7 Taman Terindah di Dunia Ini Bikin Mata Kamu Seger Setiap Melihatnya

03 Maret 2017
|Atik Kencana S.
Life
0SHARES

Anak muda zaman sekarang pasti lebih sering menghabiskan waktu di mall-mall ternama. Jarang banget ada yang menghabiskan waktu di taman. Sekalipun ada ya paling cuma untuk makan dan itupun gak banyak pengunjungnya. Apalagi masyarakat Indonesia. Memang lebih menunjuk ke gaya hidup konsumtif sih, makanya hobinya nge-mall.

Coba deh sekali-sekali kamu nongkrong di taman. Di Indonesia udah ada beberapa taman yang bagus kok, rapi lah paling enggak. Cuma ya gitu kebiasaan buruk orang Indonesia masih suka merusak hal-hal yang bagus. Jadinya yang tadinya udah bagus malah dibuat jadi gak menarik.

YuKepo udah ngasih kamu rangkuman beberapa taman yang terindah di dunia. Saking indahnya, bahkan kamu gak tega untuk buang upil sembarangan, apalagi buang sampah. Kapan ya Indonesia punya taman-taman spektakuler kayak gini?

1. Shalimar Garden, Pakistan

Shalimar Garden terletak di kota Lahore dan dibangun oleh Kaisar Mughal Shah Jahan. Bangunan ini baru mulai dibangun pada tahun 1637 dan rampung pada tahun 1641. Taman ini secara garis besar berbentuk jajar genjang dan memiliiki tiga tingkatan di terasnya. Tiap tingkatan tersebut melambangkan sesuatu yaitu meliputi kesenangan, kebaikan dan kehidupan. Dunia bahkan juga mengakui kemegahan taman ini dengan ditetapkannya Shalimar Garden dalam Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1981.

2. Minneapolis Sculpture Garden, Amerika Serikat

Minneapolis Sculpture Garden adalah sebuah taman dengan luas 4,5 hektar yang terletak di Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat. Taman yang memiliki highlight air mancur dengan hiasan sendok dan buah cherry ini dibangun pada tahun 1988 dan saat ini dalam ditutup karena proses renovasi hingga Juni 2017. Taman yang menjadi mahkota Minnesota ini dirancang oleh Edward Larrabee dan arsitektur lansekapnya digarap oleh Quinnel dan Rothschild. 

3. The Kew Gardens, London, Inggris

Taman dengan koleksi tanaman hidup terbesar di dunia ini sudah berdiri sejak 1759. Kew Gardens terletak di bagian barat daya London dan memiliki area seluas 121 hektar. Karena keindahannya, Kew Gardens mampu menarik 1,3 juta pengunjung tiap tahunnya. Tidak melulu soal tanaman, di sini juga banyak spot menarik seperti Treetop Walkway yaitu sebuah jembatan yang memungkinkan kita berjalan di antara pucuk-pucuk pohon besar. Selain itu juga banyak tersedia rumah-rumah kaca dan beberapa ikon dari berbagai dunia seperti Pagoda dan Gerbang ala Jepang. Pada tahun 2003 Kew Gardens juga masuk dalam jajaran Situs Warisan Dunia ala UNESCO.

4. The Garden of Cosmic Speculation, Skotlandia

Taman yang unik ini memiliki luas sekitar 12 hektar dan dirancang oleh Charles Jencks. Taman yang unik ini berada di Dumfries arah barat daya Skotlandia. Taman ini dibangun Charles Jencks bersama istrinya sejak tahun 1989. Keunikan taman ini terletak pada desainnya yang modern dan minimalis. Konsep yang ada di taman ini juga unik karena mengusung tentang science dan matematika. 

5. Suan Nong Nooch, Thailand

Suan Nong Nooch yang berarti “gadis manis” ini terletak di Provinsi Chonburi, Pattaya. Taman yang memiliki luas 2,4 km persegi ini pertama kali dibuka pada tahun 1980. Taman ini memiliki banyak pembagian di tamannya, seperti taman Perancis, taman Eropa, taman Stonehenge, dan lain-lain.

6. Keukenhof Gardens, Belanda

Keukenhof yang berarti Kebun Dapur berada di Kota Lisse. Keukenhof sendiri menjadi taman bunga terbesar di dunia. Taman yang dibuat pada tahun 1949 awalnya bertujuan sebagai pameran bunga agar bunga dari Belanda dan Eropa dapat memamerkan keindahan bunganya. Hal ini juga untuk menjadikan Belanda sebagai eksportir bunga terbesar di seluruh penjuru dunia. Taman bunga ini tidak dibuka setiap saat, hanya pada akhir maret hingga Mei berdasarkan pertumbuhan bunganya.

7. Versailles, Perancis

Taman ini mungkin bisa dibilang sebagai taman yang paling terkenal di dunia. Taman yang dirancang oleh Andre Le Notre untuk Louis XIV. Taman yang dibangun di area seluas 800 hektar ini memiliki taman yang cantik dan sebuah bangunan yang megah khas monarki. Taman ini berlokasi sekitar 25 km barat daya Paris.

Taman-taman yang indah bukan? Kebayang gak sih kalau Indonesia punya taman-taman yang luar biasa rapi kayak di atas? Sebenarnya sudah ada sih, cuma untuk perawatannya membutuhkan tangan-tangan kita juga untuk gak jahil mengotori tempat-tempat indah kayak gini. Setuju gak?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
0SHARES