7 Tanda Pacar Nggak Dewasa Ini Bisa Bikin Hubunganmu Porak Poranda

03 Juni 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Pernah nggak sih kamu berhadapan dengan orang yang mudah tersulut emosinya dan lepas kontrol terhadap apa yang dilakukannya? Atau merengek-rengek nggak jelas pada sesuatu yang nggak penting? Yap, itu hanyalah segelintir ciri-ciri dari orang yang nggak dewasa secara emosional dan masih banyak lagi ciri-ciri lainnya. Parahnya, seseorang yang nggak dewasa secara emosional bukan hanya bikin sebal tapi juga bisa merusak hubungan terutama bagi kamu yang saat ini punya pacar yang nggak dewasa secara emosional.

Percaya atau nggak, kedewasaan nggak selalu berhubungan dengan usia kronologis. Tentu pengalaman hidup bisa membentuk seseorang menjadi lebih dewasa dan bijaksana, namun nggak bisa dipungkiri bahwa ada aja orang yang berusia 18 tahun tapi memiliki pemikiran seperti orang berusia 40 tahun. Kedewasaan adalah skill yang harus dipelajari dan dilatih. Lalu, gimana sih ciri-ciri pacar yang nggak dewasa itu? Yuk, kepoin.

1. Segala sesuatu dibecandain

Okelah kamu punya pacar yang menyenangkan karena ia bisa menemukan sesuatu yang lucu dari tiap masalah. Tapi terkadang ada hal yang harus ditangani secara serius kan? Apalagi kalau berhubungan dengan emosi yang kompleks. Misalnya, bukannya berempati dan merasakan turut kesedihanmu yang mendalam, ia malah ketawa-ketawa sembari bilang “udahlah, santai aja.” Duh!

2. Nggak punya self-awareness

Pernah nggak kamu lihat apa yang ia katakan beda banget sama apa yang ia tunjukkan? Marah-marah ke pelayan restoran karena pesanan makanannya lama datang tapi ia mengaku kalau ia orang yang sabar dan ramah. Seseorang yang nggak dewasa nggak punya self-awareness alias nggak memahami dirinya sendiri. Mereka ingin dianggap seperti orang dengan sifat yang baik, tapi nggak tampil secara jujur.

3. Nggak teguh pendirian

Orang yang dewasa secara emosi akan memiliki pendirian yang teguh, sedangkan orang yang nggak dewasa akan selalu ikut arus agar ia dapat diterima oleh sekitarnya. Mereka selalu mencoba untuk menyesuaikan kepribadiannya dengan orang lain yang dianggap penting. Ia akan bilang suka bukan karena ia benar-benar suka, tapi agar mendapatkan perhatian dan memberikan kesan yang baik bagi orang lain.

4. Nggak bisa menangani masalahnya sendiri

Sebenarnya, ini merupakan ciri yang paling utama. Pacar yang nggak dewasa terlihat mudah menyerah ketika berusaha menggapai tujuannya serta dikit-dikit minta bantuan. Ia pun kerap untuk menghindari konflik atau lari dari kenyataan. Jangankan mencari solusi, yang dipikirkan hanyalah masalahnya dan siapa penyebab kegagalannya tanpa belajar dari kesalahan tersebut. ini semua karena ia nggak tahu apa yang sebenarnya ia mau. Kalaupun ia tahu apa yang ia mau, ia akan menginginkan cara yang paling instan.

5. Susah untuk diajak susah

Jangankan diajak meniti hidup dari 0 bareng-bareng, pacar yang nggak dewasa maunya merasakan hal yang menyenangkan aja. Parahnya, tingkat kekanak-kanakan yang paling mengerikan adalah kalau ia sampai meninggalkanmu karena kamu sakit atau karena kamu nggak mampu memberikan apa yang ia mau saat itu juga.

6. Sulit mengelola emosi dan hidup penuh drama

Layaknya anak kecil, orang yang nggak dewasa secara emosi mudah rewel, cepat frustrasi dan gampang tersulut emosi alias marah-marah. Bahkan kebosanan dan kesepian pun bisa jadi krisis di hidupnya. Udah kayak dihantui badai, terkadang hal-hal kecil yang bikin ia nggak nyaman akan jadi penyebab kemarahannya. Pokoknya kayak susah berdamai deh.

7. Nggak bisa ditinggal sendirian

Kesepian dan kesendirian adalah hal yang paling sulit dihadapi orang yang nggak dewasa. Berada di tengah-tengah orang banyak adalah gangguan yang paling menyenangkan baginya. Karena dengan hadirnya orang-orang di dekatnya membuat ia lebih mudah untuk mencari teman jika ada masalah atau menjadi pusat perhatian di kala drama hidupnya dimulai.

Itulah tadi ketujuh ciri pacar yang nggak dewasa. Mereka berlaku seperti itu karena mereka nggak mampu merasakan perasaan mereka sendiri dan nggak memahami cara terbaik untuk menghadapi masalah yang mau nggak mau mereka hadapi. Kalau pacarmu kayak gini, harus perbanyak sabar. Tapi jangan terlalu sabar hingga menyakiti dirimu sendiri ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES