7 Rekor Indonesia di Guiness World Records Bikin Kamu Bangga Sama Negerimu

05 Maret 2017
|Atik Kencana S.

Siapa sangka sih kalau ternyata Indonesia memiliki beberapa catatan pemecahan rekor di Guiness World Records? Pasti gak ada yang nyangka deh. Apalagi rekor-rekor yang dipecahkan di Indonesia tergolong unik alias lain daripada yang lain. Penasaran rekor apa aja yang berasil diraih Indonesia? Yuk langsung aja kepoin.

1. Konser kolintang terbesar

Konser ini merupakan bagian dari acara festival seni dan budaya Sulawesi Utara yang diselenggarakan pada 31 Oktober 2009. Konser kolintang ini diprakarsai oleh Benny J. Mamoto. Konser ini memiliki peserta sebanyak 1.223 orang. Selain pesertanya yang banyak, di sini juga tersedia kolintang raksasa yang panjangnya mencapai 8 meter dan lebarnya 4 meter serta tingginya 2 meter.

2. Ansambel kerang terbesar

Lagi-lagi diprakarsai oleh Benny J. Mamoto, rekor ini masih diselenggarakan di Sulawesi Utara. Peserta pemecahan rekor ini sebanyak 339 orang yang terdiri dari yang termuda usi 6 tahun dan tertua 70 tahun. 

3. Peserta terbanyak tes sidik jari

Pada 26 Februari 2011 lalu di Mall of Indonesia diadakan pemecahan rekor tes sidik jari. Pesertanya pun gak nanggung-nanggung yaitu sekitar 3.108 peserta yang berasal dari berbagai sekolah.

4. Mosaik payung terbesar

Bikin karya mosaik emang gak gampang, harus mengandalkan ketelitian dan kerapian. Apa jadinya kalau pesertanya terdiri dari 2.170 peserta menggunakan payung untuk membentuk gambar bola lampu dan tulisan. Pemecahan rekor ini diraih oleh PT. Phillips Indonesia pada 29 Agustus 2011 lalu di arena Gelora Bung Karno, Jakarta.

5. Parade obor terbesar

Jangan main-main dengan api, apalagi kalau tidak dalam pengawasan orang dewasa. Bahaya nanti. Beda halnya dengan peserta pemecahan rekor parade obor terbesar yang diselenggarakan olhe Freedom FAITHNET Global. Pasalnya, rekor ini memiliki peserta sebanyak 3.690 orang dan diselenggarakan pada 10 Desember 2011 lalu. 

6. Orang terbanyak menyelam bersama

Demi merayakan hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-64 waktu itu, TNI-AL mengadakan sebuah pemecahan rekor menyelam dengan peserta terbanyak di Pantai Malalayang, Manado. Gak nanggung-nanggung, pesertanya mencapai 2.486 orang dan dibagi menjadi 50 grup. Semoga terumbu karangnya gak ada yang rusak ya.

7. Orkestra bambu terbesar

Benny J. Mamoto mungkin memang memiliki ketertarikan dengan alat musik etnik kali ya. Beliau lagi-lagi memecahkan rekor musiknya yaitu orkestra bambu terbesar pada 31 Oktober 2009 dengan total 3011 peserta.

Luar biasa kreatif dan keren ya orang-orang Indonesia ini? Ayo mendingan kita semangat biar bisa mecahin rekor lainnya yang lebih unik. Semangat.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
SHARES