7 Sosok Anak Muda Indonesia Ini Pantas Menjadi Panutan dan Inspirasi!

29 Desember 2016
|Ani Nur Cholifah
Life
0SHARES

Generasi muda adalah generasi penerus bangsa. Kalimat tersebut memang cocok untuk memberikan semangat kepada anak muda. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan meneruskan perjuangan para pahlawan bangsa? Tapi ironisnya, kita sebagai orang Indonesia tidak terlalu tertarik meningkatkan sumber daya manusia untuk memperkaya negeri ini. Padahal banyak anak muda yang berprestasi untuk Indonesia. Mereka yang mempunyai semangat juang seperti ini yang harus kita teladani. Prestasinya yang kadang kurang mendapatkan perhatian dari negeri sendiri membuat mereka kadang berpaling karena tawaran di luar negeri sana banyak yang lebih menarik. Hati aja bisa berpaling kalau ada yang bisa bikin nyaman. Iya gak? Nah, kali ini tim YuKepo mau mengangkat kisah para anak muda yang semoga bisa menginspirasi kamu untuk punya semangat hebat seperti mereka. Yuk simak and enjoy.

1. Raeni

Masih ingat dengan sosok gadis sarjana lulusan UNNES yang memiliki bapak berprofesi sebagai tukang becak? Profesi bapaknya tidak mengurungkan semangatnya untuk membuat bapaknya menjadi bangga atas prestasi yang telah Raeni capai. Raeni gadis sederhana dan pintar, IPK-nya nyaris sempurna dengan skor 3,96. Tidak berhenti sampai di situ, Raeni lagi-lagi membuat sebuah kebanggaan dengan mendapatkan beasiswa kuliah ke Birmingham. Beasiswa yang dia dapat bukan hanya sebuah keberuntungan. Tetapi melalui usaha, dia berusaha meningkatkan skor IELTS-nya untuk mendapatkan beasiswa S2-nya tersebut. Kisah Raeni adalah bukti bahwa keadaan ekonomi tidak akan menghambat kita untuk tetap berprestasi. 

2. Ahmad Almaududy Amri

Sosok yang akrab dengan panggilan Dudy ini adalah diplomat muda yang pernah menjadi pengacara junior di sebuah Law Firm Jakarta. Di tahun 2013 Dudy menjabat sebagai ketua PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) Australia karena dia sedang menempuh pendidikan di Wollongong University. Dudy membagikan kisahnya melalui sebuah buku dengan judul “Dari Kami Untuk Negeri”. Judulnya nasionalisme banget gak tuh? Kurang hebat apa coba? Bukan cuma prestasi tapi kepentingan untuk negeri sudah Dudy pikirkan. Kebayang dong gimana kalau jadi pasangannya? Ihiy.

3. Janu Muhammad

Setalah menyelesaikan pendidikannya di Jogja. Janu mulai bermimpi untuk meneruskan kuliahnya ke luar negeri. Awal muasal mimpi Janu hanya sekedar datang ke pameran pendidikan Belanda di Indonesia. Dari situ deh Janu dapat info, kemudian dia mendaftarkan diri melalui LPDP dan mimpinya terwujud. Dia mendapatkan kesempatan untuk berkuliah di University of Bermingham, Inggris dengan jurusan Human Geography and Planning. Hanya bermodalkan mimpi, tekad, keyakinan sekarang Janu bisa menggapai mimpinya. Jadi, jangan berhenti berharap guys.

4. Steven Chondro

Mukanya yang oriental khas Indonesia ala Arab ini adalah Ketua PPI Emilia-Romagna, Italia asal Indonesia. Tentu usahanya untuk bisa berkuliah di Italia bukan secara instan. Dia menulis kisahnya dalam sebuah buku yang berjudul “Jurus Kuliah ke Luar Negeri”. Isinya tentang berbagi bagaimana bisa sukses melanjutkan ke universitas di luar negeri. Selain itu Steven dikenal dengan hobinya yang suka berwirausaha dan dunia budaya. 

5. Hariyadi Irawan

Hariyadi adalah mahasiswa William Angliss Institute di Melbourne, Australia yang paling inspiratif. Julukan tersebut cocok Hariyadi dapatkan karena rentetan prestasi hebatnya. Dia pernah mendapatkan berbagai penghargaan sebagai Mahasiswa Internasional Terbaik tahun 2014 dan Mahasiswa Internasional Paling Inspiratif tahun 2015 pada malam penghargaan Dewan Mahasiswa Internasional Australia di Melbourne. Terus kamu tahu gak  PPIA (Persatuan Pelajar Indonesia Australia)? Dia termasuk salah satu pengurus yang turut aktif dalam lembaga tersebut. Hariyadi dianggap mampu menunjukkan prestasi akademis yang stabil di Australia. Jiwa sosialnya juga dia tunjukan lewat ikut serta dalam kegiatan relawan berkelanjutan. Kalau gitu sih pantesan disebut "paling inspiratif"! Kamu pasti juga mau, kan? Yang begini harus dipertahanin untuk Indonesia!

6. Mega Liyanti

Awalnya Mega ditawari oleh sepupunya untuk kuliah di Jerman. Nah dari situ kemudian dia fokus mempersiapkan diri baik dari mental, nilai, dan lain-lain, sampai akhirnya dia bisa kuliah di Jerman. Usaha hebat yang akhirnya membuahkan hasil manis. Mega lebih menginspirasi kita untuk lebih menyiapkan mental bila berkuliah keluar negeri melalui akun sosial medianya. Karena kita perlu menyesuaikan diri kita dengan kehidupan di sana. Fasilitas di sana memang cukup nyaman untuk kita berkuliah.

7. Gita Savitri

Buat kamu yang suka berselancar di YouTube, Instagram atau yang suka mantengin Vlog. Kamu kenal gak gadis manis ini? Gadis asal Sumatera Selatan ini bukan hanya pintar tapi juga baik hati. Gita adalah seorang mahasiswa kimia di Freie Universitas Berlin. Gita melanjutkan kuliah di luar negeri bukan tanpa alasan. Saat ini dia sedang memiliki sebuah perencanaan yang akan dibawa untuk merubah Indonesia. Gita sering menghimbau di akun media sosialnya untuk kita lebih aware dengan kondisi dan posisi kita sebagai bangsa Indonesia. Bahwa semua masyarakat di Indonesia memiliki tanggung jawab yang sama. Bukan sedikit-sedikit menyalahkan pemerintah atas masalah banjir, musibah dan permasalahannya. Nah, secara gak langsung Gita menularkan semangatnya untuk kita semua.

Nah, itu dia sosok inspirasi yang dimiliki Indonesia. Meskipun awalnya hanya mimpi bisa berkuliah di luar negeri. Kamu bisa kok bikin mimpi-mimpi itu jadi kenyataan. Kalau pun belum berhasil coba lagi karena mereka yang hebat adalah mereka yang mau bangkit saat jatuh. Bukan hanya sekedar move on dari mantan yang perlu perjuangan tapi mewujudkan mimpi juga perlu berjuang.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
0SHARES