuka ketika azan magrib tiba. Namun pada nyatanya rentang waktu puasa di setiap negara berbeda-beda. Semuanya tergantung pada terbitnya matahari hingga tenggelamnya matahari. 

Nah, jika kemarin YuKepo telah membahas tentang negera-negera dengan rentang waktu puasa terlama, sekarang Yukepo akan membahas tentang negara-negara yang memiliki jam puasa tercepat di dunia. Negara apa saja ya? Yuk langsung aja kita simak di bawah ini. 

 

1. Antartika

Kamu pernah membayangkan tinggal di wilayah paling selatan di bumi ini? Antartika memang wilayah yang terkenal sangat dingin. Hampir seluruh wilayahnya dipenuhi oleh es. Jadi tak heran jika penduduk di Antartika tak lebih dari 10.000 orang. Umat muslim yang berada di Antartika hanya berpuasa kurang lebih 8 jam. Puasa dimulai dari imsak pukul 06.30 dan berbuka pada pukul 15.45. Walaupun sebentar, tapi cuaca yang sangat dingin akan membuat perut kita lebih mudah lapar. 

2. Argentina

Penduduk umat muslim di Argentina tergolong sangat sedikit, yakni hanya 1,8% dari total penduduknya yang mencapai 44 juta orang. Walaupun begitu, suasana Ramadan tetap terasa di Negeri Tango. Umat muslim di Argentina hanya berpuasa kurang lebih selama 9 jam saja. 

3. Chile

Sebagian negara-negara di benua Amerika Selatan memang memiliki jam puasa yang singkat dibanding dengan negara-negara di Eropa. Salah satu negara yang memiliki jam puasa tercepat adalah Chile. Di Chile, umat muslim hanya berpuasa kurang lebih 9 jam. Waktu Imsak di Chile dimulai pukul 05.30 dan waktu buka puasa pada pukul 15.00 waktu setempat. Kalau di Indonesia, jam segitu lagi haus-hausnya.

4. Afrika Selatan

Afrika Selatan juga termasuk ke dalam kategori negara dengan jam puasa yang terbilang singkat, yakni selama kurang lebih 10 jam. walaupun hanya 10 jam, namun cuacanya yang sangat panas membuat puasa di Afrika Selatan lebih terasa.

5. Brazil

Tak berbeda jauh dengan negara tetangganya Argentina, Brazil juga memiliki jam puasa yang tergolong singkat. Para umat muslim di Negeri Samba hanya perlu puasa selama 11 jam saja. Mungkin ujian paling berat umat muslim di Brazil adalah ketika pergi ke pantai, karena akan banyak pemandangan para bule berjemur dengan bikini.

6. Australia

Benua sekaligus negara yang dekat dengan Indonesia ini ternyata memiliki jam puasa yang tergolong cepat, yakni hanya 11 jam 50 menit. Waktu sahur dan imsaknya pun sedikit lebih siang jika dibandingkan dengan Indonesia, yaitu pukul 05.30. untuk jadwal berbukanya sendiri hampir sama dengan di Indonesia, yakni pukul 17.40.

7. Kepulauan Komoro

Kepulauan Komoro merupakan negara yang terletak di Samudera Hindia dengan populasi 1 juta penduduk. Mayoritas penduduk di Kepulauan Komoro adalah bergama Islam. Para umat muslim di Kepulauan Komoro berpuasa sekitar 12 jam 30 menit, sedikit lebih cepat dibanding Indonesia. Jam saat sahur dan berbukanya pun tak berbeda jauh dengan Indonesia.

Itulah 7 negara yang memiliki rentang waktu puasa tercepat di dunia. Indonesia sendiri tergolong ke dalam negara dengan jam puasa normal, yakni 12-13 jam. Walaupun tidak termasuk ke dalam negara dengan rentang waktu puasa tercepat, setidaknya Indonesia tidak seperti negara-negara di Eropa yang memiliki jam puasa terlama di dunia, yakni di atas 15 jam. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Hidup seperti Larry!"
0SHARES