7 Trik untuk Meningkatkan Kualitas Tidur yang Lebih Berkualitas

unsplash.com

Kamu pastinya tentu tahu bahwa tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia yang harus terpenuhi. Saat merasa lelah setelah beraktivitas seharian, saat malam hari tubuh sudah otomatis meminta untuk istirahat.

Otak sudah mengirimkan sinyal untuk beristirahat, biasanya ditandai dengan rasa kantuk dan menguap. Kalau sudah begini, kita memang butuh beristirahat dan tidur. Waktu tidur yang biasanya kita ambil adalah tidur malam dan tidur siang hari.

Waktu tidur yang ideal dan direkomendasikan yaitu sekitar 7-9 jam per harinya. Dengan durasi tidur yang cukup akan membawa manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain durasi tidur, kita juga perlu mempertahankan kualitasnya. Supaya tidur jadi berkualitas, ikuti tips and trick ini saja!

1. Mencoba untuk rileks

unsplash.com

Saat stres, mungkin biasanya kamu akan mencoba untuk tidur. Karena tidur dipercaya sebagai pengistirahatan organ dan pikiran dari tekanan kenyataan. Terkadang, ada yang menjadikan tidur sebagai pelarian dari kehidupan nyata walaupun sesaat. Tanpa disadari, stres dapat mengurangi kualitas tidur kamu.

Jika beranggapan bahwa pikiran akan menjadi lebih tenang saat tidur, itu tidak benar. Stres dapat mengganggu kualitas dan kenyamanan tidur. Sebelum tidur, cobalah untuk rileks sejenak dengan membaca beberapa buku, mendengarkan musik, meditasi atau kegiatan lainnya yang bisa membuat pikiranmu tenang. Ambil waktu dengan durasi sekitar 30-60 menit untuk rileksasi sebelum tidur.

2. Menjaga suasana kamar

unsplash.com

Menjaga suasana kamar juga sangat penting. Saat menjelang tidur, pastikan kamar kamu tidak terlalu terang. Malah lebih baik tidur dengan kondisi lampu kamar yang dipadamkan. Jika tidak bisa tidur dalam gelap, kamu dapat menggunakan lampu tidur yang cahayanya lebih redup.

Gunakan pendingin ruangan dan selimut jika memang diperlukan. Buat dirimu nyaman terlebih dahulu dengan kamar tidurmu, baru kemudian beranjak ke tempat tidur.

3. Menjaga pola makan

unsplash.com

Bagi yang suka begadang, biasanya juga mengalami gangguan pola makan. Saat malam semakin larut dan kamu masih terjaga, perutmu akan kembali merasa lapar dan keroncongan. Padahal makan pada saat larut malam apalagi menjelang tidur itu tidak baik untuk kesehatan lho.

Jika memang terpaksa makan karena perut sudah melilit, sebaiknya menghindari makanan fast food yang tidak sehat. Kalau memang merasa lapar saat menjelang waktu tidur, kamu bisa mengonsumsi makanan yang dipercaya dapat mempercepat waktu tidur. Seperti susu rendah lemak, pisang, kentang, alpukat, almond, telur, labu atau gandum. Usahakan untuk membiarkan makanan tercerna dengan baik lebih dulu sekitar 30 menit sebelum berbaring dan tidur.

4. Batasi nikotin dan kafein
unsplash.com

Kebiasaan merokok bagi sebagian orang memang sulit dihilangkan. Mereka juga terkadang tetap mengisap batang rokok ketika menjelang waktu tidur. Alasannya karena bisa buat pikiran tenang atau lebih rileks.

Selain merokok, ada juga yang memilih nongkrong di pos kamling sambil ngopi. Kebiasaan ini nampaknya sederhana padahal kedua kebiasaan ini harus kamu hindari dari sekarang kalau kamu ingin memiliki kualitas tidur yang baik.

5. Tidur siang? Bukan masalah

unsplash.com

Rata-rata para orang tua sangat concern terhadap kegiatan anaknya, terutama kebiasaan tidur siang. Di masa kecil, orang tua sangat menganjurkan kita untuk tidur siang, bukan? Lalu bagaimana saat kita sudah memasuki usia produktif? Sepertinya kebiasaan tidur siang itu sudah sulit untuk dilakukan karena pekerjaan harian kita bisa terbengkalai. Sedangkan jika tidak tidur, risikonya kepala menjadi berat dan terasa pusing.

Tidur siang itu tidak membutuhkan waktu yang lama seperti saat tidur malam. Untuk tidur siang ini kamu bisa ambil durasi waktu sekitar 10-15 menit. Yang kita lihat di sini adalah kualitas tidurnya, bukan durasinya. Terlalu lama tidur siang juga tidak bagus, karena kamu malah jadi sulit untuk tidur lebih awal di malam hari. Ujung-ujungnya malah kamu jadi begadang.

6. Hindari olahraga sebelum tidur

unsplash.com

Jika kamu termasuk orang yang menjadi sangat bertenaga dan bersemangat setelah berolahraga, sebaiknya hindari berolahraga di malam hari atau menjelang waktu tidur. Hal ini malah akan membuatmu sulit rileks dan tidak mendapatkan tidur yang berkualitas. Lebih baik kamu mengambil waktu olahraga yang rutin di pagi hari.

7. Hindari alkohol

unsplash.com

Ada yang bilang bisa terbantu dengan minum alkohol sebelum tidur. Namun, kamu sebaiknya hindari minuman yang satu ini jika ingin lebih lelap saat tidur. Pasalnya, alkohol dapat membuat kamu terbangun tiba-tiba di malam hari. Hal itu tentu saja akan merusak kualitas tidurmu.

Menyayangi diri itu juga berarti kamu harus concern dengan kesehatan dan kebiasaan hidup. Salah satunya dengan memperhatikan kualitas tidur kamu selama ini. Jika ingin mendapatkan value lebih dari tidur kamu, coba deh ikuti tips di atas. Lakukan apa yang boleh dilakukan dan hindari jika memang itu tidak baik untuk diri.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Cara Download Foto di Instagram Paling Lengkap dan Anti Rempong | Keepo.me

Cara Download Foto di Instagram Paling Lengkap dan Anti Rempong | Keepo.me

Generasi Millennials Juga Bisa Punya Rumah, Asal Trik Menabung Ini Segera Dipraktikkan!

Generasi Millennials Juga Bisa Punya Rumah, Asal Trik Menabung Ini Segera Dipraktikkan!

Hijau dan Segar, Ini 16 Manfaat Selada untuk Bantu Perbaiki Kualitas Hidupmu | Keepo.me

Hijau dan Segar, Ini 16 Manfaat Selada untuk Bantu Perbaiki Kualitas Hidupmu | Keepo.me

Manfaat Hubungan Jarak Jauh dalam Kehidupan, Pejuang LDR Harus Baca!

Manfaat Hubungan Jarak Jauh dalam Kehidupan, Pejuang LDR Harus Baca!

Warganet Singapura Dihebohkan Sama Kemunculan Mobil Misterius, Milik Sang Penjelajah Waktu? | Keepo.me

Warganet Singapura Dihebohkan Sama Kemunculan Mobil Misterius, Milik Sang Penjelajah Waktu? | Keepo.me

8 Trik Fotografi Sederhana untuk Hasil Bak Milik Fotografer Profesional

8 Trik Fotografi Sederhana untuk Hasil Bak Milik Fotografer Profesional

loading